Pemberian antibiotik yang tidak tepat justru akan mengganggu sistem kekebalan bayi lho moms. Bahkan tak sedikit penelitian yang menyebutkan potensi munculnya alergi di masa mendatang. Yuk, kita simak bersama antibiotik alami yang cocok diberikan untuk si kecil saat sakit.

Apa Sih Sebenarnya Antibiotik?

Antibiotik pada dasarnya adalah obat-obatan yang berfungsi melawan pertumbuhan suatu bakteri, namun disisi lain membantu perkembangan bakteri lain. Biasanya digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan bakteri.

Dilihat dari cara kerjanya, ada dua jenis antibiotik. Pertama adalah bactericidal, yang merusak dinding sel bakteri hingga bakteri bersangkutan mati. Kedua adalah bacteriostatic, yang berfungsi menekan pertumbuhan bakteri. Dalam hal ini jumlah bakteri tidak akan bertambah dan diharapkan bisa dilawan oleh sistem kekebalan tubuh.

Antiobiotik Alami

Mengkonsumsi antibiotik secara berlebihan memiliki resiko berbahaya. Kekebalan tubuh perlahan bisa terkikis, hingga menjadi resisten terhadap beberapa jenis obat. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengkonsumsi nutrisi sehat yang bisa berperan sebagai antibiotik alami, demi meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa bahan alami yang bisa dicoba antara lain adalah bawang merah, bersifat antibakteri dan antiseptik. Berfungsi memberantas Escherichia Coli. Selain itu masih ada madu, efektif untuk membunuh bakteri tak diinginkan. Sayuran seperti kubis juga punya manfaat positif untuk usus.

Moms, Yuk Cari Tahu Antibiotik Alami untuk Bayi dan Anak!
source: https://www.parents.com

Antibiotik Alami untuk Bayi dan Ibu Hamil

Ibu hamil sangat rentan terhadap penyakit karena tubuhnya masih menyesuaikan diri dengan keberadaan Sang Janin. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kondisi kehamilan adalah madu. Antibiotik alami ini memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh.

Madu dapat membantu tubuh membunuh bakteri. Mengkonsumsi madu secara reguler akan membuat ibu hamil tidak rentan terhadap infeksi. Selain itu juga aman dikonsumsi meski tanpa resep dokter. Kandungan di dalam madu juga berfungsi meredakan rasa nyeri di ulu hati, sesuatu yang wajar dialami ibu hamil karena perubahan hormon. Manfaat baik lainnya antara lain mengurangi morning sickness, alergi, meredakan batuk, dan juga nyeri tenggorokan.

Moms, Yuk Cari Tahu Antibiotik Alami untuk Bayi dan Anak!
source: https://chicagohealthonline.com

Antibiotik Alami untuk Anak Demam

Moms tak perlu panik jika mendapati suhu tubuh si kecil tiba-tiba tinggi. Alih-alih obat-obatan berbahan dasar kimia, berikan asupan antibiotik alami sebagai tindakan pengobatan awal. Ini relatif lebih aman, karena tingkat toksisitasnya jauh lebih rendah. Harganya pun juga jauh lebih murah.

  • Ramuan Kunyit

Salah satu yang bisa dicoba adalah ramuan kunyit atau curcuma longa. Bahan memiliki manfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi.

Caranya mudah, cuci bersih kunyit, lalu parut dan tambahkan setengah gelas air. Begitu dingin, ambil sarinya dan tambahkan dengan campuran jeruk nipis, madu, dan bunga kapuk. Berikan pada si kecil tiga kali sehari.

  • Ramuan Bawang Merah

Bahan berikutnya yang juga tak kalah efektif untuk menurunkan panas adalah bawang merah. Sering digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah ternyata mengandung minyak astiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, dan flurogosin.

Cara meraciknya juga tak kalah mudah. Siapkan lima butir bawang merah yang sudah dikupas lalu parut kasar dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Berikutnya, balurkan ke seluruh tubuh dan ubun-ubun untuk menurunkan suhu tubuh si kecil.

Bagaimana moms, ternyata cukup banyak kan antibiotik alami yang bagus untuk si kecil? Jadi, jangan buru-buru berikan obat berbahan kimia ya!