Buah Alpukat sebagai MPASI


Soal kapan waktu yang tepat bagi bayi untuk mengonsumsi alpukat, moms dapat memberikan makanan ini saat bayi berusia 6 bulan, atau minimal 4 bulan. Jika perlu, moms dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan waktu yang tepat untuk pemberian MPASI.

Sebagai makanan pendamping ASI, pastikan moms jeli memilih buah alpukat yang baik dan segar. Hindari alpukat dengan bintik hitam atau kerusakan lain yang tampak pada kulit. Pilih yang memiliki warna kulit agak gelap dan terasa lembut saat ditekan. Jangan pula memilih alpukat yang terlalu keras atau terlalu lembek.

Penyajiannya juga cukup gampang. Belah alpukat di sisi tengah, sisihkan bijinya dan ambil isinya dengan menggunakan sendok. Haluskan isi alpukat menggunakan blender sampai benar-benar halus. Jika bayi masih berumur 4-6 bulan, alpukat disajikan sangat halus atau encer. Moms bisa menambahkan air atau ASI maupun susu formula untuk menghaluskannya. Apabila bayi sudah berumur 6-8 bulan, alpukat bisa disajikan dalam bentuk yang lebih kental.

Buah Alpukat sebagai MPASI
source: https://www.alodokter.com


 

Manfaat Alpukat untuk Bayi


Manfaat alpukat untuk bayi mpasi sangat beragam. Adapun manfaat alpukat untuk bayi usia 6 bulan sampai setahun adalah:

  • Sumber protein 

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, menjadikannya pilihan tepat bagi MPASI. Selain itu, buah ini juga mengandung sedikit karbohidrat sehingga bayi aman dari konsumsi gula yang berlebihan.

  • Membantu proses perkembangan otak bayi

Alpukat juga mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. 

  • Memenuhi beberapa asupan nutrisi

Beberapa nutrisi penting lainnya yang terdapat pada buah alpukat adalah kandungan asam folat, vitamin C, vitamin K dan mineral. Asam folat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah pada bayi. Vitamin C dan K berguna untuk proses tumbuh kembang bayi. Sedangkan kandungan mineral baik untuk fungsi syaraf dan otak.

  • Membantu menjaga kesehatan kulit bayi
Manfaat alpukat untuk bayi 7 bulan adalah juga dapat melindungi kesehatan kulitnya. Ini dikarenakan kandungan vitamin E yang terdapat pada buah ini.
  • Memperlancar saluran cerna

Serat merupakan salah satu kandungan alpukat yang memiliki peranan penting untuk memperlancar proses pencernaan bagi bayi.

  • Bersifat antimikroba

​Penelitian menunjukkan bahwa alpukat memiliki sifat antimikroba yang dapat mengendalikan strain bakteri merugikan secara signifikan.

  • Bersifat antioksidan

Alpukat mampu menetralisir radikal bebas yang ada dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan sel-sel di dalam tubuh.

  • Melindung hati

Manfaat alpukat untuk bayi 10 bulan adalah membantu melindungi organ hati bayi yang sedang berkembang agar tetap sehat.

Manfaat Alpukat untuk Bayi
source: https://www.reallyrisa.com

Itu dia beberapa manfaat alpukat untuk bayi 1 tahun dan usia dibawahnya. Yuk moms, jadikan alpukat sebagai menu mpasi untuk si buah hati.