Mengenal Lebih Dekat Virus Influenza


Virus influenza adalah jenis bibit penyakit yang tak hanya menyerang manusia, namun juga hewan. Itulah sebabnya selama ini kita mengenal jenis penyakit seperti flu burung, flu babi, dan lain sebagainya. Virus influenza termasuk dalam kelompok virus RNA dan berasal dari famili Orthomyxoviridae.

Jika diamati di bawah mikroskop, maka akan terlihat bahwa virus influenza memiliki tipe kapsid membulat dan memiliki kemampuan berkembang biak dengan cepat. Karena itulah gejalanya juga akan terlihat dan menular dengan cepat. Secara garis besar, virus ini dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Mengenal Lebih Dekat Virus Influenza
  • Virus Influenza Tipe A: Jenis virus ini sangat suka berada di dalam tubuh unggas, dan menjadi penyebab utama munculnya flu burung. Virus ini juga memiliki banyak subtipe dengan sasaran yang bervariasi, mulai dari hewan unggas, mamalia, bahkan manusia. Tertular virus ini sangat besar risikonya sehingga menyebabkan kematian.
  • Virus Influenza Tipe B: Tipe virus yang satu ini kebanyakan hanya terjadi pada manusia, dan dampaknya masih lebih ringan ketimbang tipe A. Selain kasusnya yang lebih jarang dari tipe A, virus ini juga memiliki mutasi 2-3 lebih lambat. Walau lebih banyak terjadi pada manusia, ada kasus kecil di mana bibit penyakit ini menyerang hewan seperti anjing laut atau musang.
  • Virus Influenza Tipe C: Daripada kedua tipe sebelumnya, tipe C masih terbilang jarang. Dampaknya pun tidak terlalu berat, dan umumnya hanya berupa gejala ringan pada anak-anak. Tipe C menyerang manusia, anjing, dan babi.

Bagaimana Caranya Agar Terhindar dari Flu?


Walau banyak disepelekan, nyatanya virus influenza bisa sangat berbahaya jika berada dalam tubuh yang kondisinya tidak bagus. Contohnya pada penderita HIV. Karena sistem kekebalan tubuhnya sudah tidak berfungsi, maka virus influenza akan dengan mudah menyerang dan menghancurkan apa saja di dalam tubuh. Belum lagi jika tubuh tertular virus tipe A yang memang sangat berbahaya. Lalu bagaimana cara mencegah?

Bagaimana Caranya Agar Terhindar dari Flu?
source: https://doktersehat.com
  • Melakukan vaksinasi: Walau terdengar sepele, namun melakukan vaksinasi virus influenza ternyata penting lho Moms. Pasalnya, dari hari ke hari virus akan semakin kuat sehingga sangat penting melakukan tindakan pencegahan.
  • Membudayakan hidup sehat: Hal ini sangat penting dilakukan, Moms. Biasakan makan yang baik dan teratur, serta diimbangin dengan olahraga yang cukup. Atur hidup sebaik mungkin dan jangan lupa berkonsultasi dengan ahli kesehatan.
  • Menjaga kebersihan: Virus akan cepat berkembang pesat jika lingkungannya mendukung. Lingkungan kotor akan membuat bibit penyakit mudah berkembang. Karenanya, lakukan pembersihan secara teratur di sekitar kita. Bersihkan kandang ternak secara teratur, dan jangan lupa mengecek kesehatan ternak secara teratur.
Nah, sudah tahu kan Moms kalau virus influenza ternyata lebih rumit dan berbahaya dari yang diperkirakan orang. Walau mudah datang dan pergi, namun penyakit ini juga bisa mengancam nyawa jika kondisi tubuh sedang tidak bagus. Karenanya, jangan lupa selalu menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit datang menyerang.