Antibiotik ini mengandung zat aktif amoxicilin dan memiliki spektrum sedang. Antibiotik ini tersedia dalam 2 bentuk, yaitu hufanoxil kaplet dan Hufanoxil Dry Sirup untuk anak. Nah, agar Moms tidak salah, yuk cari tahu lebih jauh tentang kandungan dan efek samping Hufanoxil. Berikut ulasannya Moms.

Hufanoxil Kaplet

Hufanoxil kaplet diedarkan dalam 2 ukuran, yaitu dos 10 x 10 Kaplet Hufanoxil 250 mg dan dos 10 x 10 Kaplet Hufanoxil 500 mg. Antibiotik yang satu ini bukan termasuk obat yang dijual bebas di pasaran, jadi Moms harus meminta resep dari dokter untuk membelinya. Hufanoxil kaplet ini mengandung zat aktif seperti Amoxicillin 250 mg/ caplet dan Amoxicillin 500 mg/caplet.

Dosis & Cara Mengonsumsi

  • Dewasa : 250 - 500 mg 3 - 4 kalil sehari
  • Anak < 20 kg : 20 - 40 mg/kg BB/hari dibagi 3 dosis 
Wajib Tahu! Apa Saja Kandungan Hufanoxil dan Efek Sampingnya?
source: https://www.halodoc.com/
Obat ini digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap amoxicillin, diantaranya infeksi saluran pernapasan seperti amandel, bronkiektasis, dan pneumonia, infeksi saluran kemih sepertu pielonefritis, sistitis, uretritis, dan gonore, serta infeksi kulit dan jaringan lunak seperti luka, selulitis, furunkulosis, dan pioderma.

Tidak hanya itu, hufanoxil untuk sakit gigi juga bisa lho, Moms. Selain itu hufanoxil untuk ibu hamil juga aman kok Moms. Jadi untuk Moms yang saat ini tengah mengandung, tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi obat ini. Harga hufanoxil kaplet sekitar Rp 15 Ribu per strip-nya.

Seperti lazimnya obat, Hufanoxil pun juga memiliki efek samping jika dikonsumsi. Apa saja sih Moms efek samping yang dapat terjadi?
  • Efek samping pada saluran pencernaan seperti mual, muntah, dan antibiotik kolitis. Kadang-kadang diare juga dapat terjadi.
  • Efek samping lain yang bisa ditimbulkan adalah ruam eritematosa makulopapular, urtikaria, ruam kulit, dan serum sickness. 
  • Meski jarang terjadi namun obat ini juga dapat menimbulkan perubahan mental, sakit kepala ringan, insomnia, kebingungan, kecemasan, kepekaan terhadap cahaya dan suara, dan berpikir tidak jelas.

Hufanoxil Syrup


Tidak jauh berbeda dengan Hufanoxil Kaplet, Hufanoxil Syrup baru bisa Moms beli dengan resep dokter. Obat antibiotik untuk anak ini dipasarkan dalam bentuk botol kaca berukuran 60 ml. Hufanoxil Syrup mengandung zat aktif Amoxicillin  125 mg/ 5 ml syrup kering. 

Dosis dan Cara Mengonsumsi
  • Dewasa : 250 - 500 mg 3 - 4 kalil sehari
  • Anak < 20 kg : 20 - 40 mg/kg BB/hari dibagi 3 dosis 
Hufanoxil Syrup
source: https://www.tokopedia.com/
Hufanoxil Dry Sirup digunakan untuk membantu mengobati infeksi yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri. Penggunaan Hufanoxil Dry Sirup yang tidak tepat dosisnya bisa menyebabkan bakteri menjadi kebal dan menyebabkan penurunan efektifitas obat ini.

Untuk harga hufanoxil syrup terjangkau kok Moms. Hanya Rp 5 Ribu dan Moms bisa mendapatkan obat ini di apotek atau Moms juga bisa membelinya di toko-toko online seperti tokopedia atau bukalapak.
baca juga

Nah Moms, sekarang sudah tahu kan efek samping dan kegunaan Hufanoxil baik kaplet maupun syrup. Dengan begitu Moms akan lebih tenang memberikan obat pada anak atau ketika mengonsumsinya sendiri. Yuk Moms, selalu jaga kesehatan, ya.