Terdengar seperti penyakit yang berbahaya ya, Moms. Apalagi jika dialami oleh si kecil yang masih bayi. Sebenarnya apa sih jantung bocor itu? Jantung bocor pada bayi baru lahir merupakan kelainan jantung yang termasuk Penyakit Jantung Bawaan (PJB) baik dalam struktur maupun fungsi jantung yang dapat terjadi saat bayi masih di dalam kandungan.

Kasus jantung bocor pada bayi umumnya disebabkan oleh kelainan dinding pemisah jantung yakni serambi atau bilik kiri dan kanan yang tidak tertutup sempurna sehingga menyebabkan darah yang masuk akan bercampur dengan darah yang akan keluar dari jantung. Sedangkan kasus lainnya yaitu kelainan katup jantung yakni adanya gangguan klep atau katup jantung yang terlalu sempit atau tidak menutup sempurna sehingga mengakibatkan aliran darah tidak dapat mengalir sebagaimana mestinya.

Jantung bocor pada bayi bisa disembuhkan kok, Moms. Tentunya jika terdeteksi sejak dini dan dengan penanganan yang tepat sehingga tingkat kesembuhan akan jauh lebih tinggi.

Apa Saja Penyebab Jantung Bocor pada Bayi?

Ada beberapa faktor nih Moms yang dapat memicu kelainan jantung bocor pada bayi, diantaranya sebagai berikut:
  1. faktor genetik yaitu riwayat kelainan jantung yang diturunkan dari Ibu atau Ayah bahkan anggota keluarga lainnya.
  2. Bisa juga disebabkan oleh infeksi virus seperti rubella atau campak Jerman yang dapat membahayakan pertumbuhan janin dan perkembangan organ jantung terutama pada 8-10 minggu pertama kehamilan.
  3. Efek dari obat-obatan yang dikonsumsi saat masa kehamilan terutama saat trimester pertama,
  4. Sampai dengan paparan bahan kimia yang dapat sangat mudah melalui saluran pernapasan dan kulit seperti cat, pestisida, pelarut yang sering digunakan pada industri tekstil dan paparan asap yang secara terus menerus.
Selain itu, penggunaan rokok dan alkohol juga dapat berpengaruh. Oleh karena itu, jaga dan batasi diri saat masa kehamilan demi kebaikan calon buah hati ya, Moms.
Apa Saja Penyebab Jantung Bocor pada Bayi?
source: https://1.bp.blogspot.com/-w-JRubSHKgM/WBnlIClBuiI/AAAAAAAAAQE/ZWHbaL3-tgg9uMZ90O95MB0g9Pg2Ju0NwCLcB/s1600/Jantung.jpg
baca juga

Seperti Apa Gejala Jantung Bocor pada Bayi?

Ini dia Moms gejala jantung bocor yang perlu di waspadai pada bayi:

  • Adanya kebiruan pada bibir, lidah atau kuku bayi
  • Bayi terlihat susah bernafas, sesak nafas atau nafas pendek
  • Berkurangnya nafsu makan dan mudah lelah
  • Berkeringat secara berlebihan terutama saat makan
  • Berat badan sulit naik bahkan cenderung menurun
  • Detak dan suara jantung yang terdengar tidak beraturan
​​http://info-kers.blogspot.com/2016/11/bagian-bagian-jantung-dan-fungsinya.html?m=1
 

Bagaimana Pengobatan Jantung Bocor pada Bayi?

Pilihan dari pengobatan jantung bocor pada bayi dapat bermacam-macam dan tergantung pada kondisi anak. Mulai dari kateterisasi, operasi jantung yang terbuka, obat-obatan hingga transplantasi jantung. Sebaiknya jangan terburu-buru dalam memilih pengobatan tersebut. Moms dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak atau dokter spesialis jantung dalam menentukan penanganan yang tepat.

Namun ternyata ada juga lho, Moms pengobatan jantung bocor pada bayi yang dapat dilakukan tanpa operasi. Yaitu dengan mengonsumsi Jelly Gamat Gold G yang merupakan produk herbal alami pilhan yang berbahan dasar ekstrak teripang emas.

https://www.jualo.com/terapi-dan-pengobatan/iklan-jelly-gamat-gold-g-320-ml-4055384