Bahkan gejala anemia lebih sering dialami pada wanita loh! Jadi, Moms butuh asupan penambah darah. Tidak terbiasa minum obat, Moms bisa coba buah-buah yang bisa menunjang jumlah sel darah merah di tubuh. Simak di sini ya!

Kurma

Buah yang sering muncul saat Ramadhan ini ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dengan kandungan zat besi yang tinggi dapat menambah jumlah sel darah merah. Selain sebagai buah penambah darah, Kurma juga mengandung vitamin B serta riboflavin, niasin serta mineral yang baik untuk proses metabolisme.
Butuh Asupan Penambah Darah, Buah Apa Sih yang Bisa Membantu Moms?
source: http://hellosehat.com


 

Kismis


Mirip dengan bentuk kurma, kismis ini dapat membantu menambah darah. Walaupun bentuknya cenderung kecil, dalam 2/3 gelas, kismis mengandung zat besi sekitar 2 gram. Kismis ini cocok sebagai buah penambah darah ibu hamil. Kismis dapat dinikmati dengan berbagai cara, seperti penambahan dalam kue, sereal dan oatmeal. Kismis cocok untuk juga untuk ibu hamil loh, moms.
Kismis
source: http://bogor.tribunnews.com


 

baca juga

Jambu Biji


Jambu biji sering digunakan sebagai buah penambah darah hb (hemoglobin). Pihak rumah sakit selalu menyarankan untuk mengonsumsi jambu biji bagi penderita demam berdarah. Berbagai kandungan didalamnya seperti zat besi, vitamin A, vitamin B dan vitamin C mampu menambah darah dan mengembalikan sistem imun tubuh. Cari jambu biji merah karena mengandung vitamin C lebih banyak yang baik untuk kesehatan.
Jambu Biji
source: http://kawaiibeautyjapan.com


 

Semangka


Buah yang banyak mengandung 90% air ini berkhasiat untuk menambah darah. Semangka cocok sebagai buah penambah darah saat haid karena selain mengandung air dan zat besi yang banyak, semangka memiliki vitamin A, vitamin C dan antioksidan yang baik untuk nutrisi tubuh. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dapat membantu penyerapan zat besi lebih cepat dan jumlah air yang banyak mampu menambah jumlah cairan dalam tubuh.
Semangka
source: http://datdut.com


 

baca juga

Wortel


Dari penjelasan sebelumnya buah penambah darah ciri-cirinya mengandung banyak vitamin A dan C yang mampu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Begitu pula dengan wortel. Wortel yang merupakan buah kaya vitamin A yang berbentuk retinol berperan dalam memacu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Dengan meningkatnya sel darah merah, oksigen dapat tersalurkan ke seluruh tubuh dengan baik dan terhindar dari gejala anemia.
Wortel
source: http://alodokter.com


 

Mangga


Buah yang sering Moms temui dalam beragam hidangan, ternyata memiliki banyak mineral, seperti mangan, seng, magnesium, kalsium dan tembaga. Mineral ini membantu menambah jumlah darah Moms. Juga mangga memiliki banyak anti-oksidan yang membantu pencernaan dan menghindarkan dari berbagai penyakit.
Mangga
source: http://m.money.com


 

Blueberry


Buah yang terakhir ini cukup istimewa sebagai buah penambah darah putih. Karena blueberry memiliki 40 jenis nutrisi yang mampu meningkatkan tidak hanya sel darah merah namun juga sel darah putih.

Di dalam bluberry, terdapat kandungan antioksida seperti anthosianin juga vitamin C dan vitamin E yang bagus dalam meningkatkan imun tubuh. Dengan rutin mengonsumsi blueberry baik secara langsung maupun diolah mampu meningkatkan sel leukosit tubuh.
Blueberry
source: http://medicalnewstoday.com
Buah penambah darah yang dijelaskan di atas cukup mudah ditemukan di sekitar lingkungan Moms kan? Buah dan sayur memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh, terutama sebagai buah penambah darah. Jangan lupa mengonsumsi buah dan sayur serta rajin berolahraga ya agar terhindar dari gejala anemia!