Proses Melahirkan Bayi

Proses melahirkan bayi ada dua cara, yaitu melahirkan normal dan caesar. Proses melahirkan normal dan caesar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Biasanya seorang ibu akan melahirkan dengan cara caesar apabila ada kejanggalan yang terjadi pada bayi, misalnya posisi bayi yang sungsang, atau terlilit tali pusar sehingga tidak memungkinkan jika melahirkan secara normal. Namun ada beberapa ibu yang lebih memilih melahirkan secara caesar daripada melahirkan normal. Bagaimana dengan Moms?

Fakta Proses Melahirkan Caesar dan Persiapan Sebelum Jalani Operasi
source: https://www.babble.com/wp-content/uploads/2011/11/ThinkstockPhotos-stk25212nwl-1-624x364-1.png

Proses Melahirkan Caesar

Jika pada persalinan normal bayi dikeluarkan melalui vagina, pada proses melahirkan caesar bayi akan dikeluarkan melalui perut Moms dengan proses operasi. Operasi caesar akan dilakukan jika bayi mengalami kondisi yang tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya, atau bisa juga sesuai request dari orangtua. Operasi akan dimulai dengan melakukan pembiusan pada area perut kebawah sehingga Moms akan mati rasa pada area tersebut, namun selebihnya Moms dalam kondisi yang sadar. Setelah itu dokter akan mulai menyayat perut Moms, dan menyedot cairan ketuban setelah perut sudah tersayat. Setelah itu bayi akan mulai dikeluarkan dari posisi kepala. Setalah bayi berhasil dikeluarkan perut Moms akan dibersihkan dan dijahit kembali.

Fakta Proses Melahirkan Caesar dan Persiapan Sebelum Jalani Operasi
source: https://www.babycenter.com/ims/2015/11/720x365x147318731_wide.jpg.pagespeed.ic.NzLWKnnZMf.jpg
baca juga

Fakta Melahirkan Caesar

Melahirkan secara caesar memiliki cerita tersendiri.Bagaimana tidak? Moms akan merasakan sensasi operasi yang baru, yaitu setengah bagian badan dibius total, dan setengah lagi sadar. Moms akan bisa mendengar percakapan apa saja yang dibicarakan oleh dokter dan perawat di ruang operasi. Sambil mendengar percakapan dokter, perut Moms akan disayat oleh dokter. Bagaimana ya rasanya? Selain itu pasca operasi Moms akan mengalami dilema dalam batuk dan bersin, karena akan mempengaruhi bekas jaitan pada perut.

Fakta Proses Melahirkan Caesar dan Persiapan Sebelum Jalani Operasi
source: https://wolokom.ru/public/pic554dbb68.jpg

Persiapan Melahirkan Caesar

Sebelum menjalankan operasi caesar, Moms perlu tahu beberapa hal mengenai operasi caesar. Moms harus menyakan kepada dokter beberapa pertanyaan yang belum Moms ketahui, misalnya berapa lama waktu operasi, makanan atau minuman apa yang sebaiknya dimakan sebelum operasi, olahraga apa yang harus dilakukan, dan lain-lain. Moms juga perlu tahu apa saja yang harus dibawa, seperti identitas untuk administrasi rumah sakit, pakaian ganti, perlengkapan bayi, dan lain-lain. Dan jangan lupa berdoa ya Moms sebelum operasi dimulai!

Fakta Proses Melahirkan Caesar dan Persiapan Sebelum Jalani Operasi
source: https://media.npr.org/assets/img/2017/06/05/surgery-bebda2464094cfbe86edf9dfe5339ab9f05b71aa-s800-c85.jpg
baca juga

Pasca Melahirkan Caesar

Pasca persalina caesar berbeda dengan persalinan normal. Setelah persalinan normal, Moms sudah langsung bisa berinteraksi dan beraktivitas sepeti biasa, hanya penyesuaian bekas jaitan yang tidak akan terasa sakit dalam waktu yang lama. Namun, jika Moms melakukan persalinan secara caesar, Moms tidak akan merasakan sakit pada proses persalinannya, tapi akan merasakan sakit setelahnya. Selain itu Moms juga tidak akan bisa beraktivitas seperti biasa sebelum sembuh secara total.

Fakta Proses Melahirkan Caesar dan Persiapan Sebelum Jalani Operasi
source: https://www.fannetasticfood.com/wp-content/uploads/2017/12/IMG_1676.jpg

Demikian fakta tentang persalinan caesar dan persiapannya. Semoga bermanfaat ya Moms!