Kandungan Penting Jantung Pisang dalam Setiap Sajian

Resep Olahan Jantung Pisang yang Sedap & Kaya Nutrisi untuk Keluarga

Jantung Pisang memiliki kandungan kalori, senyawa protein, lemak, zat karbohidrat. Serta dilengkapi dengan   vitamin A, B1, C, dan mineral penting berupa fosfor, kalsium dan Fe (zat besi).

Banyaknya nutrisi dalam jantung pisang bukan hanya baik untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan lho Moms. Zat flavonoid senyawa aktif yang terdapat dalam jantung pisang mampu menjadi anti-aging karena dapat meremajakan sel-sel dan juga dapat bersifat sebagai anti radikal. Wah lengkapnya nutrisi bikin ketagihan buat jadiin menu keluarga ya Moms. 

Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan Keluarga 

Resep Olahan Jantung Pisang yang Sedap & Kaya Nutrisi untuk Keluarga

Jantung pisang dapat berfungsi untuk mencegah penyakit stroke, kolesterol, diabetes bahkan kanker. Pada penyakit kanker, estrak metanol dalam jantung pisang bekerja sangat baik untuk mencegah radikal bebas atau sebagai anti oksidan. Zat besi pada jantung pisang akan menambah kandungan hemoglobin dalam darah.

Jantung pisang untuk asam urat sangatlah baik sebab zat potasium yang terkandung didalamnya mampu membantu menyembuhkan dengan cepat. Peradangan dan pembengkakkan sendi pun akan bisa berkurang.

Untuk program diet mengkonsumsi jantung pisang yang tinggi serat mampu memberikan kesan kenyang lebih lama serta melancarkan pencernaan . Untuk Moms yang suka nyeri saat datang bulan, konsumsi dalam bentuk rebusan airnya. Dengan begitu hormon progesteron yang mengontrol keluarnya darah akan stabil.

Bagi ibu hamil produksi asi pun bisa semakin melimpah, jadi Moms enggak perlu ragu lagi dong buat komsumsi jantung pisang.

baca juga

Resep Asik Jantung Pisang untuk Menu Harian

Resep Olahan Jantung Pisang yang Sedap & Kaya Nutrisi untuk Keluarga

Mengolah jantung pisang memang bukan hal sulit, namun butuh tips dan trik jitu agar olahannya makin sedap. Untuk menghilangkan getahnya dapat dilakukan dengan cara merebus jantung pisang pada air mendidih, tenggelamkan agar tidak muncul warna hitam. Tunggu hingga empuk lalu buang air rebusan. Jantung pisang siap diolah tanpa rasa getah.

Resep jantung pisang untuk camilan yang pasti disukai keluarga misalnya jantung pisang crispy. Bahan-bahannya adalah:

  • 1 buah jantung pisang
  • 1 butir telur
  • 1 bungkus tepung bumbu
  • Minyak goreng secukupnya
Resep Olahan Jantung Pisang yang Sedap & Kaya Nutrisi untuk Keluarga

Cara memasak:

  1. Pertama kupas jantung pisang, ambil bagian putihnya saja (seperti bunganya) lalu cuci bersih beri sedikit garam agar getahnya hilang.
  2. Pecahkan telur kocok lepas.
  3. Siapkan loyang, tuangkan tepung bumbu
  4. Ambil bunga jantung pisang letakkan pada tepung, lalu masukkan ke kocokan telur, campur lagi dengan tepung. Lakukan hal yang sama sampai adonana habis.
  5. Panaskan minyak, ambil bunga pisang tersebut lalu goreng. Bolak-balik agar matangnya merata. Jika warna sudah kekuningan angkat. Jantung pisang crispy siap disajikan.
baca juga
Resep Olahan Jantung Pisang yang Sedap & Kaya Nutrisi untuk Keluarga

Perlu diperhatikan, tidak semua  jantung pisang dapat diolah menjadi makanan sedap. Pilihlah dari jenis pisang kepok, batu, maupun siam karena jantung pisang ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk diolah.

Segala makanan itu pada dasarnya baik dan membawa manfaat dalam tubuh kita. Jantung pisang adalah contohnya, dengan mengolah yang benar mampu menjadikannya makanan nikmat keluarga. Namun komsumsi tiap makanan harus selalu berimbang karena apapun yang berlebih itu tidak baik ya Moms. Selamat mencoba Moms!