Kedua faktor ini saling mendukung. Seorang anak dengan orang tua yang cerdas, kemungkinan besar akan tumbuh menjadi anak yang cerdas pula. Tentu semua itu akan terjadi jika faktor lingkungan juga mendukung. Orang tua memiliki peranan untuk membantu menstimulasi kecerdasan dari rumah, dan sekolah bisa menjadi lingkungan kedua yang membantu perkembangan kecerdasan seorang anak. Selain itu, anak akan tumbuh dengan baik jika beberapa kebutuhannya terpenuhi seperti kebutuhan fisik biologis, kasih sayang, dan stimulasi sedari dini yang intens.

Stimulasi merupakan sebuah cara untuk merangsang kemampuan motorik dan psikologisnya. Hal ini bisa dilakukan sejak bayi baru lahir atau setelah 6 bulan. Stimulasi sangat penting untuk mengembangkan kemampuan semua sistem indra (pendengaran, penglihatan, perabaan, pembauan, dan pengecapan) dan sangat baik dilakukan secara rutin dan konsisten.

Rangsangan atau stimulasi yang diberikan kepada anak sejak lahir secara berkesinambungan akan sangat mendukung kecerdasan anak dalam berbagai bidang. Contohnya saja yaitu kecerdasan logika matematika, ketrampilan berkomunikasi, berbahasa, kecerdasan bermusik, kecerdasan emosi dan sebagainya.

Nah, Moms harus tahu bahwa kecerdasan anak bisa distimulasi melalui beberapa cara dan caranya pun sangat mudah serta menyenangkan. Kalau Moms ingin tahu apa saja cara untuk menstimulasi kecerdasan anak, yuk, intip penjelasan berikut!


Memberikan Permainan Edukasi


source: https://lc-www-live-s.legocdn.com

Cara pertama untuk menstimulasi kecerdasan anak yaitu dengan memberikan permainan edukasi. Salah satu contohnya adalah permainan sensori. Meskipun terlihat sederhana, tetapi jenis permainan tersebut ternyata mampu merangsang kemampuan semua indra anak. Permainan ini akan mengasah pemahaman anak,kreativitas dan mengembangkan pola pikirnya. Beberapa contoh permainan sensori di antaranya bermain bola, puzzleplay-dough, menyusun balok dan lain-lain.

Semua jenis permainan di atas akan menstimulasi kelima indra. Namun, Moms harus ingat, kalau anak tidak ingin melakukannya, Moms jangan memaksakan ya, cukup diperkenalkan secara perlahan saja permainan tersebut sampai anak merasa nyaman melakukannya nanti.

baca juga


Bermain Peran


source: https://wannabees.com.au

Jenis kegiatan kedua yang dapat menstimulasi kecerdasan anak yaitu bermain peran. Dengan melakukan permainan ini, keterampilan dan perkembangan anak akan dapat terstimulasi. Saat bermain peran, anak akan berlatih membangun kepercayaan dirinya, mengasah kemampuan berkomunikasi, meningkatkan kreativitas, dan juga belajar memecahkan masalah. Kegiatan ini cukup menyenangkan, sehingga anak-anak pasti akan mudah melakukannya.

Contoh dari bermain peran di antaranya mencoba pakaian dari profesi tertentu, memainkan karakter dalam drama, bermain masak-masakan dan bermain menjadi penjual jual-beli dan lain sebagainya. Salah satu poin penting dalam permainan ini, anak-anak akan berlatih untuk bekerja sama dan berbaur dengan teman sebayanya. Dalam hal ini, kecerdasan interpersonal, intrapersonal dan berbahasa mereka akan berkembang dengan baik.

Pada saat anak memerankan peran, mereka dapat mengeksplorasi identitas baru. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian dan perkembangan logis mereka. Mereka juga mengetahui potensi, bakat dan minat mereka sedari kecil saat memainkan peran yang berbeda. Wawasan mereka pun semakin bertambah dari berbagai peran tersebut.


Memilih Susu dengan Formula yang Lengkap


Nah, cara yang ketiga untuk menstimulasi kecerdasan anak adalah dengan memenuhi semua kebutuhan nutrisinya. Selain memberikan asupan makanan bergizi, Moms juga harus melengkapinya dengan asupan susu. Hal ini sangat penting, karena di dalam susu terdapat banyak jenis nutrisi yang dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan, perkembangan otak, imunitas, sistem pencernaan dan perkembangan fisiknya. Oleh karena itu, Moms penting untuk memilih produk susu yang tepat.

Di sini, Enfagrow A+ telah memiiliki segala kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh anak. Produk susu ini tersedia dalam rasa vanilla, honey dan original yang pastinya dapat disesuaikan dengan selera anak. Dilengkapi dengan kandungan Omega-3, Omega-6 tertinggi, vitamin B lengkap dan tinggi dengan zat besi. Produk Enfagrow A+ tentu sangat tepat untuk membantu stimulasi kecerdasan anak selama masa pertumbuhan.

Untuk mengoptimalkan bakat si kecil, Moms bisa bergabung bersama A+ Expertrience bersama para expert di bidangnya. Di sini, si kecil bisa belajar musik bersama Marcell Siahaan, belajar menggambar bersama Sheila Rooswitha, hingga belajar membuat robot bersama Adiatmo Rahardi. Tunggu apalagi Moms? Segera daftar A+ Expertrience di sini!