Sebagai orang tua, kita wajib memperhatikan asupan gizi mereka agar bisa tetap menjalankan aktifitas dengan baik setiap harinya. Nah, berikut ini beberapa inspirasi bekal untuk anak yang bisa Moms ikutin resepnya di bawah ini yah. Yuk simak cara membuatnya? 

1. Chicken Sandwich

Bahan-bahan

  1. 2 lembar roti tawar
  2. 1 buah keju slice
  3. 1 lembar daun selada
  4. 2 buah tomat cherry, ambil bagian ujungnya
  5. 1 potong alpukat
  6. secukupnya saos tomat
  7. isi :
  8. 1/2 buah dada ayam
  9. 1 siung bawang putih, haluskan
  10. sejumput garam
  11. sejumput gula putih
Cara Membuat:

1. Buat bahan isian Rebus dada ayam, cincang halus. Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum tambahkan cincangan dada ayam, gula dan garam tumis sampai bumbu meresap. Angkat. Sisihkan.

2. Siapkan dua lembar roti tawar, satu lembar beri lubang sebanyak 6 buah. Lalu lembar satunya beri cincangan ayam.

3. Beri saos diatas cincangan ayam, tata daun selada, tutup dengan keju lembaran, lalu tata juga potongan tomat dibagian atas dan potongan alpukat dibagian bawah. Lalu tutup dengan lembaran roti tawar yang telah dilubangi.

Siap dimasukkan ke kotak makan siang
Yummy, 4 Resep Bekal Sehat dan Lezat untuk Anak SMP. Bikin Yuk Moms?
source: https://img-global.cpcdn.com


 

2. Kimbab

Bahan-bahan

 

  1. 3 cup beras pulen atau 2 1/2 cup beras biasa ditambah 1/2 cup beras ketan
  2. 1 bungkus crabstick
  3. 1 ikat pokcoy atau bisa diganti dg bayam
  4. 1 buah wortel impor
  5. 1 buah timun jepang, kalo tidak ada bs pakai timun biasa
  6. 2 buah telur ayam
  7. 2 slice ikan Salmon (optional)
  8. 1 bungkus Nori
  9. Minyak wijen
  10. Bawang putih

Cara Membuat:

1. Masak beras hingga matang menggunakan rice cooker, setelah matang diangin-anginkan hingga hilang panasnya.

2. Belah dua crapstick, kemudian tumis sebentar dengan minyak sayur biasa. setelah itu sisihkan
Iris-iris ikan salmon sebesar jari kelingking, setelah itu tumis dengan menggunakan minyak sayur dan bawang putih, sampai matang. setelah itu sisihkan

3. kocok telur, kemudian dadar tipis, setelah itu, diiris iris seperti crabstik. kemudian sisihkan

4. Iris tipis wortel seperti korek api, tumis dengan bawang putih yg sudah dicincang, beri sedikit garam utk rasa. Ditumis jangan sampai terlalu matang atau kalo dimakan masih terasa krenyes2 nya. setelah ditumis lalu sisihkan

5. Rebus air sampai mendidih, masukan pokcoy, rebus sebentar lalu tiriskan sampai dingin. lumuri dengan minyak wijen dan sedikit garam utk rasa. Setelah itu sisihkan.

6. Kupas kulit timun buang bijinya, iris sebesar jari kelingking. sisihkan

7. Ambil nasi yg sdh matang, sebanyak 1 mangkok. Uleni dg 3 sendok makan minyak wijen atau secukupnya dan sedikit garam. pipihkan di atas nori yg sdh diolesi dg minyak wijen. Letakan diatas nasi satu persatu bahan yg sudah disisihkan sebelumnya, Crabstick, wortel, sayur, telur, ikan, timun. Gulung nasi dengan gulungan sushi. dan rapihkan gulungan kimbab tersebut.

8. Setelah semua kimbab selesai digulung, potong potong kimbab tersebut sekitar 1cm - 2cm. dan siap dihidangkan. Atau dijadikan bekal ke kantor atau untuk anak sekolah. 
kimbab ini sangat mengenyangkan, jadi bs dijadikan sarapan pagi.

Kimbab siap di santap :)
 

Yummy, 4 Resep Bekal Sehat dan Lezat untuk Anak SMP. Bikin Yuk Moms?
source: https://img-global.cpcdn.com


 

baca juga

3. Sate Tempe Keju Wortel

Bahan-bahan

  1. 1/4 papan tempe
  2. 100 gram ayam cincang kasar
  3. 1 buah wortel sedang (diparut)
  4. 50 gram keju parut
  5. 1 butir telur ayam
  6. 1 siung bawang merah (cincang)
  7. 1 siung bawang putih (cincang)
  8. secukupnya lada bubuk
  9. secukupnya garam
  10. secukupnya penyedap (bila suka)
  11. 1 sdt tepung terigu
  12. 1 sdm margarin untuk menumis
  13. secukupnya minyak untuk menggoreng
  14. secukupnya saus tomat dan mayonaise untuk toppingnya
  15. tusukan sate
  16.  
Cara Membuat
 
  1. Potong tempe menjadi kotak-kotak, kukus hingga matang.

  2. Tempe yang sudah dikukus dihancurkan sampai halus.

  3. Panaskan margarin, tumis bawang merah dan putih hingga harum, masukkan ayam. Aduk hingga rata.

  4. Masukkan tumisan ayam, wortel, keju, dan telur kedalam tumbukan tempe. Beri garam, lada, penyedap, tepung terigu aduk hingga rata rasakan dahulu sudah pas atau belum.

  5. Bentuk adonan bulat-bulat, goreng dalam minyak panas.

  6. Setelah dingin, tusukkan dengan tusuk sate.

  7. Beri toppingnya mayonaise dan saus tomat. 

 

 

Yummy, 4 Resep Bekal Sehat dan Lezat untuk Anak SMP. Bikin Yuk Moms?
source: https://img-global.cpcdn.com


 

4. Nasi selimut + sup jagung macaroni

Bahan-bahan
 

  1. 1 cup nasi putih
  2. 1 butir telur
  3. 1/2 sdt garam
  4. potongan timun dan tomat
  5. bahan-bahan sup jagung macaroni:
  6. 1/2 buah jagung dipreteli
  7. 50 gr macaroni
  8. 1 sdt garam
  9. 1/4 sdt gula
  10. 2 siung bawang merah diiris tipis
  11. 1 sdm tepung maizena
  12. 350 ml air
Cara membuat

1. Langkah membuat sup jagung

2. Rebus air dan bawang merah terlebih dahulu. Jika air sudah panas, masukkan jagung dan masak hingga empuk

3. Masukkan macaroni, gula, dan garam.

4. Encerkan maizena dengan 5 sdm air lalu masukkkan ke dalam sup. Aduk hingga merata agar tidak menggumpal.

5. Selagi menunggu sup matang, siapkan telur dadar. Cara membuat telur dadar

6. Kocok telur dan 1/2 sdt garam. Lalu goreng di atas teflon panas.

7. Letakkan telur di atas cetakan. Tuangkan nasi di atas telur secukupnya lalu padatkan. Lipat pinggiran telur ke dalam cetakan.


 
Yummy, 4 Resep Bekal Sehat dan Lezat untuk Anak SMP. Bikin Yuk Moms?
source: https://img-global.cpcdn.com