Dot Bayi Baru Lahir

Selain direct breastfeeding, bayi baru lahir dapat juga minum ASI dari botol susu atau dot bayi. Moms harus jeli dalam memilih dot untuk bayi baru lahir. Yang harus diperhatikan salah satunya adalah bahan dari dot tersebut, apakah aman atau tidak. Selain itu untuk membuat bayi baru lahir nyaman minum ASI melalui dot bayi, maka harus diperhatikan bentuknya. Bentuk dot bayi meliputi ukuran, ujung dot bayi, dan aliran susu yang keluar dari dot tersebut. Buat bayi senyaman mungkin saat menggunakan dot bayi ya Moms!

Moms, Cari Tahu Tanda dan Waktu yang Tepat Mengganti Dot Bayi
source: https://www.pediatricsoffranklin.com/wp-content/uploads/2017/01/bottle-feeding-baby.jpg

Kapan Dot Bayi Harus Diganti

Moms perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk megganti dot bayi. Moms harus membeli dot yang baru ketika ukuran lubang pada dot si kecil sudah terlalu besar, botolnya sudah berubah warna menjadi kusam, terdapat goresan dan sudah retak. Jika kondisi tersebut sudah terjadi pada dot si kecil, jangan lupa diganti ya Moms!

Moms, Cari Tahu Tanda dan Waktu yang Tepat Mengganti Dot Bayi
source: https://tj-getnavi.net/wps/wp-content/uploads/2018/09/20180914_kubo68.jpg
baca juga

Tanda Dot Bayi Rusak

Tanda-tanda dot bayi sudah rusak yaitu diantaranya botol sudah berubah warna, karet empeng sudah berlubang besar, botol sudah menipis, terdapat goresan pada botol, dan botol yang sudah retak. Pada saat kondisi tersebut, Moms harus segera mengganti dot si kecil dengan yang baru, karena kondisi dot tersebut sudah tidak sehat untuk si kecil.

Moms, Cari Tahu Tanda dan Waktu yang Tepat Mengganti Dot Bayi
source: https://www.lactation-911.com/wp-content/uploads/2013/10/Baby-Refuses-Bottle.jpg

Dot Bayi Berubah Warna

Salah satu tanda dot bayi sudah rusak yaitu botol yang sudah berubah warna. Botol yang berubah warna disebabkan karena seringnya pemakaian. Moms sebaiknya mengganti dot yang sudah berubah warna karena dikhawatirkan terdapat bakteri di dalamnya yang dapat mengganggu kesehatan si kecil.

Moms, Cari Tahu Tanda dan Waktu yang Tepat Mengganti Dot Bayi
source: http://www.comotomo.com/wp-content/uploads/revslider/bottle-slide-photo/006.jpg
baca juga

Dot Bayi Retak

Dot bayi yang sudah retak memang masih bisa digunakan karena belum menyebabkan kebocoran. Namun ada baiknya Moms mengganti dot bayi apabila sudah terdapat keretakan, karena dikhawatirkan dot dapat melukai si kecil. 

Moms, Cari Tahu Tanda dan Waktu yang Tepat Mengganti Dot Bayi
source: http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/Dot-susu.jpg

Demikian tanda dan waktu dot harus diganti. Jangan sampai lupa ya Moms!