1) Leukimia

Leukimia atau sering disebut dengan kanker darah adalah kanker yang menyerang sel-sel pembentuk sel darah merah dan sumsum tulang. Biasanya kanker ini ditemui pada anak usia 2-6 tahun. Untuk tahu apakah si kecil mengidap kanker ini, maka perhatikan gejalanya yaitu pucat, lemah, anak rewel, nafsu makan menurun, demam tanpa sebab yang jelas, kejang sampai kesadarannya menurun. Kadang juga terjadi perdarahan pada kulit dan nyeri pada bagian tulang. Karena merasakan nyeri yang hebat, anak jadi tidak mau berdiri dan berjalan.

 

source: https://id.pinterest.com


 

2) Retinablastoma

Kanker pada anak selanjutnya adalah retinoblastoma. Jadi kanker mata ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi menyerang anak-anak juga.  Tumor ganas pada mata yang sering dijumpai pada anak usia di bawah 5 tahun. Gejala yang ditimbulkan berupa manik mata berwarna putih, mata kucing, juling, kemerahan, pembesaran bola mata, peradangan jaringan bola mata, dan penglihatan jadi buram. Waspada ya, moms!

 

source: http://www.parents.com


 

baca juga

3) Kanker Tulang

Apa rasanya jika nyeri terasa di bagian tulang sepanjang waktu? Pasti anak tidak akan nyaman beraktivitas kan, moms! Nah, ini akan dirasakan anak apabila mengidap kanker tulang atau osteosarkoma yang merupakan kanker yang timbul di tulang. Kanker ini ditandai dengan gejala nyeri tulang di malam hari atau setelah beraktivitas, pembengkakan, kemerahan pada area nyeri tulang, patah tulang, gerakan tulang jadi terbatas, nyeri secara terus-menerus di punggung, demam, cepat lelah, berat badan berkurang, dan pucat. Pastinya anak dengan kanker tulang ini akan merasakan sakit luar biasa sepanjang hari.

 

source: http://www.webmd.com/


 

4) Neuroblastoma

Neuroblastoma atau kanker saraf adalah jenis kanker yang cukup sering diderita anak-anak dan biasanya terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun. Pada beberapa kasus, tumor ini bisa dideteksi lewat USG ketika anak masih berada di kandungan. Biasanya tumor muncul di beberapa bagian tubuh atau perut.

Adapun gejala antara lain perdarahan di sekitar mata dan mata menonjol, nyeri tulang, perut terasa penuh dan diare, pembengkakan di leher, nyeri, lumpuh, gangguan fungsi kandung kemih dan usus.



 

source: http://media.istockphoto.com


 

baca juga

5) Limfoma

Limfoma adalah kanker yang terjadi pada sel limfosit, yaitu sel di sistem kekebalan tubuh untuk memerangi infeksi, termasuk kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang dan beberapa bagian tubuh lainnya. Gejala yang mudah dikenali pada anak yang menderita limfoma adalah terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, pangkal paha, dan tidak terasa nyeri. Selain itu, anak juga akan sesak napas, saluran pencernaan tersumbat, demam, berkeringat di malam hari, lemah, lesu, tidak nafsu makan dan berat badan berkurang.

 
source: https://www.seleni.org


 

6) Kanker Nasofaring

Kanker pada tenggorokan atau faring (karsinoma nasofaring) tidak mengenal usia. Anak-anak pun dapat terkena kanker ini. Karsinona nasofaring adalah tumor ganas pada daerah antara hidung dan tenggorokan. Gejala yang dialami apabila anak mengalami penyakit ini adalah ingus bercampur darah, pilek dan air ludah kental, hidung tersumbat, mimisan, tuli sebelah, telinga berdengung, nyeri telinga, rasa penuh di telinga.



 

source: https://www.umhs-sk.org