Sebagai orang tua kita bisa mendidik anak dimulai dari menabung dari sisa uang jajan atau mengajarkan anak untuk tidak membeli barang yang tak terlalu penting. Hal-hal kecil seperti itu adalah bekal untuk membentuk anak menjadi pribadi yang tidak boros lho Moms. Terlebih ketika sang buah hati beranjak remaja, dimana kebanyakkan usia belasan adalah anak mudah menjadi konsumtif. Berikut ini Mommynesia akan memberikan beberapa tips mendidik anak remaja agar menjadi pribadi yang hemat dan tidak boros. Simak tipsnya di bawah ini ya Moms!

1. Mengajaknya Menabung 

Menyisihkan uang jajan untuk ditabung adalah cara sederhana untuk mengajarkan anak menjadi hemat dan tidak boros. Selain itu dengan menabung, juga dapat mengajarkan anak untuk tidak sembarangan membeli barang yang tak terlalu penting. Secara halus ajarkan anak untuk dapat menghargai uang agar dia tidak menjadi pribadi yang dengan meudah menghamburkan uang untuk hal yang tidak penting. 

source: https://img.okezone.com

2. Ajarkan Anak Menjadi Mandiri

Kebahagiaan menjadi orang tua adalah ketika bisa memberikan apa saja yang anak inginkan. Tapi dengan seperti itu, akan membentuk anak menjadi pribadi yang manja dan memandang segala hal yang mereka inginkan mudah didapat. Sebaiknya ajarkan anak untuk membeli barang yang mereka inginkan dengan uang mereka sendiri. Caranya adalah ajarkan anak untuk menabung sebagian dari uang jajannya. 

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com
baca juga

3. Ajarkan Anak Membuat Catatan Keuangan

Ketika anak tumbuh remaja sudah pasti mereka menjadi pribadi yang konsumtif. Terlebih pada usia belasan anak remaja cenderung membeli apa yang teman mereka miliki, seperti gadget, tas, sepatu, make up, dan masih banyak lagi. Sejak dini sebaiknya ajarkan anak anda untuk membuat catatan keuangan agar ia bisa mengelola keuangannya sendiri. Selain itu ajarkan anak untuk selalu menyisihkan uang jajannya berapapun jumlahnya. 

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com

4. Kembangkan Hobi Anak

Jika anak anda memiliki keterampilan atau hobi seperti melukis, membuat karya kreatif kembangkan ketrampilan mereka untuk dijadikan hobi yang menghasilkan. Jika anak anda memilki bakat melukis, ajak mereka untuk mengikuti kompetisi atau perlombaan. Selain dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan mengasah keterampilannya, mengikuti kompetisi juga dapat menghasilkan materi yang berguna untuk anak anda.

source: https://i1.wp.com/id.theasianparent.com