Sekali seseorang terjangkit HIV, maka selamanya virus ini bersarang dalam tubuh inangnya. Dampak paling parah yang disebabkan oleh virus ini adalah AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrom), yaitu kondisi saat berbagai penyakit muncul seiring melemahnya sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu moms, kenali penyebab dan media penularan virus ini sejak dini.

Jumlah Penderita HIV AIDS

Virus HIV yang menyebabkan penyakit AIDS menyerang sel CD4. Sel CD4 adalah bagian sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi. Semakin sedikit sel CD4 dalam tubuh, maka semakin lemah pula sistem kekebalan tubuh seseorang.

Dilansir dari Kompas, menurut data dari UNAIDS, ada 36,9 juta masyarakat di dunia yang hidup bersama HIV dan AIDS pada tahun 2017. 1,8 juta di antaranya adalah anak-anak berusia di bawah 15 tahun. Selebihnya adalah orang dewasa, yaitu sebanyak 35,1 juta orang. Penderita HIV/AIDS di dunia lebih banyak diderita oleh kaum wanita, yakni sebanyak 18,2 juta orang. Sedangkan laki-laki sebanyak 16,9 juta orang.

Kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia, menduduki peringkat ketiga sebagai wilayah dengan pengidap HIV/AIDS terbanyak di seluruh dunia. Total penderitanya sebanyak 5,2 juta jiwa. Indonesia sendiri menyumbangangkan angka 620.000 dari total 5,2 juta jiwa di Asia Pasifik yang terjangkit HIV/AIDS.

Kenali Penyebab Terjangkitnya Virus HIV, Hindari Media Penularannya
source: https://www.panturapost.com


 

Hubungan Seksual


Penularan HIV dapat terjadi saat darah, sperma, atau cairan vagina dari seseorang yang terinfeksi masuk ke dalam tubuh orang lain. Salah satunya melalui perantara hubungan seksual. Resiko penularan akan lebih tinggi saat melakukan hubungan seks anal dan hubungan seks berganti-ganti pasangan.

Meskipun sangat jarang, virus yang menyerang sistem imun tubuh ini juga bisa menular melalui seks oral. Namun resiko penularannya hanya akan terjadi bila terdapat luka terbuka di mulut, seperti gusi berdarah atau sariawan. 

Hubungan Seksual
source: https://www.lehmiller.com


 

baca juga

Berbagi Jarum Suntik


Virus HIV dapat ditularkan melalui penggunaan jarum suntik bersama dengan penderita HIV. Misalnya saat berbagi jarum suntik pembuatan tato atau NAPZA.
Berbagi Jarum Suntik
source: https://www.kaskus.co.id


 

Transfusi Darah


Penularan HIV juga dapat terjadi melalui transfusi darah. Seseorang bisa ikut terinfeksi saat menerima donor darah dari penderita HIV.
Transfusi Darah
source: https://www.klikdokter.com
baca juga

HIV Juga Dapat Menular dari Ibu ke Anak


Ibu hamil yang terinfeksi virus HIV juga bisa menularkannya ke janin yang dikandungnya. Virus ini juga dapat menular pada proses melahirkan atau melalui air susu ibu (ASI).

HIV Juga Dapat Menular dari Ibu ke Anak
source: https://www.hellosehat.com

Nah itu dia penyebab dan media penularan virus HIV AIDS. Perlu diketahui juga bahwasanya HIV tidak menyebar melalui kontak kulit seperti berjabat tangan, berpelukan atau berbagi peralatan makanan dengan penderitanya. Jadi, hindari penyakitnya, bukan penderitanya. Selalu jaga diri dan keluarga ya moms.