BPJS merupakan salah satu program pemerintah yang memberikan banyak manfaat kesehatan untuk masyarakat Indonesia. Karena nominal iuran yang kecil, maka banyak sekali masyarakat yang diuntungkan dengan pembayaran tagihan yang ringan ketika sakit ataupun kecelakaan. Jika Moms dan keluarga belum menjadi anggota BPJS Moms sekarang bisa kok melakukan pendaftaran login BPJS kesehatan secara online. Mau tahu caranya?


 

Registrasi BPJS Kesehatan Online


Untuk Moms yang tidak punya banyak waktu, Moms bisa kok melakukan registrasi kesehatan secara online, jadi Moms tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS dan mengantri. Cukup duduk manis di depan komputer dan Moms sudah bisa mendaftarkan seluruh anggota keluarga. Apa saja dokumen yang harus disiapkan untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara online?

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP) jika ada
  • Fotokopi buku tabungan
  • Fotokopi buku nikah (jika ada)
  • Pas foto
Registrasi BPJS Kesehatan Online
source: https://www.bpjs-online.com/

Untuk mendaftar BPJS secara online, Moms bisa mengikuti alur berikut ini:

  • Buka situs resmi BPJS Kesehatan untuk registrasi
  • Mengisi formulis pendaftaran online
  • Pilih kelas BPJS Kesehatan yang ingin diikuti, hal ini penting karena menyangkut dengan jumlah yang harus dibayar tiap bulannya. Untuk admin bpjs kesehatan, terdapat kelas-kelas. Untuk kelas 3 Rp 25 Ribu, Kelas 2 Rp 51 Ribu, dan untuk kelas 1 Rp 80 Ribu. Sesuaikan dengan kemampuan Moms ya.

Jika Moms ternyata masih bingung dengan alur pendaftaran BPJS Kesehatan Online, maka Moms bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dan meminta bantuan petugas dalam mendaftarkan diri atau keluarga secara online.

baca juga

Setelah mengisi formulis pendaftaran BPJS Kesehatan onlin, Moms akan mendapatkan virtual account. Apa itu virtual account? Virtual Account adalah akun yang bisa diakses secara online yang dapat digunaka untuk pembayaran dan klaim pertanggungan sesuai dengan peristiwa yang dialami baik sakit atau kecelakaan.

Jika Moms sudah mendapatkan virtual account BPJS Kesehatan, jangan lupa untuk mencetak virtual account milik semua anggota keluarga, dan Moms bisa pergi ke kantor BPJS Kesehatan untuk cetak kartu BPJS kesehatan online dan mendapatkan ID BPJS Kesehatan.

Registrasi BPJS Kesehatan Online
source: https://twitter.com/

Setelah Moms terdaftar sebagai anggota BPJS, Moms baru bisa login BPJS kesehatan. Cara loginnya pun mudah kok Moms. Kunjungi situs BPJS Kesehatan dan Moms bisa memasukkan username dan password ketika registrasi awal.

Kalau sudah berhasil login, maka Moms sudah bisa cek keanggotaan BPJS kesehatan online melalui website. Selain itu Moms juga bisa memilih BPJS kesehatan online ganti faskes jika Moms ingin mengganti fasilitas kesehatan. Disarankan Moms memilih Fasilitas Kesehatan pertama yang dekat dengan rumah. Agar akses Moms ke faskes pertama lebih mudah. 

Mudah kan Moms? Jadi, yuk segera daftarkan anggota keluarga Moms agar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Agar Moms juga tenang karena kesehatan anggota keluarga terjamin.