Untuk mengoptimalkan perkembangan kecerdasannya, Moms juga harus berperan aktif. Jika di sekolah anak sudah belajar bersama guru dan teman-temannya, maka di rumah Moms wajib mendampingi si kecil untuk belajar dan bermain. Dengan begitu, kecerdasannya dapat terstimulasi dengan baik di dalam dan di luar rumah.

Beberapa jenis permainan memang khusus dirancang untuk meningkatkan kecerdasan si kecil. Dengan memainkan permainan tersebut, anak akan dilatih untuk memecahkan masalah dengan cara berpikir secara mendalam dan teliti. Mau tahu jenis permainan apa saja yang dapat melatih kecerdasan si kecil? Yuk, ikuti pembahasannya di sini!


Boneka Tangan


Permainan pertama adalah boneka tangan. Jenis permainan ini ternyata memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang anak dan juga kecerdasannya. Moms bisa lho berkreasi untuk membuat boneka tangan sendiri. Boneka itu kemudian bisa dibentuk menjadi karakter yang lucu seperti binatang ataupun tokoh-tokoh kartun tertentu yang disukai oleh anak.

Dengan bermain boneka jari, anak akan dapat belajar untuk mengasah kemampuan berbicara, mendengar dan menyampaikan pendapatnya. Permainan ini sudah tentu dapat melatih anak untuk terampil berkomunikasi dan juga merangsang daya imajinasinya. Selain itu, anak akan mampu memperkuat motorik halusnya dan mempelajari nilai-nilai yang baik dari cerita yang ia perankan lewat boneka jari.

baca juga


Permainan Play Dough


Jenis permainan yang kedua adalah playdough. Bermain playdough tentu merupakan sebuah kegiatan yang sangat menarik dan menyenangkan. Dengan beragam warna dan teksturnya yang lunak, permainan ini tentu dapat membuat anak tertarik. Anak akan terlatih motoriknya karena mereka akan belajar membentuk sesuatu dengan jari-jemarinya. Melalui permainan playdough, mereka juga dapat melatih kekuatan otot tangan. Selain itu, mereka bisa mengembangkan kemampuan koordinasi mata dengan tangan.


Permainan Menyusun Balok


Permainan menyusun balok memang terlihat sederhana. Namun, permainan ini bisa menjadi sarana untuk melatih kecerdasan anak dalam memecahkan masalah. Bahkan, anak dapat belajar memahami konsep berhitung sederhana saat menyusun balok. Manfaat lainnya, anak akan memperdalam pemahamannya terhadap konsep bentuk.

baca juga


Mewarnai Gambar


Kegiatan selanjutnya yaitu mewarnai gambar. Dengan mewarnai, anak akan dapat berlatih menuangkan idenya dengan bebas. Lewat berbagai gambar karyanya, anak juga bisa menceritakan tentang perasaannya. Selain itu, ia juga bisa melatih kemampuan motorik, mengenal perpaduan warna dan mengetahui cara menggunakan pensil warna dengan tepat.


Permainan Kata


Nah, untuk jenis permainan yang kelima, yaitu permainan kata. Salah satunya contohnya adalah permainan scrabble. Permainan ini sangat mengasyikkan karena akan menuntut anak untuk berpikir dan lebih fokus. Bahkan, jika anak sudah menyukai permainan ini, sudah pasti ia tidak akan tergantung pada gadgetnya lagi. Selain mengasah kecerdasan anak dalam mengolah huruf menjadi kata-kata, anak juga akan dapat menambah perbendaharaan kata, mengeja kata dengan jelas, menyusun strategi dan meningkatkan daya ingatnya.

Nah, Moms, semua permainan di atas sangat menarik bukan? Semua dapat membantu melatih kecerdasan di kecil dengan cara yang menyenangkan. Namun, untuk mendukung pertumbuhannya, asupan gizi si kecil juga harus diperhatikan. Bukan hanya dari segi makanan saja, tetapi Moms juga bisa melengkapi asupan si kecil dengan susu formula yang tepat.

Untuk susu formula, Moms bisa memilih Enfagrow A+ sebagai asupan pendamping untuk si kecil. Susu super premium dengan Extra Advance Formula ini tinggi dengan kandungan Omega 3 dan 6 tertinggi. Oleh karena itu, susu ini sangat baik untuk mendukung perkembangan otak, imunitas, dan sistem pencernaannya. Oleh karena itu, jangan ragu ya, Moms! Pilih saja Enfagrow A+ untuk mendukung perkembangan dan kecerdasan si kecil.

Sekarang Moms tak perlu bingung karena untuk mengoptimalkan bakat anak sejak dini, si kecil bisa bergabung bersama A+ Expertrience bersama para expert di bidangnya. Ada banyak hal yang bisa si kecil pelajari di sini, mulai dari belajar musik bersama Marcell Siahaan, belajar menggambar bersama Sheila Rooswitha, hingga belajar membuat robot bersama Adiatmo Rahardi. Seru banget kan Moms? Jadi yuk segera daftar A+ Expertrience di sini!