Ubah Pola Pikir


Yang perlu diingat adalah kartu kredit bukanlah sumber dana ataupun data talangan. Pada dasarnya, kartu kredit didesain agar transaksi menjadi mudah dan cashless. Jangan menjadikan kartu kredit sebagai alat pembayaran utama.

Mau makan, beli baju hingga belanja kebutuhan bulanan pakai kartu kredit? Jangan sampai, Moms! Ujung-ujungnya, tagihan kartu kredit membengkak tidak karuan. Hindari hal tersebut dan gunakan secara bijak ya. Sesuaikan juga limit kartu kredit dengan gaji atau pendapatan. Sebagai contoh, kartu kredit BNI memiliki limit yang cukup beragam dan dapat disesuaikan
Ubah Pola Pikir
source: http://creditsesame.com


 

Beli Kebutuhan bukan Keinginan


Tips belanja dengan kartu kredit adalah selalu membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Sudah jelas, Moms perlu beli kebutuhan terlebih dahulu baru keinginan. Pastikan kebutuhan rumah tangga terpenuhi terlebih dahulu, seperti kebutuhan primer, stok makanan, sabun dan barang lainnya yang selalu habis tiap bulan.

Sedangkan kebutuhan sekunder, seperti baju dan gadget bisa menyusul setelah kebutuhan terpenuhi. Tapi ingat, selalu beli barang yang pasti Moms pakai ya. Jangan sampai membeli barang yang sebenarnya tidak perlu.
Beli Kebutuhan bukan Keinginan
source: http://creditwalk.ca


 

baca juga

Manfaatkan Promo


Tidak perlu malu kalau belanja pakai promo, Moms. Justru dengan adanya promo, bisa menghemat pengeluaran dan tidak membuat tagihan kartu kredit membengkak. Tidak hanya promo cicilan 0 %, tapi beragam diskon dan potongan bahkan cashback tersedia di mercant yang kerjasama dengan bank penyedia kartu kredit.

Sebagai contoh, promo 25 % pemesanan tiket di Traveloka menggunakan kartu kredit BRI atau promo cicilan 0 % untuk pemesanan pesawat menggunakan kartu kredit Mandiri. Dan lagi beberapa kartu kredit punya program poin yang dapat ditukar di berbagai merchant.

Manfaatkan Promo
source: http://kartukreditbri.co.id


 

Usahakan Bayar Cash


Walaupun promo kartu kredit beragam, sebagai contoh kartu kredit BCA yang banyak menggandeng merchant menarik, sesungguhnya hal itu hanya menunda pembayaran saja. Untuk barang-barang yang harganya tidak seberapa, lebih baik membayar cash daripada harus berhutang pada kartu kredit. Tidak ada hutang lebih baik kan?

Selalu tahan diri dan pastikan apakah benar-benar butuh untuk berbelanja atau tidak. Hindari berpergian dan nongkrong dengan membawa kartu kredit. Karena tanpa sadar, tiba-tiba tergoda untuk beli pakaian model terbaru dan berujung menggunakan kartu kredit. Usahakan membayar cash saat shopping atau membeli makan. Penggunaan kartu kredit adalah opsi paling terakhir.

Usahakan Bayar Cash
source: http://idntimes.com


 

baca juga

Catat Tagihan Kartu Kredit


Kadang Moms malas melihat tagihan kartu kredit dan asal bayar saja, tahu-tahu gaji bulan ini habis entah kemana. Karena itu, Moms harus cermat dan teliti dalam mencatat pengeluaran apa saja yang menggunakan kartu kredit. Catat berapa nominal, cicilan berapa persen hingga jatuh temponya kapan.

Agar bisa mengalokasikan pembayaran tagihan kartu kredit dan cash flow terkontrol kembali. Saat ini, cukup banyak bank penyedia kartu kredit yang menyediakan tagihan kartu kredit online. Tidak perlu menunggu surat tagihan kartu kredit datang. Moms bisa mengeceknya di website bank penyedia kartu kredit.
Catat Tagihan Kartu Kredit
source: http://moneyunder30.com
Nah, itu dia tips agar tagihan kartu kredit tidak membengkak. Punya kartu kredit memang asyik, tapi harus diimbangi dengan tidak memakainya secara berlebihan. Tidak ada salahnya berhemat kok Moms, agar keuangan lebih sehat!