Supaya Moms lebih peka terhadap salah satu penyakit mematikan ini, yuk simak ulasan berikut ini!

Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan kodisi di mana jantung sedang mengalami gangguan. Gangguan tersebut bermacam-macam jenisnya mulai dari gangguan pembuluh darah, irama jantung, katup jantung, atau sudah jadi bawaan sejak lahir. Penyakit jantung terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

 

Yuk Pelajari Ragam Penyakit Jantung dan Seperti Apa Pengobatannya, Moms!
source: http://www.ascorcraiova.ro

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit ini biasa disebut sebagai penyakit arteri koroner. Penyakit jantung koroner terjadi ketika jantung tidak cukup mendapatkan darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi.

Ini disebabkan karena penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah jantung atau arteri koroner. Penyakit jantung koroner juga bisa disebabkan karena hipertensi. Pada kondisi yang jarang terjadi jantung koroner bisa juga disebabkan oleh emboli arteri, arteritis (radang arteri), aneurisma, dan diseksi aorta. 

Pengobatan untuk penyakit jantung koroner ataupun pengobatan penyakit jantung hipertensi bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu mengubah pola hidup, konsumsi obat, dan tindakan medis. Obat yang biasa dikonsumsi untuk penyakit jantung jenis ini seperti pengencer darah, statin, ACE inhibitors, ARB, beta blockers, nitrat, antagonis kalsium dan diuretik. Sementara tindakan medis yang bisa diambil dengan cara pasang ring jantung, baypass jantung, dan transplantasi jantung. 

Yuk Pelajari Ragam Penyakit Jantung dan Seperti Apa Pengobatannya, Moms!
source: http://mandiriamalinsani.or.id

Penyakit Jantung Bawaan (PJB)

Penyakit jantung bawaan adalah kondisi dimana terjadi kelainan pada bentuk dan fungsi jantung yang terjadi sejak lahir. Penyakit jantung bawaan terjadi akibat gangguan pada proses perkembangan jantung saat bayi masih di dalam kandungan. Contoh penyakit jantung bawaan adalah patent ductus arteriosus dan tetralogy of Fallot.

Satu-satunya jalan untuk menyembuhkan penyakit jantung bawaan adalah dengan operasi. Namuna da juga jenis penyakit jantung bawaaan yang dapat diobati tanpa pembedahan. Pengobatan penyakit jantung bawaan tanpa operasi dapat dilakukan pada pengidap PJB jenis PDA (patent ductus arteriosus) dan ASD  (Atrial septal defect). Pengobatan pada PDA dapat dilakukan tanpa operasi dengan alat ADO (Amplatzer duct occluder). Sementara ASD dapat diobati dengan Balloon Atrial Septostomy (BAS), pemasangan stent pada Ductus arteriosus.

baca juga
Yuk Pelajari Ragam Penyakit Jantung dan Seperti Apa Pengobatannya, Moms!
source: http://www.sehatmagz.com

Penyakit Jantung Tiroid

Penyakit jantung ini berawal dari adanya plak bekuan kolesterol yang ada dpada dinding saluran darah dan tersangkut di bagian kapilari darah sehingga menyebabkan tersumbatnya aliran darah. 

Pada dasarnya penyakit jantung tiroid terjadi karena hormon tiroid yang yang berlebihan terhadap jantung sehingga meningkatkan kegiatan metabolisme, kinerja kronotropik, kerja intropik, dan pintas arteri-vena perifer. Ketika tiroid terlalu aktif maka pelepasan hormon tiroid ke dalam aliran darah menjadi terlalu banyak dan menyebabkan hipertiroidisme.

Pengobatan penyakit jantung tiroid dapat dilakukan dengan konsumsi obat penyekat beta (propanolol, acebutolol, atenolol, nadolol), pemberian obat diuretik untuk menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh, pengobatan dengan koenzim untuk membantu menggantikan sel yang rusak, dan pengobatan dengan cara plasmapheresis.

Yuk Pelajari Ragam Penyakit Jantung dan Seperti Apa Pengobatannya, Moms!
source: https://www.healthlibrary.in

Itu tadi tiga jenis penyakit jantung yang umumnya terjadi pada masyarakat di Indonesia. Selain dengan tindakan medis yang sudah disebutkan di atas ternyata Moms bisa melakukan pengobatan penyakit jantung secara alami dengan mencoba menerapkan kebiasaan di bawah ini. 

  • Rutin Olahraga

Moms nggak perlu olahraga mati-matian seperti para atlet kok. Setidaknya lakukan olehraga 20 sampai 30 menit selama 5 hari dalam seminggu. Moms bisa mencoba olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, sepeda, berenang, hingga yoga. 

  • Membatasi Asupan Kolesterol

Cara paling ideal untuk menjaga tekanan darah adalah dengan mengendalikan asupan lemak jenuh dan kolesterol yang masuk dalam tubuh. Hindari makan makanan penimbun kolesterol seperti sosis dan daging burger, mentega, krim, kuebiskuit, cokelat, permen, garam, dan gula.

  • Banyak Minum Air Putih

Rajin mengkonsumsi ari putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Setidaknya minum air 8 gelas setiap hari. 

  • Banyak konsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur dapat membantu menurunkan kolesterol serta tekanan darah. Moms bisa mendapat asupan serat dari buah, sayur, gandum, dan kacang-kacangan.

  • Berhenti merokok dan alkohol

Alkohol dan rokok adalah dua hal yang dapat memicu munculnya penyakit jantung sehingga sebisa mungkin hindari dua hal mematikan ini ya Moms.