Di masa tumbuh kembangnya, si kecil perlu mendapatkan asupan gizi yang lengkap. Tak melulu hanya karbohidrat dan protein, tetapi juga serat yang berasal dari buah-buahan dan sayuran. 

Namun, memberi sayur pada si kecil memang gampang-gampang sulit ya, Moms. Padahal si kecil sangat membutuhkan manfaat dari sayur tersebut. Rasa yang langu atau tampilan sayur yang kurang menarik, membuat sayur umum menjadi musuh besar anak-anak.

Salah satu sayuran yang seringkali tidak disukai anak-anak adalah kubis. Seperti yang kita tahu, kubis yang dijual di pasaran biasanya adalah yang berwarna hijau. Tapi tahukah Moms, ada jenis kubis lain yang tampilannya cantik dan punya banyak manfaat untuk tubuh? Yaps, ia adalah kubis ungu.


 

Kubis ungu manfaatnya banyak lho


Warnanya yang unik ternyata sebanding dengan kandungan gizinya. Kubis ungu mengandung serat tinggi. Dalam satu cangkir kubis ungu yang dirajang, mengandung 2 gram serat yang setara dengan 8 persen nilai harian serat yang harus dikonsumsi manusia (25 gram).

Selain mengandung serat tinggi, kubis ungu juga kaya akan kalium yang menjaga stabilitas airan tubuh. 

Untuk urusan vitamin, si kubis cantik ini tak main-main lho, Moms. Vitamin yang terkandung pada kubis ungu antara lain adalah vitamin C dan vitamin A. Konsumsi teratur kubis ungu dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena sifat antioksidannya.

Kubis ungu manfaatnya banyak lho


 

baca juga

Kubis ungu sebagai indikator asam basa


Keunikan lain dari sayur yang termasuk dalam kelompok budidaya Capitata ini adalah bisa menjadi indikator asam basa. Kubis ungu yang dilarutkan dalam air panas akan menghasilkan warna biru. Jika dicampurkan dengan asam, warna airnya akan berubah menjadi merah dan jika dicampurkan dengan basa maka berubah menjadi hijau. 

Zat yang membuat warna kol menjadi ungu disebut antosianin. Zat inilah yang akan bereaksi dengan asam dan basa. 

Percobaan sederhana ini bisa Moms coba di rumah bersama si kecil lho.

Kubis ungu sebagai indikator asam basa


 

Kubis ungu untuk bayi


Kubis ungu familiar menjadi salah satu menu campuran MPASI. Untuk kesehatan anak, kubis ungu sendiri dipercaya meningkatkan imunitas, melawan peradangan dan memperkuat tulang serta gigi. Mengandung bakteri baik, kubis ungu membantu pencernaan bayi agar tetap sehat. 
 

Kubis ungu untuk bayi


 

baca juga

Kubis ungu dimasak apa ya?


Bagi orang tua yang ingin memberikan kubis ungu untuk si kecil, pastikan pengolahannya benar ya. Memang, kubis ungu akan lebih sehat dan tidak tereduksi nilai gizinya jika dikonsumsi segar. Tetapi bagi bayi hal ini akan menyulitkannya untuk mencerna, bahkan berbahaya.

Sebaiknya kukus terlebih dahulu kubis merah agar lunak. Dengan cara ini, vitamin dan nutrisi akan tetap terjaga ketimbang menggoreng atau merebusnya. 

Kubis ungu dimasak apa ya?


 

Kubis ungu resep enak untuk santapan keluarga


Dengan manfaatnya yang luar biasa, yuk sajikan kubis ungu untuk keluarga. Banyak orang yang beranggapan rasa kol ungu sedikit getir di lidah. Nah, kita bisa memasaknya sebagai tumis yang lezat disantap dengan nasi. Ini dia resepnya:

Bahan:
1/4 bonggol kubis ungu
1/4 bonggol sawi putih
4 buah tahu yang telah digoreng setengah maang
4 buah bakso
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt penyedap

Cara membuat:

  1. Rajang kubis ungu dan sawi putih, cuci bersih, tiriskan.
  2. Iris bakso dan tahu.
  3. Cincang bawang merah dan bawang putih. Tumis dengan minyak hingga harum.
  4. Setelah bawang merah dan bawang putih harum, masukkan kubis ungu dan sawi putih. Tumis sampai layu, bila perlu tambahkan sedikit saja air.
  5. Masukkan garam, gula dan penyedap.
  6. Terakhir, masukkan bakso dan tahu. Aduk rata semua bahan.
  7. Sajikan.
Kubis ungu resep enak untuk santapan keluarga

Mudah bukan, Moms? Hadirkan gizi dan nutrisi seimbang di rumah dengan aneka olahan kubis ungu. Yuk cobain!