Teh Poci Gula Batu


Teh Poci gula batu adalah salah minuman teh khas Indonesia yang berasal dari Jawa. Biasanya disajikan di dalam teko dan cangkir yang terbuat dari tembikar. Minuman ini biasanya disajikan hangat ataupun dingin. 

Cara pembuatan teh poci gula batu sama seperti membuat teh lainnya, yaitu dengan menyeduh teh bersama air panas kemudian ditambah gula batu. Biasanya teh yang disajikan dengan gula batu dibiarkan begitu saja tidak perlu diaduk. 

Gula batu adalah karbohidrat kompleks sehat yang akan membuat pankreas tetap sehat dan tidak akan kelelahan. Karena hanya butuh 3 menit bagi tubuh dan pankreas untuk mengonversikan dan mengubah gula darah menjadi energi. Sehingga pankreas tidak akan merasa kelelahan. 


 

Teh Poci Tegal

 

source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia.com

Minum teh sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi orang Tegal. Di daerah Tegal budaya minum teh poci biasa disebut moci. Cara membuat teh poci di Tegal sama dengan pembuatan teh biasa. Hanya yang membedakan adalah tempat menyeduh teh yang biasa disebut poci terbuat dari tanah liat.

Di Tegal minum teh memiliki filosofi makna tersendi yaitu diibaratkan untuk mencapai kehidupan yang manis kita harus merasakan terlebih dahulu pahitnya perjuangan baru setelah itu kita bisa menikmati kesuksesan. Seperti meminum teh, pertama rasa pahit akan kita rasakan, setelah gula batu mulai mencair rasa manis bisa kita rasakan sedikit demi sedikit.

 

Image Source: https://id.pinterest.com
baca juga

Teh Poci Slawi


Slawi merupakan kota yang memproduksi teh poci dan asal mula budaya moci. Saat kita berkunjung ke sana akan banyak kita jumpai warung makan yang menyediakan teh poci yang diseduh dengan air hangat di dalam poci tanah liat lalu ditambahkan gula batu dan disajikan bersama aneka camilan.

Budaya moci sendiri sudah menjadi bagian keseharian masyarakat Slawi. Jika Moms sedang berkunjung ke sana, Moms bisa menyempatkan untuk mampir ke PT Gunung Slamet Slawi untuk melihat proses produksi teh poci. 

Tempat Menikmati Teh Poci Paling Enak di Yogyakarta


Di Yogyakarta sendiri budaya moci juga sudah menjadi keseharian masyarakatnya. Banyak tempat makan maupun warung yang menyediakan teh poci sebagai minuman utama. Bagi Moms yang ingin berkunjung ke Yogyakarta untuk menikmati nikmatnya teh poci, berikut ini rekomendasi tempat asyik untuk moci di Yogyakarta.

  • Teh Poci Kaliurang 
Jika sedang berada di Kaliurang, Moms bisa mencoba kehangatan teh poci di teh poci Kaliurang. Selain menjual teh poci, Moms juga bisa mentab aneka makanan yang menhangatkan badan.
  • Warung Poci Astomulyo
Teh poci di tempat ini disajikan dengan poci tanah liat yang tentunya akan semakin menambah kenikmatan rasa teh. Selain itu di warung ini juga menjual makanan pendamping untuk teman ngeteh seperti roti bakar dan bakmi Jawa. Tempat ini menjadi tempat favorit orang Yogyakarta untuk ngeteh lho Moms. 
  • Pura Pakualaman 
Menikmati suasana malam Yogyakarta ditemani hangatnya teh poci dengan gula batu menjadi daya tarik tempat ini. Selain itu ditempat ini banyak sekali jajanan atau makanan yang bisa dipilih sesuai selera, seperti sate usus, gorengan, roti bakar, jagung bakar, dan masih banyak lagi. 
 
baca juga

Teh Poci Franchise


Sekarang banyak sekali usaha franchise teh poci yang menjamur di mana-mana. Franchise teh poci dikendalikan oleh perusahaan besar yang sudah terpercaya dan memiliki cabang di mana-mana.

saha ini diminati oleh para pelaku usaha karena dengan modal kecil bisa meraup keuntungan yang besar. Selain itu franchise teh poci ini juga memiliki varian rasa yang banyak dan kemasannya yang menarik. Hanya dengan modal sekitar 5 hingga 7 juta, Moms sudah bisa menjadi mitra franchise teh poci.

Nah, itulah artikel seputar teh poci. Tertarik mencoba? Semoga bermanfaat.