Bayi Baru Lahir Kuning Bahayakah


Moms kuning pada bayi merupakan hal yang lumrah terjadi pada bayi. Lantas apakah bayi yang baru lahir berwarna kuning berbahaya? Umumnya bayi yang berwarna kuning disebebkan proses pembentukan organ hati yang belum berkembang secara sempurna. 

Namun ada juga penyakit kuning yang berbahaya karena kadar bilirubin yang terlalu tinggi pada darah si kecil hingga menembus ke otak, merusak sel-sel otak dan menyebabkan ensefalopati. Berikut ini ciri-ciri penyakit kuning yang sudah berbahaya untuk bayi kuning.

  1. Demam
  2. Muntah
  3. Kemampuan mengisapnya buruk
  4. Lesu
  5. Sulit bangun tidur
  6. Leher dan tubuh melengkung ke belakang
  7. Kulitnya menguning
  8. Sering rewel dan gelisah

Moms setelah melihat gejala seperti itu pada si kecil, sebaiknya moms langsung berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara intensif untuk kesehatan si kecil ya moms.

Bayi Baru Lahir Kuning Bahayakah
source: https://id.pinterest.com


 

Bayi Baru Lahir Kuning Berapa Lama


Umumnya mayoritas bayi akan mengalami kuning, baik yang lahir normal maupun prematur. Bayi normal umumnya mengalami peningkatan di hari 2 sampai ke 3 dan mencapai puncaknya di hari ke 8 (terhitung dari bayi dilahirkan). Selanjutnya di hari ke 9 akan berangsur-angsur hilang dan kembali menuju normal.

Hal ini berbeda dengan bayi yang lahir secara prematur karena kadar bilirubin akan mencapai puncaknya ketika hari ke 14. Moms secara umum demi kesehatan bayi biasanya dokter akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan ulang pada hari ke 3 sampai 5 setelah kepulangan bayi.

Bayi Baru Lahir Kuning Berapa Lama
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Bayi Baru Lahir Kuning Normal


Bayi baru lahir dikatakan kuning fisiologis alias normal ketika kuning timbul dalam 24 jam pertama setelah kelahiran bayi, kuning menetap selama seminggu dihitung ketika bayi baru lahir. Meskipun kuning fisiologis atau normal, moms tetap perlukan memantau pekembangan terhadap kenaikan kadar kuning pada bayi ya.

Moms dapat mengamati dari tanda-tanda fisik serta gejala yang si kecil alami. Seperti kondisi bayi yang tampak lemas, malas minum, berat badan bayi cenderung turun, peningkatan suhu tubuh, warna feses, dan masih banyak lainnya moms.

Bayi Baru Lahir Kuning Normal
source: https://id.pinterest.com


 

Penyebab Bayi Baru Lahir Kuning


Ada banyak penyebabnya bayi yang baru lahir kuning moms, namun salah satu penyebab yang lumrah terjadi pada si kecil karena akibat dari proses pemecahan sel darah merah pada bayi. Hampir 75%-85% bilirubine yang dihasilkan bayi berasal dari pemecahan sel darah merah atau eritrosit bayi.

Bilirubine hasil metabolisme seharusnya dapat diproses di hati dan terbuang melalui urine dan feses bayi. Tetapi proses ini belum berlangsung sempurna karena proses terbentuknya hati yang belum sempurna untuk bekerja secara efektif pada bayi. Sehingga bilirubine menyebar ke kulit dan kadang tampak pada mata. Penyebab kuning ini disebut fisiologis atau normal moms.

Namun ada juga beberapa penyebab lainnya seperti Inkompatibilitas rhesus, anemia hemolitik, rendahnya kadar enzim G6PD, pembuntuan saluran empedu bayi, infeksi, ABO  dan faktor lainnya.

Penyebab Bayi Baru Lahir Kuning
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Ciri Bayi Baru Lahir Kuning dan Cara Menanganinya


Biasanya tanda yang dapat dilihat secara kasat mata saat bayi baru lahir kuning adalah warna kulit, bagian putih mata yang berubah menjadi kuning, urine berwarna kuning pekat padahal warna urine bayi yang baru lahir umumnya tidak berwarna, warna feses berwarna pucat, serta telapak tangan dan kaki berwarna kuning.

Mom dapat mencegah kenaikan bilirubin dengan cara memeriksakan ke dokter agar segera ditindak lanjuti menggunakan alat terapi sinar/ fototerapi, memberikan asupan ASI atau susu formula yang cukup pada si kecil. Asupan yang cukup dapat membantu bayi mengeluarkan bilirubin pada tubuhnya. Moms dapat menyusui ASI sebanyak 8-12 kali dalam 24 jam.

Namun jika moms memberikan susu formula, moms harus memberikan si kecil sesuai waktu yang ditentukan. Biasanya susu formula diberikan sekitar 6-10 botol dalam 24 jam. Meski demikian moms harus memperhatikan perubahan fisik si kecil dengan mengecek perubahan warna dan kondisi bagian putih bola mata atau kulitnya dua kali sehari untuk melihat sudah kembali normal atau malah bertambah parah.

Moms, rupanya bayi kuning dengan kondisi penyakit tertentu tidak dapat diatasi hanya dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari lho! Diperlukan penangan khusus dari rumah sakit. Untuk lebih amanya saat tiga hari setelah dilahirkan kulit si kecil menjadi lebih kuning, segera berkonsultasi ke dokter ya.

Ciri Bayi Baru Lahir Kuning dan Cara Menanganinya
source: https://id.pinterest.com

Secara umum bayi kuning saat lahir memang sering terjadi dan dialami oleh beberapa bayi. Namun bayi kuning yang tidak mendapatkan perawatan yang benar akan mempengaruhi kecerdasan dan lebih parahnya menimbulkan koma dan membahayakan nyawa si kecil. jadi tetap pantau perkembangan si kecil ya moms! Semoga beberapa informasi ini dapat berguna untuk Mommy. Tetap sehat moms bersama si kecil!