Tipes dan Cara Menanganinya


Sudahkah moms familiar dengan penyakit tipes? Mungkin sebagian dari kita kalau mendengar tipes langsung teringat jajan sembarangan, lalat pembawa penyakit, diare, muntah-muntah dan semua yang bersangkut paut dengan pencernaan. 

Demam tifoid atau biasa dikenal sebagai tipes adalah penyakit yang bisa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi (melalui fesesnya). Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini biasanya ada dalam air yang terkontaminasi dengan feses dan bisa menempel pada makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Sebelum lebih lanjut lagi perlu moms ketahui juga nih kalau tipes dan tifus adalah 2 penyakit yang berbeda loh. Tipes atau demam tifoid disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhi pada usus. Sedangkan, tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi atau R. prowazekii. Bakteri ini bisa dibawa oleh ektoparasit, seperti kutu atau tungau pada tikus, dan kemudian menginfeksi manusia.

Memang, gejala demam tinggi sama-sama bisa terjadi pada orang yang terinfeksi tipes maupun tifus. Namun bakteri yang menjadi sumber infeksi dari tipes dan tifus berbeda. Selain demam tinggi, gejala lain dari tifus yang dapat muncul adalah sakit perut, sakit punggung, batuk kering, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, mual, serta muntah.

Lalu apa yang perlu diperhatikan untuk mengetahui seseorang menderita tipes. Berikut ini adalah gejala-gejala apabila menderita tipes moms, diperhatikan ya:

  • Demam setinggi 40°C
  • Ruam atau bintik-bintik merah pada kulit
  • Sakit kepala
  • Nyeri dan sakit pada otot
  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare
  • Sembelit
  • Sakit perut
  • Muntah
  • Lemah dan lesu
Gejala tipes pada anak dan dewasa kurang lebih sama moms. Jadi ketika anak sudah mulai mengalami gejala seperti di atas baiknya segera diperiksakan ke rumah sakit ya. 

Untuk penanganannya yang tercepat setelah dipastikan kalau terinfeksi bakteri dan terkena tipes adalah dengan mengkonsumsi antibiotik. 
Tipes dan Cara Menanganinya
source: https://hellosehat.com


 

Antiobiotik untuk Tipes Agar Cepat Tertangani


Antibiotik adalah obat tipes yang paling ampuh. Dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotik untuk tipes dewasa agar bisa membunuh bakteri penyebab tipes dalam tubuh. Beberapa antibiotik yang sering digunakan adalah Ceftriaxone (antibiotik tipes untuk ibu hamil dan antibiotik tipes untuk ibu menyusui), Chloramphenicol, Ampisilin, trimethoprim-sulfamethoxazole, dan Ciprofloxacin

Berbagai antibiotik yang digunakan sebagai obat tipes tersebut biasanya tidak akan bekerja pada infeksi virus seperti pilek dan flu. Menggunakan antibiotik saat tidak dibutuhkan meningkatkan risiko terkena infeksi yang kebal dengan pengobatan antibiotik. Oleh sebab itu, konsumsi obat antibiotik tersebut sesuai dengan yang diinstruksikan dokter.

Sedangkan antibiotik untuk tipes pada anak adalah cotrimoxazole  danceftriaxone. Apabila chloramphenicol tidak dapat diberikan misalnya karena jumlah leukosit <2000/ul, adanya hipersensitif atau resisten terhadap chloramphenicol, maka cefixime dapat menjadi alternatif terapi dengan efikasi dan toleransi yang baik.

Antiobiotik untuk Tipes Agar Cepat Tertangani
source: https://cdn1.medicalnewstoday.com

Antibiotik paling ampuh ketika jumlah obat di dalam tubuh dijaga dengan tingkat yang konsisten. Maka, minum obat antibiotik yang diresepkan dokter dengan interval yang kurang lebih sama.

Memang ada beragam antibiotik paten untuk tipes di apotek. Dan memang yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter dulu moms sebelum langsung mengkonsumsi antibiotik agar sesuai dengan kondisi tubuh dan bisa menangani sakit dengan tepat. Jadi jangan menjadi dokter sendiri ya moms. Segera konsultasikan keadaan moms atau si kecil jika mencurigai terserang tipes ini. 

Sehat selalu, moms!