Perkembangan Bayi di Usia 5 Bulan 

Cari Tahu Yuk Moms Perkembangan Bayi 5 Bulan dan Stimulasi Agar Cepat Duduk

Perkembangan bayi 5 bulan bisa apa saja sih? Pada usia 5 bulan bayi sudah bisa menoleh pada suara yang datang. Mampu mengekpresikan emosi, seperti marah dan senang. Bayi mulai mengamati benda-benda di sekelilingnya. Pandangan anak akan mulai terfokus atau mengarah pada benda tertentu.

Anak akan mulai memberikan interaksi pada orang sekitar dan lingkungan contohnya memberikan ciuman dan pelukan. Sedangkan perkembangan bayi 5 bulan keatas, tepatnya mendekati 6 bulan si kecil akan mulai belajar untuk meraih benda atau memegang sesuatu. Mulai mengamati benda dengan memindahkannya. Memegang dan menjatuhkan apa saja.

Pada usia 5 bulan anak mulai mengucap kata,  misalnya "ma" , "pa" , "ba" atapun yang lainnya. Banyak sekali perkembangan pada usia ini yang membuat Moms makin bersemangat. Suasana rumah juga akan lebih berwarna ya Moms dengan suara buah hati.

Mempelajari Pola & Jam Tidur Bayi 5 Bulan

Cari Tahu Yuk Moms Perkembangan Bayi 5 Bulan dan Stimulasi Agar Cepat Duduk

Perkembangan bayi yang kian aktif membuat pola tidur bayi 5 bulan sudah makin mendekati jam istirahat pada umumnya. Delapan jam adalah jumlah waktu yang dibutuhkan bayi usia 5 bulan untuk tidur hal ini sesuai dengan penelitian Dr Jacqueline Henderson dari University of Canterbury di New Zealand. Pada usia 5 bulan bayi akan lebih tenang saat tidur, tidak lagi mudah terbangun.

Agar bayi tidur lelap, buatlah lingkungan tidur yang tenang, gelap, temperatur yang tepat. Tentukan rutinitas dan jadwal tidur yang konsisten tiap malam. Jadi, Moms bisa lega dan ikut beristirahat untuk menyiapkan energi lebih di pagi hari.

baca juga

Stimulasi yang Tepat untuk Si Kecil pada Usia 5 Bulan

Cari Tahu Yuk Moms Perkembangan Bayi 5 Bulan dan Stimulasi Agar Cepat Duduk

Stimulasi bayi 5 bulan diberikan bertujuan melatih motorik, kognitif, serta komunikasi sehingga terbentuk dengan baik. Pelatihan motorik misalnya pada stimulasi bayi 5 bulan agar cepat duduk. Biarkan si kecil belajar duduk sendiri, beri waktu dan jangan segera dibantu. Anak biasanya akan duduk dengan posisi tangan sebagai penopang tubuh.

Namun bila masih dirasa kesulitan, moms bisa gunakan bantal dengan bentuk U atau bisa dengan mendudukkannya pada sudut sofa untuk membantu menopang tubuhnya. Selalu awasi dan berikan  benda-benda lembut sebagai batasan agar aman.

Stimulasi kognitif kaitannya dengan kecerdasan. Moms bisa melakukan stimulasi sederhana seperti menutupi mainan anak dengan kain. Lihat reaksi anak dan biarkan anak mencari solusi. Stimulasi lain dapat diberikan dengan membunyikan benda kemudian buat si kecil untuk mengikutinya. Dengan begitu kita akan tahu kepekaan buah hati.

Cari Tahu Yuk Moms Perkembangan Bayi 5 Bulan dan Stimulasi Agar Cepat Duduk

Stimulasi lain yaitu komunikasi, dilakukan dengan menyebutkan benda-benda yang sedang kita pegang maupun dibawa anak. Dengan begitu anak akan belajar serta mampu menyebutkan benda. Jika si kecil merespon dengan ucapan kurang jelas maka Moms hanya perlu mengucapkan dengan lisan yang tepat. Agar anak biasa mengucapkan dengan pengucapan yang tepat.
 
Stimulasi pada anak membantu tumbuh kembang si keci lebih baik, namun bukan berarti tumbuh kembang semua anak sama ya, Moms. Patokan waktu hanya diberikan agar kita memahami kemampuan yang di miliki anak pada usia yang tepat bukan untuk membandingkan. Jadi stimulasi anak untuk selalu belajar sesuai kesiapannya ya Moms.