Seledri Jepang

Seledri Jepang atau tanaman yang memiliki nama asli ashitaba ini merupakan tanaman yang berasal dari Negara Jepang, tepatnya Pulau Hachi Jo atau Pulau Panjang Umur. Mengapa disebut Pulau Panjang Umur? Ternyata mayoritas masyarakat di pulau ini memiliki umur yang panjang yaitu hingga usia 90-an. Setelah diteliti, ternyata setiap harinya mereka mengonsumsi daun ashitaba sebagai makanan sehari-hari. Tanaman ini kaya akan anti-oksidan sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Moms, Kenalan Yuk Sama Ashitaba Si Seledri Jepang yang Kaya Manfaat
source: http://4.bp.blogspot.com/-y0UekVWcmcI/Tf9fbEi3guI/AAAAAAAAABk/GLKz_VEsJkE/s1600/ashitaba+leaf.jpg

Manfaat Seledri Jepang untuk Kesehatan

Tanaman ashitaba sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Tanaman ini sangat bagus digunakan untuk rambut karena mengandung banyak vitamin E. Selain itu, tanaman ini juga dapat mencegah penyakit kanker karena ashitaba mengandung zat aktif berupa Xanthoangelol dan 4-hydroxyderricin yang terkenal sangat ampuh mencegah pertumbuhan sel kanker. Manfaat lain tanaman ini untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan mata, hati, dan ginjal dan banyak manfaat lainnya.

Moms, Kenalan Yuk Sama Ashitaba Si Seledri Jepang yang Kaya Manfaat
source: http://agriculture.com.ph/wp-content/uploads/2018/03/GrowingAshitaba2.png
baca juga

Seledri Jepang Sebagai Obat

Karena mengandung banyak vitamin dan zat aktif di dalamnya, tanaman ashitaba ini sangat banyak digunakan sebagai bahan dasar obat. Penyakit yang dapat dicegah menggunakan tanaman ini antara lain kanker, tumor, tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Tanaman ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata, memperbaiki fungsi hati dan ginjal, menurunkan kolesterol, dan lain-lain.

Moms, Kenalan Yuk Sama Ashitaba Si Seledri Jepang yang Kaya Manfaat
source: https://www.rakuten.ne.jp/gold/e-cha/item/images/ashitaba-powder3.jpg

Budidaya Seledri Jepang

Ashitaba merupakan tanaman asli Jepang yang ternyata bisa tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia. Salah satu kota tempat budidaya tanaman ini yaitu Mojokerto. Tanaman ini dapat tumbuh subur disana, dan digunakan untuk bahan dasar farmasi karena memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Awalnya masyarakat tidak mau membudidayakan tanaman ini karena dirasa tidak memiliki manfaat. Namun setelah tahu tanaman ini kaya akan manfaat, masyarakat langsung bersemangat membudidayakannya.

Moms, Kenalan Yuk Sama Ashitaba Si Seledri Jepang yang Kaya Manfaat
source: https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/61gxsMt-oOL.jpg
baca juga

Seledri Jepang di Indonesia

Di Indonesia, ashitaba ditanam dan dibudidayakan di kota Trawas. Awalnya tanaman ini dibawa ke Indonesia hanya sebagai bahan penelitian. Namun sekarang sudah terdapat 30 hektar tanah yang digunakan untuk menanam ashitaba. Udara yang sejuk dan bebas polusi membuat ashitaba tumbuh subur di Trawas. Saat ini lahan yang terdapat di lereng gunung tersebut digunakan juga sebagai lahan bisnis oleh masyarakat sekitar karena banyaknya permintaan terhadap tanaman ashitaba.

Moms, Kenalan Yuk Sama Ashitaba Si Seledri Jepang yang Kaya Manfaat
source: https://suburonlineblog.files.wordpress.com/2016/12/pekebun-ashitaba.jpg

Demikian beragam manfaat dari ashitaba atau seledri Jepang. Semoga bermanfaat ya, Moms.