Ibu Hamil Makan Pedas Terus
 

Ibu Hamil Makan Pedas Bikin Bayi Belekan, Benar Nggak Sih?
source: https://menstrual-cycle-calculator.com/


Tidak bisa dipungkiri, makanan pedas memang selalu menggugah selera makan, khususnya bagi sebagian besar orang pecinta makanan pedas. Apalagi jika Mommy memang merupakan penggemar makanan pedas sejak dulu.

Pasti larangan-larangan makan pedas selama hamil akan membuat Mommy menjadi kehilangan nafsu makan. Ditambah lagi dengan isu-isu mengenai dampak makan makanan pedas saat hamil yang dapat menyebabkan bayi belekan. Tapi, apa benar?
 


Ibu Hamil Makan Pedas Apa Boleh
 

Ibu Hamil Makan Pedas Bikin Bayi Belekan, Benar Nggak Sih?
source: https://www.ultrawellnesscenter.com/


Perlu dipahami, makan pedas selama kehamilan tidak akan mempengaruhi tumbuh kembang dan kondisi janin dalam kandungan. Namun, pahamilah bahwa makanan makanan pedas dapat memberikan dampak langsung pada kondisi tubuh ibu hamil dengan respon yang berbeda-beda.

Sebagian para ibu mungkin dapat mengonsumsi makanan pedas tanpa merasakan adanya efek samping atau masalah. Akan tetapi, ada pula sebagian besar ibu hamil lain yang merasakan mulas dan gangguan pencernaan hingga memicu morning sickness yang semakin parah. 
 

baca juga


Ibu Hamil Makan Pedas Apakah Bahaya
 

Ibu Hamil Makan Pedas Bikin Bayi Belekan, Benar Nggak Sih?
source: https://www.romper.com/


Meskipun tidak secara langsung memberikan bahaya, diare yang disebabkan mengonsumsi makanan pedas dapat membuat penyerapan gizi makanan menjadi tidak sempurna. Apalagi jika tidak diikuti dengan asupan air yang cukup, kondisi ini berisiko tinggi hingga dapat memicu dehidrasi.

Jadi, jika Mommy memang menyukai makanan pedas, pastikan untuk mengetahui batasan dan tidak mengonsumsinya terlalu sering. Imbangi juga dengan makan makanan yang sehat dan bergizi.
 


Ibu Hamil Makan Pedas Perut Sakit
 

Ibu Hamil Makan Pedas Bikin Bayi Belekan, Benar Nggak Sih?
source: https://www.momjunction.com/


Sama seperti orang pada umumnya, para ibu hamil yang gemar makan pedas juga dapat mengalami sakit perut. Ini dapat terjadi akibat risiko sakit maag dan beragam masalah pencernaan lain yang mungkin terjadi saat hamil.

Pasalnya, mengonsumsi makanan pedas saat masa kehamilan dapat memicu mulas dan refluks asam. Untuk mengatasinya, Mommy dapat mengimbangi asupan makanan pedas dengan segelas susu atau satu sendok makan madu yang dapat mencegah atau mengurangi sakit maag.
 

baca juga


Ibu Hamil Makan Pedas Bayi Belekan
 

Ibu Hamil Makan Pedas Bikin Bayi Belekan, Benar Nggak Sih?
source: https://day2dayparenting.com/


Nah, terakhir, seperti yang sudah diungkapkan di atas, makanan pedas sama sekali tidak memberikan pengaruh pada kondisi janin dan tumbuh kembangnya. Jadi, makan makanan pedas tidak berpengaruh pada bayi yang belekan saat dilahirkan.

Akan tetapi, bukankah lebih baik Mommy menjaga asupan tetap sehat dan seimbang untuk mengurangi risiko diare dan dehidrasi yang dapat berdampak serius pada kehamilan. Dengan begitu, Mommy dapat memastikan bahwa asupan gizi dan nutrisi si kecil dalam kandungan dapat terpenuhi dengan baik.