Ciri-ciri Daun Katuk


Sejak kecil Moms pasti familiar banget dengan olahan sayur katuk di rumah. Sayuran hijau ini memang selalu jadi pilihan banyak ibu sebagai menu makanan yang diolah menjadi sayur bening. 

Daun katuk sendiri memiliki ciri-ciri yang sangat mudah untuk dikenali, selain warnanya yang hijua dan ukurannya yang kecil, katuk juga memiliki bunga berwarna merah gelap atau kuning dengan bercak merah gelap dan berbunga sepanjang tahun.

Tanaman katuk juga termasuk tanaman bersemak yang biasanya memiliki tinggi hanya berkisar 2 sampai 3 meter  dan tumbuh di dataran rendah di atas permukaan laut.
Ciri-ciri Daun Katuk
source: https://www.klikdokter.com


 

Vitamin A dalam Daun Katuk


Kaya akan kandungan vitamin A, siapa sangka mengonsumsi daun katuk juga baik untuk kesehatan mata. Kandungan betakarotin yang tinggi dalam daun katuk tentunya mampu membuat kesehatan mata Moms tetap terjaga.

Untuk itu, agar kandungan alami daun katuk tetap bisa diserap oleh tubuh, proses masak yang benar juga sangat diperhatikan. Biasakan jangan memasak daun katuk dengan api yang besar dan lama, tapi masaklah dengan cepat dan dengan api yang kecil agar khasiatnya tetap terjaga. 
Vitamin A dalam Daun Katuk
source: http://www.cakapsehat.com


 

baca juga

Daun Katuk Manfaatnya


Hal yang jarang diketahui tentang khasiat daun katuk adalah mampu mencegah osteoporosis, lho. Kandungan kalsium yang terdapat di dalamnya daun katuk sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang tak ingin mengalamai osteoporosis dini. 

Tak hanya itu kandungan efedrin yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita influenza, bahkan tinggi kandungan zat besinya dapat mengatasi gejala pemyakit anemia yang sering diderita banyak orang. 
Daun Katuk Manfaatnya
source: http://hiccemerlang.blogspot.com


 

Daun Katuk Untuk Sariawan


Siapa yang sangka bahwa daun katuk juga bisa mengobati sariawan yang membandel di mulut, Moms. Kurangnya vitamin C membuat Moms mudah terkena sariawan, untuk mengatasinya mengolah daun katuk menjadi ramuan obat juga bisa mengatasi sariwan yang membandel, karena katuk kaya akan vitamin C. 
Daun Katuk Untuk Sariawan
source: https://ramesia.com


 

baca juga

Manfaat Daun Katuk Untuk Wajah


Kandungan klorofil tinggi, vitamin, dan mineral pada daun katuk sagat baik untuk mencerahkan kulit, sehingga banyak ahli kecantikan yang membuat katuk sebagai bahan dasar pembuatan sabun.

Bagi Moms yang berat badannya mudah naik, untuk memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh, mengonsumsi daun katuk secara teratur juga bisa jadi alternatifnya. Pasalnya daun katuk kaya akan serat yang baik untuk metabolisme tubuh. 
Manfaat Daun Katuk Untuk Wajah
source: http://www.satuharapan.com

Nah, Moms mulai sekarang sering-sering ya mengonsumsi daun katuk!