Kolesterol Adalah

Kolesterol merupakan suatu zat dalam organ tubuh yang terbentuk secara alami yang dibutuhkan untuk menghasilkan hormon. Zat berlilin ini terdapat pada seluruh sel dalam tubuh. Koletserol terdiri dari dua jenis yaitu kolesterol baik (high-density lipoproteins; HDL) dan kolesterol jahat (low-density lipoproteins; LDL). Jika kadar kolesterol jahat tinggi maka akan menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah dan dapat menimbulkan masalah dalam tubuh. Sebaliknya, kolesterol baik akan membersihkan semua lemak yang tertinggal dalam pembuluh darah.

Kolesterol Pada Ibu Hamil, Kenali Penyebab dan Cari Tahu Penanganannya Moms!
source: http://cdn2.tstatic.net/belitung/foto/bank/images/kolesterol_20180822_171531.jpg

Kolesterol Normal Ibu Hamil

Kadar normal kolesterol adalah kurang dari 200mg/dl. Pada ibu hamil, peran kolesterol jahat akan berubah menjadi baik karena pada saat hamil, janin membutuhkan kolesterol dalam kadar yang lebih banyak. Dengan kata lain, kolesterol berperan penting dalam proses kehamilan. Kadar kolesterol pada ibu hamil akan meningkat dan akan turun dengan sendirinya setelah melahirkan.

Kolesterol Pada Ibu Hamil, Kenali Penyebab dan Cari Tahu Penanganannya Moms!
source: https://komunita.id/wp-content/uploads/2017/06/Ibu-hamil-puasa.jpg
baca juga

Penyebab Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil

Pada saat hamil, kadar kolesterol akan cenderung meningkat .Bahkan saat kehamilan masuk trimester dua dan tiga, kadar kolesterol akan meningkat 25-50 persen dari biasanya. Namun meningkatnya kolesterol justru baik untuk ibu hamil. Kenapa? Karena kolesterol sangat penting untuk produksi dan fungsi hormon estrogen dan progesteron yang bermanfaat saat masa kehamilan. Oleh karena itu, Moms tidak perlu khawatir jika kadar kolesterol meningkat saat hamil. 

Namun harus tetap waspada dan melakukan kontrol secara berkala karena jika terlalu tinggi bisa beresiko persalinan prematur, diabetes dalam kehamilan, preeklamsia, dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular baik pada ibu juga janin di masa mendatang.

Kolesterol Pada Ibu Hamil, Kenali Penyebab dan Cari Tahu Penanganannya Moms!
source: https://www.belmarrahealth.com/wp-content/uploads/2016/03/high-ldl-cholesterol-in-pregnant-women-raises-childs-risk-of-high-ldl-in-adulthood-500x338.jpg

Menurunkan Kolesterol Ibu Hamil

Jika kadar kolesterol pada ibu hamil terlalu tinggi, akan berbahaya bagi kehamilan dan janin. Oleh karena itu, Moms yang mengalami hal ini baik untuk mengonsumsi buah alpukat, buah zaitun, roti gandum, nasi merah, oatmeal, dan kacang-kacangan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kolesterol Pada Ibu Hamil, Kenali Penyebab dan Cari Tahu Penanganannya Moms!
source: https://www.healthline.com/hlcmsresource/images/topic_centers/High-Cholesterol/732x549_How_Much_Cholesterol_Should_I_Have_Per_Day.jpg
baca juga

Menurunkan Kolesterol dengan Cepat dan Alami

Untuk Moms yang memiliki kadar kolesterol tinggi, dapat mengonsumsi makanan berikut ini untuk menurunkan kadar kolesterol. Sumber makanan yang dapat menurunkan kolesterol antara lain minyak zaitun, oatmeal dan makanan berserat tinggi, kacang kedelai, kacang-kacangan, ikan salmon, kuaci tawar. Selain itu bisa mengonsumsi buah alpukat, jambu biji, apel, dan jeruk. Ada juga bahan herbal alami yang dapat menurunkan kolesterol yaitu teh hijau, kunyit dan jahe, bawang putih, dan minyak oregano.

Kolesterol Pada Ibu Hamil, Kenali Penyebab dan Cari Tahu Penanganannya Moms!
source: https://st2.depositphotos.com/1000589/11582/i/950/depositphotos_115828800-stock-photo-healthy-fat-sources.jpg

Demikian penyebab dan penanganan kolesterol tinggi pada ibu hamil. Semoga bermanfaat.