Telat Datang Bulan Tapi Tidak Hamil


Berkaca dari banyaknya kasus yang sering menimpa wanita Indonesia tentang telat haid tapi tidak hamil rasanya perlu untuk dijelaskan. Hal yang umumnya terjadi adalah rasa panik yang sering menghantui, takut jika ternyata ada penyakit di dalam tubuh.

Hal pertama yang harus ingat adalah jangan langsung panik, tapi cobalah tanya ke ibu apakah memiliki masalah yang sama saat usia muda, karena bisa jadi ini termasuk masalah genetik atau perhatikanlah apakah akhir-akhir ini Moms sering mengalami stres karena faktor pekerjaan atau tugas yang menumpuk.
Telat Datang Bulan Tapi Tidak Hamil
source: https://www.hipwee.com


 

Telat Datang Bulan 2 Minggu


Buat yang biasanya datang bulannya selalu lancar tapi tiba-tiba bisa telat hingga 2 minggu memang bikin jadi kepikiran. Telat datang bulan 2 minggu bukan berarti langsung hamil, tapi buat Moms di rumah yang sangat mendambakan buah hati, Moms pasti berharap banget agar bisa hamil.

Siklus menstruasi itu sebenarnya bisa dateng lebih cepat atau lebih lambat. Menurut dr. Mirra Mareta Supit yang dikutip dari Alodokter, biasanya siklus terjadi antara 21 hingga 35 hari yang dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir hingga hari pertama menstruasi selanjutnya. Telat datang bulan juga bisa dikarenakan beberapa faktor, mulai dari stres, hormonal, atau aktivitas yang terlalu berat. 
Telat Datang Bulan 2 Minggu
source: https://www.popmama.com


 

baca juga

Telat Datang Bulan 1 Bulan


Jika tadi telat datang bulan 2 minggu Moms masih bisa bersikap tenang, lain halnya jika sudah memasuki 1 bulan. Moms pasti punya harapan tinggi untuk memiliki buah hati, tapi nyatanya tidak hamil dan alhasil banyak pikiran negatif menghantaui.

Padahal banyak faktor yang membuat Moms telat datang bulan hingga genap 1 bulan, bukan karena memiliki penyakit di dalam tubuh. Sehingga hindarilah berpikir negatif dan jika sudah sangat mengganggu Moms bisa tanya ke dokter spesialis.
Telat Datang Bulan 1 Bulan
source: http://bali.tribunnews.com


 

Penyebab Telat Datang Bulan


Sebenarnya untuk mengetahui penyebab datang bulan bisa telat, Moms bisa mengeceknya sendiri lho, kenapa? Karena Moms lah yang paling tahu dengan kondisi tubuh sendiri bukan orang lain. Selain itu penyebab telatnya datang bulan juga bisa dari banyak faktor.
  • Stres dan pengaruh hormon
  • Aktivitas yang terlalu berat
  • Pil kontrasepsi
  • Menyusui
  • Berat badan yang rendah
Penyebab Telat Datang Bulan
source: https://hellosehat.com


 

baca juga

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan


Untuk mengatasi masalah siklus datang bulan, beberapa tips ini bisa coba Moms terapkan.
  • Sebisa mungkin hindari diri dari stres.
  • Berikan asupan gizi yang cukup pada tubuh.
  • Hindari pola hidup tidak sehat seperti merokok.
  • Jangan melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.
Cara Mengatasi Telat Datang Bulan
source: https://www.honestdocs.id

Jika Moms merasa telat datang bulan sudah lebih dari beberapa bulan segera konsultasi ke dokter spesialis sangat dianjurkan.