Tips mengatasi rambut rontok

Masalah rambut rontok kerap dialami wanita hamil hingga masa menyusui bahkan tak jarang ini berlangsung hingga satu tahun ke depan. Dari yang sedang sampai parah. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar akan tetapi siapa yang tidak khawatir jika rambut rontok dalam jumlah yang cukup banyak. Tentu saja dikhawatirkan akan menyebabkan kebotakan jika hal ini dibiarkan terjadi.

Moms tentu ingin tau penyebab kenapa saat hamil rambut cenderung lebat dan berkilau sedangkan setelah melahirkan malah terjadi sebaliknya. Menurut para pakar, hal ini disebabkan saat hamil hormon esterogen kadarnya meningkat pesat sehingga memperpanjang umur rambut. Makanya, saat hamil moms rambutnya begitu indah lebat dan berkilau.

Akan tetapi setelah melahirkan, kadar esterogen moms kembali pada kadar normal. Sehingga lebih terasa kerontokan yang dialami moms. Jadi sebenarnya, kerontokan ini terjadi dikarenakan masalah hormonal. Sehingga moms tidak perlu terlalu khawatir berlebihan sampai beranggapan kekurangan gizi ataupun vitamin. Akan tetapi jika moms beranggapan rontoknya parah maka moms bisa mempraktekan beberapa cara dibawah ini. 

Hal-hal apa saja yang dapat dilakukan para ibu untuk setidaknya mengurangi kerontokan diantaranya :

  1. Rawatlah rambut dengan benar, setidaknya cuci setiap 2 hari sekali, janganlah terlalu kering
  2. Cuci rambut secara teratur dengan lembut , pastikan selalu menggunakan kondisioner baik saat keramas ataupun yang berupa kondisioner leave on yang dipakai setelah rambut setengah kering
  3. Keringkan rambut dengan hati-hati, sering-seringlah mengeringkan rambut tanpa bantuan hair dryer. usahakan dibiarkan kering dengan sendirinya.
  4. Saat menyisir gunakan sisir bergigi jarang dan jangan sering di ikat rambutnya, sisirlah rambut sejarang dan selembut mungkin.
  5. Tatalah rambut sebaik mungkin, seperti kalau ingin ekor kuda jangan terlalu ketat, kalau menggunakan rambut tambahan pilihlah yang ringan sehingga tidak menarik rambut asli.
  6. Sering memijat kulit kepala dapat merangsang pertumbuhan rambut apalagi jika ditambahkan minyak penumbuh rambut seperti gingseng ataupun lavender.
  7. Pertimbangkan untuk meminum vitamin prenatal yang tidak hanya menunjang produksi ASI tapi juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta menjaga kesehatan tubuh.
Tips mengatasi rambut rontok
source: https://id.wikihow.com/Mencegah-Rambut-Rontok-Saat-Menyusui

Bahan alami yang dapat mengurangi kerontokan rambut dan juga menutrisi akar rambut :

Bawang + madu
Bawang mengandung sulfur tinggi yang bisa secara efektif mengurangi kerontokan rambut. Caranya dengan mencampurkan perasan bawang dan satu sendok makan madu lalu oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 2 jam baru di bilas.

Santan
Santan kelapa memiliki kandungan protein yang efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Dengan mengoleskan santan ke kulit kepala serta rambut lalu diamkan selama 20 menit baru kemudian di bilas. Maka rambut akan terasa halus dan berkilau.

Alpukat
Siapa yang tidak suka buah yang satu ini, selain enak untuk dikonsumsi buah ini juga sering untuk dijadikan masker rambut karena emang bagus untuk rambut dan kulit kepala. Caranya juga mudah hanya dengan menghancurkan alpukat hingga lembut lalu aplikasikan ke kulit kepala dan rambut, jika masih ada sisa bisa juga dipakai diwajah, karena juga baik untuk wajah masker alpukat ini.

Jambu Biji
Selain rasanya enak dan kaya akan kandungan vitamin C, buah ini dipercaya dapat mengatasi rambut rontok. Kandungan vitamin B3, B5 dan B6 pada buah ini mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala dan menghentikan rambut rontok. Caranya bagaimana nih? tentu saja dengan membuat masker dari jambu biji dengan menghancurkan jambu biji hingga lembut dan tambahkan putih telur lalu aduk rata dan aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 40 menit lalu pijat kulit kepala pelan-pelan, baru kemudian bilas hingga bersih dengan sampo.

Lidah Buaya
Sejak jaman dahulu kala lidah buaya dipercaya banyak manfaat untuk rambut selain bisa memperkuat rambut bisa juga mengurangi kerontokan rambut dan juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Pakailah lidah buaya ke kulit kepala setiap sebelum keramas dan diamkan selama 15-20 menit.

Teh Hijau
Teh Hijau yang berasal dari jepang ini memang kaya akan anti oksidan yang juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Karena kandungan inilah maka teh hijau ini dapat mengatasi rambut rontok secara efektif. Caranya mudah hanya dengan menyeduh 2 kantong teh hijau dengan air hangat lalu bisa langsung diaplikasikan ke batang dan kulit kepala kemudian diamkan selama satu jam baru kemudian di bilas hingga bersih.Lakukan rutin agar hasilnya optimal ya moms.

Putih Telur
Manfaat putih telur ini banyak sekali selain untuk wajah bisa juga untuk rambut. Dengan membuat masker rambut dari putih telur maka kandungan sulfur didalamnya sangat bagus untuk mengurangi atau mengontrol rambut rusak. Putih telur ini setelah dipisahkan dari kuningnya maka diaplikasikan ke rambut yang sudah bersih dan kering, diamkan selma 10-20 menit baru kemudian di bilas. Lakukan rutin ya moms dalam seminggu bisa di selang-seling dengan bahan alami yang lain

Pisang
Kalau masalah rambut kusam, pisang inilah ahlinya dengan membuat masker pisang maka rambut moms tidak akan kusam lagi. Resepnya gampang sekali yaitu campurkan minyak zaitun, madu, dan susu atau santan. Aplikasikan ke rambut dan diamkan sekitar 20 menit maka rambut akan lebih kuat dan lebih bersinar. Lakukan rutin beberapa kali dalam seminggu.

Yoghurt
Salah satu penyebab kerontokan rambut karena kurang nutrisi serta kering. Salah satu cara untuk menutrisinya dengan menggunakan yoghurt yang sejak jaman dahulu dipercaya sebagai bahan untuk merawat rambut. Caranya mudah tinggal mencampurkan yoghurt, minyak kelapa dan madu. Ketiga bahan ini dapat menutrisi rambut serta menjaga rambut tetap sehat. Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu.

Minyak Zaitun
Minyak ini merupakan salah satu minyak penumbuh rambut alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut seperti rambut bercabang, rambut kering, rambut beruban, dan rambut rontok. Cara pakainya gampang saja pertama bersihkan rambut dulu kemudian tunggu kering baru diaplikasikan pada rambut kemudian pijat-pijat kulit kepala agar meresap kedalam rambut lalu tutup dengan shower cap atau biarkan saja juga tidak apa-apa moms, selama 20 menit. Setelah didiamkan, bilas rambut dengan menggunakan air bersih dan jangan mengaplikasikan shampo lagi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal serta maksimal, lakukan perawatan rambut mengunakan minyak zaitun ini beberapa kali dalam seminggu.