Antiobiotik adalah obat yang dikembangkan untuk membunuh bakteri. Sayangnya, antibiotik lazim diproduksi dari bahan kimia. Tak hanya membunuh bakteri negatif, terkadang antibiotik juga membunuh bakter baik. Oleh karena itu, antibiotik hanya dikonsumsi dengan resep dokter. Ada baiknya, Moms mengetahui alternatif antibiotik alami untuk mencegah beberapa penyakit yang umum dialami. Simak terus ya!


 

Antibiotik Alami untuk Penyakit Kulit


Saat hamil, bisa saja penyakit kulit menyerang entah karena lingkungan, bakteri ataupun virus. Antibiotik alami untuk penyakit kulit yang cocok adalah madu. Madu mengandung hidrogen peroksida rendah yang dapat membunuh bakteri. Salah satu manfaat madu adalah melindungi dan merawat kesehatan kulit. Jenis madu yang dipercaya ampuh sebagai antibiotik alami adalah madu manuka.

Pemakaian madu sebagai antibiotik alami cukup mudah. Oleskan madu pada daerah yang terinfeksi dan tunggu 10-15 menit lalu bilas. Gunakan rutin setelah mandi. Pengolesan madu akan berpengaduh dalam membunuh bakteri dan mempercepat proses penyembuhan. Madu juga aman digunakan di wajah loh Moms!

Antibiotik Alami untuk Penyakit Kulit
source: http://aceh.tribunnews.com


 

baca juga

Antiobiotik Alami untuk Luka


Antiobiotik alami untuk luka yang paling manjur adalah lidah buaya. Lidah buaya atau aloe vera  memiliki kandungan yang dapat mencegah inflamasi luka dan mempercepat penyembuhan. Lidah buaya juga efektif dalam membunuh bakteri penyebab luka. Tak hanya karena luka gores, lidah buaya sebagai antibiotik alami mampu mengobati luka akibat terbakar dan sengatan matahari.

Untuk pemakaian lidah buaya, bersihkan luka dengan air bersih lalu oleskan gel lidah buaya pada luka, tunggu hingga kering dan meresap. Gunakan secara rutin. Tidak punya tanaman lidah buaya? Jangan khawatir, Mom bisa pakai gel lidah buaya yang dijual di pasaran saat ini

Antiobiotik Alami untuk Luka
source: http://hellosehat.com


 

Antibiotik Alami untuk Pencernaan


Mengalami masalah pencernaan,Moms? Coba konsumsi jahe rutin setiap paginya. Kandungan jahe dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi masalah pencernaan. Bahkan obat-obatan Cina, hampir setengahnya menggunakan jahe di dalamnya. Jahe cocok sebagai antibiotik alami untuk pencernaan. Sebagai tambahan, daun basil juga efektif membunuh bakteri menular yang memicu diare.
Antibiotik Alami untuk Pencernaan
source: http://hellosehat.com


 

baca juga

Antiobiotik Alami untuk Sakit Gigi


Sakit gigi memang tidak bisa diremehkan. Terkadang bisa menyita perhatian karena rasa sakit yang begitu besar. Moms bisa meringankan rasa ngilu di gigi dengan daun jambu. Daun jambu dipercaya sebagai antibiotik alami untuk sakit gigi karena sidatnya anti-radang, analgesik dan antimikrobial.

Penggunaannya cukup muda, remas 1-2 lembar daun jambu hingga ekstraknya keluar dan oleskan ekstrak daun jambu tersebut ke gigi atau gusi yang sakit. Moms juga bisa merebus 4-5 lembar daun jambu dan tambahkan sejumput garam sebagai obat kumur. 
Antiobiotik Alami untuk Sakit Gigi
source: http://belitung.tribunnews.com


 

Antibiotik untuk Kekebalan Tubuh


Sebagai ibu hamil, wajib hukumnya untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak gampang sakit. Tidak ingin mengonsumsi obat-obatan atau vitamin, Moms bisa coba antibiotik untuk ibu hamil. Antibiotik untuk ibu hamil yang paling disarankan adalah bawang putih.

Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang sifatnya mirip dengan penisilin, bahan utama antibiotik. Bawang putih juga memiliki anti-parasit, anti-virus, anti-jamur dan antioksian yang membantu mencegah berbagai penyakit seperti flu, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Pada dasarnya bawang putih aman dikonsumsi 2 siung per hari. Moms bisa membuat ekstrak bawang putih dengan merendam bawang putih beserta zaitun. Kedua bahan ini efektif sebagai antiobitik alami untuk kekebalan tubuh.
Antibiotik untuk Kekebalan Tubuh
source: http://lifestyle.kompas.com
Tidak hanya bahan di atas saja, minyak oregano, minyak cengkeh dan kayu manis juga cocok sebagai antibiotik alami untuk melawan bakteri jahat dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun tubuh. Nah itu dia, antibiotik alami untuk ibu hamil yang Moms bisa coba. Semoga artikel ini berguna ya!