Makanan Tradisional dari Jagung

Makanan Tradisional dari Jagung

Sudah tidak asing lagi ya Moms dengan makanan olahan jagung. Selain kandungan gizinya yang tinggi, jagung dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti jagung bakar, bakwan, kue, bahkan sampai es krim lho, Moms. Jagung memiliki serat yang tinggi sehingga membuat kenyang lebih lama dan sangat baik bagi Moms yang sedang melakukan program diet.

Ternyata jauh sebelum makanan olahan jagung modern muncul, ada begitu banyak makanan tradisional yang terbuat dari jagung dan tak kalah nikmatnya bahkan ada juga yang sudah sangat langka lho, Moms. Jangan sampai Moms enggak tahu ya!

Makanan Tradisional dari Jagung yang Mulai Langka

Ada beberapa faktor yang membuat makanan olahan jagung ini menjadi langka bahkan di daerah asalnya sekalipun. Salah satunya adalah semakin berkurangnya pedagang yang menjual makanan tradisional ini. Selain itu, proses pengolahan yang lebih rumit membuat generasi jaman now enggan untuk melestarikannya. Ini dia 3 makanan tradisional jagung yang wajib Moms ketahui:

baca juga

1. Nasi Jagung

1. Nasi Jagung

Sekilas terlihat seperti nasi kuning ya Moms. Ternyata itu bukan nasi kuning lho Moms, melainkan nasi jagung. Nasi jagung merupakan salah satu olahan dari jagung tua yang telah melewati proses pengeringan dan penumbukan. Nasi jagung sudah dikonsumsi sejak jaman dahulu sebagai pengganti nasi. Ada beberapa daerah di Indonesia yang memang makanan utamanya nasi jagung lho, Moms. Nasi jagung lebih umum dikonsumsi di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, namun ternyata masyarakat di pulau Nusa Tenggara pun sudah sangat familiar dengan makanan ini. Nasi jagung biasanya disajikan dengan beragam lauk pauk sama halnya dengan nasi putih yang biasa kita konsumsi. Faktanya, kandungan gizi dari nasi jagung lebih tinggi lho, Moms dibandingkan nasi putih. Nasi jagung kaya akan vitamin dan mineral, terutama magnesium yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes dan darah tinggi. Tertarik untuk mencobanya Moms?

2. Jenang Jagung

2. Jenang Jagung

Selain nasi jagung, ternyata ada makanan tradisional lain yang memang bahan utamanya jagung. Moms pernah dengan jenang jagung? Mungkin beberapa orang hanya familiar dengan jenang yang terbuat dari ketan, ternyata jenang dapat dibuat dari jagung lho, Moms. Jenang jagung merupakan sejenis kue Palembang yang bercita rasa manis, legit dan lembut serta memiliki kandungan serat yang tinggi. Bentuknya mirip dengan puding namun bertekstur kenyal. Sayangnya, jenang jagung ini sudah mulai langka, bahkan di daerah asalnya.

baca juga

3. Grontol Jagung

3. Grontol Jagung

Grontol Jagung atau biasanya disebut Gongsir (Jagong Gula Pasir) ini berasal dari daerah Jawa Tengah. Jajanan melegenda yang terbuat dari campuran jagung rebus, kelapa parut dan gula pasir ini biasanya ditemui di pasar-pasar tradisional yang menjual jajanan pasar atau dijual oleh penjual keliling. Rasanya yang sederhana dan mengenyangkan membuat jajanan ini tetap melekat di hati. Tapi ternyata, grontol jagung ini sudah sangat langka termakan oleh jaman. Jika Moms menemukan jajanan ini, tak ada salahnya loh untuk mencoba.