Teh Super Sehat yang Perlu Diketahui


Teh hijau yang merupakan minuman kebanggaan masyarakat Jepang ini mulai digandrungi masyarakat Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Masyarakat Indonesia mulai familiar dengan istilah ocha dan matcha. Ketika mengunjungi restoran Jepang dan ingin menikmati segelas teh hijau maka kita menyebutnya ocha. Sedangkan ketika kita berkunjung ke coffee house atau cafe-cafe dengan minuman olahan khas teh hijau kita menyebutnya matcha. Apakah kedua nama ini merupakan produk yang berbeda?

Ocha adalah induk dari matcha. Ocha sendiri adalah bahasa Jepang dari teh hijau, merupakan daun teh yang masih agak utuh. Cara penyajiannya sama dengan teh pada umumnya, yaitu diseduh dan warna air akan berubah menjadi bening hijau kecokelatan. Ketika sudah menjadi secangkir minuman, rasa ocha kurang nikmat bila ditambahkan dengan pemanis.

Sedangkan matcha adalah daun teh hijau yang sudah digiling halus dengan batu hingga menjadi bubuk. Bentuk bubuknya itu mempermudah produsen makanan dan minuman untuk menjadikannya sebagai bahan campuran. Ketika diberi air, teksturnya pun lebih kental. Tak seperti ocha, matcha bersahabat dengan gula dan cream. Itu karena rasanya yang akan bertambah nikmat bila ditambahkan pemanis. Kehadiran matcha inilah yang membuat banyak orang semakin suka dengan berbagai olahan teh hijau.

Selain bisa dinikmati diminuman olahan, teh hijau juga mulai sering ditemukan di produk-produk kecantikan. Teh hijau untuk jerawat sudah diketahui sejak lama. Karena teh hijau mampu meredakan peradangan, mencerahkan kulit kusam, dan mengatasi minyak berlebih karena teh hijau kaya akan antioksidan.

Teh Super Sehat yang Perlu Diketahui
source: https://doktersehat.com


 

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan dan Kesehatan


Manfaat teh hijau tidak hanya baik untuk kesehatan dalam tubuh tapi juga untuk kesehatan kulit dan wajah. Teh hijau memliki beragam manfaat apa sajakah mereka? Berikut ini adalah sebagian kecil manfaat teh hijau untuk kecantikan dan kesehatan:

  1. Mempercantik kulit wajah. Teh hijau untuk wajah memang sudah dipercaya sejak dulu. Sesudah menyeduh teh hijau janganlah langsung membuang ampas teh hijaunya. Ampas teh hijau bisa digunakan untuk masker atau scrub wajah. 
  2. Mencegah penuaan. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung polifenol yang membantu untuk menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan signifikan di kulit dan mempercepat terjadinya proses penuaan.
  3. Mengobati jerawat. Sebuah jurnal medis bahkan melakukan penelitian khusus untuk teh hijau. Di dalam teh hijau ada kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.
  4. Membantu memobilisasi lemak dari sel lemak. Teh hijau diet banyak digemari ibu-ibu baik muda maupun senior karena teh hijau memang dikenal baik untuk membantu program diet. Teh hijau celup dipasaran pun banyak yang mengkhusukan diri untuk program penurunan berat badan. 
  5. Meningkatkan pembakaran lemak. Teh hijau celup untuk diet memang dipercaya mampu membantu pembakaran lemak. Mengapa masyarakat Jepang sering mendampingkan ocha panas saat sesi makan mereka karena dipercaya teh hijau mampu meningkatkan pembakaran lemak. 
Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan dan Kesehatan
source: https://gaijinpot.scdn3.secure.raxcdn.com

5 manfaat teh hijau ini hanya sebagian kecil dari manfaat lainnya. Jadi tidak ada ruginya kan moms mengkonsumsi teh hijau. Yuk kita mulai biasakan diri memanfaatkan teh hijau. Sehat dan natural. Selamat mencoba moms.