Cari Tahu Tentang Reksadana


Sebelum kita berlanjut ke beragam macam reksadana kita harus kenalan dulu nih moms. Apa sih sebenarnya reksadana dan apakah reksadana investasi beresiko tinggi? 

Reksadana menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27): “Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.”

Jadi secara sederhananya adalah kita nih moms akan menjadi pemodal. Kita akan mengumpukan uang kita ke seorang manajer investasi. Si manajer investasi ini nantinya akan menyalurkan dana dari pemodal untuk sebuah instrumen contohnya saham, obligasi, atau deposito. 

Reksadana memang jauh lebih aman dibandingkan dengan kita langsung bertransaksi saham sendiri, reksadana lebih aman karena reksadana merupakan instrumen investasi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, serta manajer investasi yang mengelolanya juga terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi moms tidak perlu khawatir dana moms akan hilang. Tapi bukan berarti bisa asal percaya ya moms. Penting untuk memastikan ke mana uang moms akan disalurkan. 

Cari Tahu Tentang Reksadana
source: http://reksadana.danareksaonline.com


 

Macam-Macam Investasi Reksadana yang Bisa Dipilih


Untuk memulai aktifitas reksadana penting diperhatikan pemilihan manajer investasinya nih moms. Pastikan yang moms pilih terpercaya dan sudah diawasi oleh OJK sehingga dana moms dijamin aman. Dan yang menyenangkannya lagi dijaman sekarang ini investasi reksadana kini tidak perlu repot seperti dulu. Sekarang moms bisa melkaukan investasi reksadana online yang mumpuni dan terpercaya. Salah satu investasi reksadana online yang terpercaya adalah investasi reksadana tokopedia. 

Tokopedia bukan hanya sebuah e-commerce tapi juga menyediakan fasilitias manajer investasi untuk reksadana dengan agen penjual bareksa dan diawasi oleh OJK. 

Untuk memulai transaksi jual beli reksadana via tokopedia juga sangatlah mudah moms.  Cukup buat akun Tokopedia dan isi formulir Tokopedia Reksadana. Setelah akun investasi (SID dan IFUA) dibuat, moms dapat memulai aktivitas pembelian dan penjualan unit penyertaan reksadana. Semua aktivitas dilakukan secara online tanpa biaya tambahan apa pun. Keuntungan yang diperoleh bisa mencapai 7% per tahunnya. Untuk kategori investasi nominal tersebut bisa dibilang tinggi. 

Kalau misalnya moms tipe yang mau lebih yakin, tidak masalah repot mengunjungi merchant yang penting aman bisa juga berinvestasi reksadana melalui bank yang moms gunakan. 

Investasi reksadana BNI dan investasi reksadana Mandiri bisa menjadi pilihan moms. Mengunjungi dan langsung bertanya-tanya ke tempat akan membuat moms lebih jelas lagi ya. 

Macam-Macam Investasi Reksadana yang Bisa Dipilih
source: https://okeinfo.net

Untuk moms yang ingin memastikan nilai-nilai reksadana apakah sesuai dengan hukum islam juga tidak perlu khawatir karena juga ada investasi reksadana syariah. 

Memangnya apa sih bedanya investasi reksadana syariah dengan konvensional? 
Reksadana syariah adalah instrumen investasi yang cara kerjanya mirip dengan reksadana konvensional. Manajer Investasi akan membuat sebuah portofolio investasi yang kemudian disebut sebagai reksadana syariah.

Perbedaannya dengan reksadana konvensional adalah produk investasi yang dikelola telah memenuhi syarat-syarat syariah. Berbeda dengan reksadana konvensional yang bisa mengelola investasi mana saja, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk kategori reksadana syariah. 

Beberapa pilihan investasi reksadana syariah moms bisa memlihi perusahaan sekuritas yang telah melakukan penjualan reksadana syariah dengan sistem supermarket online yaitu IPOT Fund (Indo Premier Securities), POEMS Syariah (Philips Securities), dan Bareksa.

Selain investasi reksadana online syariah seperti di atas, moms bisa juga mengunjungi bank yang sudah berpredikat syariah biasanya disana juga tersedia pilihan reksadana syariah.

Bagaimana menarik bukan moms? Jadi yuk kita mulai berinvestasi.