Kopi Luwak asli didapatkan dari biji kopi yang dikeluarkan oleh luwak melalui kotorannya. Luwak (Paradoxurus hermaphroditus) merupakan hewan yang termasuk dalam suku musang. Luwak gemar memakan biji-bijian dan salah satu biji yang kerap dimakan adalah buah kopi. Luwak dipercaya hanya memilih buah kopi yang berkualitas prima untuk dimakan.

Buah kopi yang dimakan luwak akan mengalami fermentasi dalam saluran pencernaannya. Kulit buah kopi akan habis dicerna, sedangkan bijinya tetap utuh dan dikeluarkan bersama feses. Pencernaan luwak tidak bisa mencerna biji secara sempurna hingga mengeluarkan kotoran bersama biji yang tidak dicerna.
Penasaran Gimana Proses Pembuatan Kopi Luwak? Simak di Sini Yuk, Moms
source: http://agrotani.com


 

Ada dua jenis kopi luwak, yaitu kopi dari luwak liar dan luwak tangkaran. Kopi luwak liar didapatkan dari kotoran luwak di alam bebas. Biasanya kotoran luwak tersebut dipungut dari hutan sekitar perkebunan kopi.

Kopi luwak liar dipercaya memiliki kualitas yang lebih baik dibanding luwak tangkaran. Seiring meningkatnya permintaan pasar, kopi luwak liar semakin sulit didapatkan. Hal ini mendorong pelaku usaha untuk membudidayakan luwak secara khusus agar bisa diambil biji kopinya
Penasaran Gimana Proses Pembuatan Kopi Luwak? Simak di Sini Yuk, Moms
source: http://idntimes.com


 

baca juga
Dikutip dari Alamtani, berikut proses kopi luwak berlangsung :
  1. Menyeleksi buah kopi yang berkualitas baik untuk diberikan pada luwak. Luwak masih akan memilih buah kopi lagi. Luwak mempunyai indera penciuman yang tajam sehingga dapat membedakan mana buah kopi terbaik yang layak dimakan
  2. Setelah buah kopi dimakan luwak, tunggu hingga luwak mengeluarkan feses atau kotorannya. Pengambilan feses biasanya dilakukan pagi hari
  3. Feses yang mengandung biji kopi dikumpulkan dan dibersihkan dalam air mengalir
  4. Biji kopi kemudian dijemur hingga kering
  5. Biji kopi yang telah dicuci dan dikeringkan lalu akan ditumbuk untuk melepas lapisan tanduk pada biji kopi
  6. Setelah melalui proses tumbuk, biji kopi akan melalui penggilingan dan pengemasan
  7. Pada tahap akhir, kopi luwak sudah menjadi bubuk dan siap untuk diseduh
Penasaran Gimana Proses Pembuatan Kopi Luwak? Simak di Sini Yuk, Moms
source: http://dream.co.id


 

Di Indonesia, Moms dapat melihat langsung proses pembuatan kopi luwak. Yang paling terkenal adalah kopi luwak bali dan kopi luwak cikole. Keduanya memiliki cita rasa yang berbeda namun sama-sama unik. Tidak hanya merek saja, kedua kopi luwak tersebut menyediakan tempat wisata dan edukasi untuk melihat proses pembuatan kopi luwak.

Pada Kopi Luwak Cikole, Moms dapat melihat rumah produksi kopi luwak, kebun kopi mini dan penangkaran luwak. Jangan khawatir, luwak di sini dipelihara mengikut prinsip dan kaidah kesejahteraan hewan.

Setelah berkeliling melihat produksi kopi luwak, Moms bisa menikmati sensasi kopi luwak yang fenomenal itu. Hanya merogoh sebesar 50.000 untuk menikmati kopi luwak asli. Tertarik? Moms bisa ke Kopi Luwak Cikole yang beralamatkan di Jl. Nyalindung No. 9, Kampung Babakan, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Bandung
Penasaran Gimana Proses Pembuatan Kopi Luwak? Simak di Sini Yuk, Moms
source: http://jabarexpress.com


 

baca juga

Di daerah timur, terkenal sebagai tempat edukasi dan wisata, Bali Pulina juga memproduksi kopi luwak tersendiri. Terletak di kawasan Tegallalang, Gianyar, Ubud, Bali Pulina menawarkan wisata edukasi kopi Luwak dengan pemandangan alam dan interior khas Bali.

Dari melihat kandang luwak, mengamati proses pengolahan biji luwak secara tradisional hingga mencicipi kopi Luwak khas Bali Pulina ini. Pemandangan yang apik, wisata edukatif dan tempat foto yang cukup banyak membuat Bali Pulina selalu ramai dikunjungi.

Penasaran Gimana Proses Pembuatan Kopi Luwak? Simak di Sini Yuk, Moms
source: http://trip101.com


 

Bagaimana Moms? Tertarik mencoba kopi Luwak? Atau masih ragu baik secara kebersihan maupun keamanannya? Beberapa merek sudah mengantongi ijin halal dari MUI dan BPOM, sehingga produk kopi yang siap diseduh atau sajikan dipastikan sudah aman. Mengenai isu kopi luwak terbakar, hal ini tidak membuktikan bahwa kopi luwak mengandung bahan berbahaya atau bubuk mesiu. BPOM menjelaskan bahwa,

Kopi cap Luwak termasuk dalam kategori minuman serbuk kopi, gula krimer dan gula, di mana bentuk kopi cap Luwak tersebut memiliki karakter ringan dan berpartikel halus yang juga mengandung minyak dan kadar air yang rendah. Dengan alasan tersebut, membuat kopi cap Luwak mudah terbakar dan menyala.

Tak hanya kopi Luwak, banyak bahan pangan yang mudah terbakar seperti terigu, merica bubuk, susu bubuk, biji-bijian, pati jagung dan banyak lainnya. Hal ini bukan berarti bahan pangan tersebut berbahaya atau tidak aman untuk dikonsumsi.

Penasaran Gimana Proses Pembuatan Kopi Luwak? Simak di Sini Yuk, Moms
source: http://tokopedia.com

Penjelasan di atas, cukup menjawab isu yang cukup menggemparkan ini ya Moms. Pastikan kopi Luwak yang ingin dibeli atau diseduh sudah aman dan mengantongin izin BPOM. Jangan lupa untuk selalu cek kemasan, label, izin edar dan kadarluarsa ya Moms!