Buah Bit untuk bayi

Buah bit untuk bayi sangat bagus karena mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan, beberapa diantaranya penyembuhan anemia, meningkatkan pencernaan, perlindungan hati atau hepatoprotektif, agen pembersih untuk tubuh dan peningkatan aktivitas otak dan pengembangannya.

Buah bit sendiri termasuk golongan umbi-umbian yang kaya akan manfaat seperti vit C, magnesium, asam folat, fosfor, betasianin, kalium dan serat. Buah bit juga berguna untuk menstabilkan sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia pada anak. Serta kandungan anti oksidan didalamnya berperan penting menjaga sistem saraf otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otak si kecil.

Periode yang ideal memberikan buah ini adalah antara 8-10 bulan, tetapi dari beberapa sumber bisa mulai dari 6 bulan. Tapi ada hal yang perlu diperhatikan adalah adanya kandungan Nitrat yang cukup tinggi pada buah ini sehingga sebaiknya diberikan pada bayi usia 8 bulan saja. Kandungan Nitrat dapat menyebabkan kondisi yang disebut sindrom baby blue atau methemoglobinemia, sehingga disarankan hanya dalam porsi kecil sekitar 1-2 sendok teh dan usia 8-10 bulan.

Selain itu jika bayi mengalami diare sebaiknya jangan dulu diberikan. Terlebih jika bayi menderita penyakit gastroesophageal (GERD), khusus masalah ini perlu konsultasikan dulu ke dokter sebelum diberikan kepada bayi.
Buah Bit untuk bayi
source: http://www.makananbayi-sehat.com/2018/03/buah-bit-untuk-bayi-cara-mengolahnya.html
Jangan khawatir jika kotoran bayi berwarna merah muda ketika konsumsi buah bit karena itu merupakan kondisi yang normal.
source: http://www.makananbayi-sehat.com/2018/03/buah-bit-untuk-bayi-cara-mengolahnya.html

Saat ingin menyajikan buah bit untuk buah hati moms, pilihlah yang segar dan berukuran sedang jangan terlalu besar. Sebaiknya berukuran 3-4 inci, karena semakin besar rasanya menjadi tidak enak.

Pemilihan buah bit yang baik adalah yang tidak bercacat atau pun memar, pilih lah yang mulus. Bit yang dipilih bisa warna merah, kuning dan yang paling terkenal berwarna ungu. Jika memungkinkan pilih yang masih ada bagian atasannya berwarna hijau bahan bagus juga yang masih berdaun.

Jika ingin menyimpan, simpanlah setelah memotong bagian hijau di bagian atas sayuran didalam kulkas dan dijaga agar tetap dingin, karena jika dingin maka buah bit akan tahan lama hingga hampir 1 minggu.

Cara yang paling mudah dalam mengolah adalah dengan mengukus atau merebus selain itu bisa juga dipanggang ataupun di buat jus. Dengan dikukus atau direbus maka kandungan nitratnya akan semakin berkurang. Pada saat ingin memberikan dalam bentuk jus sebaiknya buah bitnya dikukus atau direbus terlebih dahulu. Selain mengurangi kandungan nitrat bit rebus juga mengandung vitamin A beta karoten yang lebih banyak.

Bit harus dikupas sebelom diolah karena kulitnya sulit dicerna bahkan oleh orang dewasa sekalipun. Potong-potong bit terlebih dahulu baru kemudian dimasak.

  • Rebus air dalam panci sedang.
  • Tambahkan irisan bit dan masak hingga empuk (hampir 15 menit).
  • Tiriskan bit. Untuk menghentikan proses memasak siram dengan air dingin.
  • Haluskan bit tersebut dengan blender, jika diperlukan bisa ditambahkan dengan air.
Jika ingin dipanggang, masukan dalam kertas foil dan dimasak selama satu jam pada suhu 180 derajat Celcius.

Makanan yang baik dicampurkan dengan buah bit, antara lain:
  • Apel
  • Kentang
  • Kacang Polong
  • Summer Squash - zucchini
  • Beras merah
  • Kacang-kacangan
  • Ayam
  • Tahu - bit berubah jadi warna ungu yang indah
Resep puree bit

Bahan:

  • 250 gram air kaldu
  • 50 gram bit (kupas dan potong dadu)
  • 1 sdm tepung beras (larutkan dengan sedikit air)
Cara membuat :
  1. Didihkan air kaldu dan masukkan potongan bit. Kemudian masak hingga bit benar-benar matang/lunak.
  2. Tuangkan larutan tepung beras dan didihkan hingga teksturnya mengental/ matang. Lalu angkat.
  3. Masukkan ke dalam blender dan haluskan. Kemudian tuangkan ke dalam mangkuk dan hidangkan.
Perlu moms ketahui bahwa nilai gizi pada bit akan meningkat setelah mengalami proses pemasakan kurang lebih selama 45 menit. Salah satu contohnya yaitu kandungan awal protein dalam 100 gram bit sebelum di masak yaitu sekitar 1,7 gram dan akan meningkat menjadi 2,3 gram setelah dimasak. Selain itu kandungan karbohidrat yang awalnya 7,6 gram akan meningkat menjadi 9,5 gram.