Memiliki kulit wajah yang sehat, tentunya menjadi idaman bagi para wanita. Kulit wajah yang sehat dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang bahkan ketika tidak menggunakan makeup. Tapi bagaimana dengan wajah yang terlanjur ditumbuhi jerawat? Hmm enggak perlu khawatir, selama punya bawang putih dirumah, kamu bisa dengan mudah menghilangkan jerawat secara alami lho. Yuk simak manfaat apa saja yang terkandung dari bawang putih!

Manfaat Bawang Putih untuk Wajah

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi melebihi jeruk dan pepaya. Senyawa penting yang terkandung dalam bawang putih tersebut adalah alicin. Kandungan utama yang terkandung dalam senyawa alicin adalah asam sulfat. Selain memiliki kemampuan untuk menjadi antioksidan, senyawa tersebutlah yang membuat rasa bawang putih menjadi khas.
Manfaat Bawang Putih untuk Wajah

Bawang putih dapat dikonsumsi secara langsung atau dihancurkan lalu campurkan dengan segelas susu. Dr. Derek Pratt, seorang ilmuan dari Kanada menyatakan bahwa adanya reaksi yang sangat cepat antara asam sulfat jika bertemu dengan radikal bebas. Rutin mengkonsumsi bawang putih dapat berdampak positif pada wajah, karena kebutuhan antioksidan terpenuhi, maka kulit wajah menjadi lebih segar dan bebas dari kusam.

baca juga

Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat

Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat

Bawang putih juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat karena berperan sebagai antibakteri. Caranya sangat mudah lho, kamu cukup dengan memotong bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih ke spot yang berjerawat. Kemudian diamkan semalaman agar senyawa aktif yang terkandung dalam bawang putih dapat bekerja secara optimal.

Manfaat Bawang Putih untuk Bekas Jerawat

Manfaat Bawang Putih untuk Bekas Jerawat

Selain dapat menyembuhkan jerawat, bawang putih juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat lho. Caranya gampang banget nih, cukup ambil satu siung bawang putih lalu parut dan campurkan dengan 2 sendok makan air putih. Kemudian oleskan pada wajah, cukup diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. Mudah kan?

baca juga

Manfaat Bawang Putih dan Madu

Bagi pecinta masker, kamu juga dapat membuat masker sendiri lho di rumah. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencampurkan bawang putih dan madu. Caranya cukup dengan mencampurkan satu sendok teh madu dan bawang putih yang telah dicincang halus. Kemudian dioleskan pada wajah dan diamkan 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Manfaat Bawang Putih dan Madu

Bawang putih yang kaya akan alicin dapat bekerja menghancurkan bakteri jerawat, selain itu kandungan teurapetik pada madu dapat menyembuhkan ruam kulit dan mengurangi iritasi. Madu juga dikenal penyeimbang pH sehingga dapat mencegah bakteri datang.

Khasiat Bawang Putih untuk Jerawat dan Efek Sampingnya

Khasiat Bawang Putih untuk Jerawat dan Efek Sampingnya

Meskipun bawang putih memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat, akan tetapi harus diperhatikan penggunaannya. Pentingnya mengetahui jenis kulit sebelum melakukan perawatan merupakan hal yang utama. Penggunaan bawang putih sebagai obat jerawat sebaiknya tidak dilakukan jika kamu memiliki jenis kulit sensitif karena dapat mengakibatkan iritasi. Lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kecantikan kamu ya.