Bagaimana Efek Menggunakan Bra Saat Tidur

Sudah sejak lama banyak perdebatan tentang pemakaian bra saat tidur apakah banyak positifnya atau negatifnya. Beberapa artis terkenal mengklaim bahwa bagus untuk dibawa tidur karena membuat payudara mereka tidak turun. Tetapi berdasarkan penelitian bahwa hal tersebut tidak terbukti. Bahkan lebih banyak efek negatif dari mengenakn bra saat tidur. Berikut beberapa efek negatif dari mengenakan bra saat tidur : 
  • Menghambat peredaran darah, jika saat tidur kita menggunakan bra apalagi yang ketat akan berakibat peredaran darah tidak lancar karena terhambat oleh bra apalagi yang menggunakan kawat.
  • Dengan menggunakan bra saat tidur dapat mengakibatkan iritasi pada kulit kita. Karena gesekan bahan bra pada saat tidur bisa menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Dapat menyebabkan tidur yang tidak nyenyak karena saat dipakai tidur sedikit saja ada gangguan pada bahan bra yang dipakai akan membuat tidur kita tidak nyaman sehingga akan berkurang kualitas tidur kita.
  • Memakai bra saat tidur dapat mengakibatkan hiperpigmentasi dikarenakan bra yang cukup ketat dan berkawat pada bagian cupnya. Bagian tali atau strap bra maupun kaitannya bergesekan dengan kulit berakibat timbulnya iritasi, ataupun luka pada permukaan kulit. Dengan adanya luka tersebut ataupun iritasi atau gesekan dapat memicu melanosit untuk memproduksi melanin lebih banyak yang akan berakibat timbulnya hiperpigmentasi pada bagian tertentu tubuh disekeliling bra yang kita pakai.
  • Mengakibatkan juga timbulnya jamur , wanita tentu saja mengenakan bra seumur hidupnya karena hal tersebut ketika dipakai tidur bra tersebut menjadi tempat yang cocok untuk pertumbuhan jamur dikarenakan di area sekitar bra merupakan  daerah yang lembap terlebih lagi buat kita yang tinggal didaerah tropis.
  • Fisiologi payudara terganggu, dengan mengenakan bra saat tidur akan menganggu aliran sistem limfatik yang mana sistem ini berfungsi untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh melalui ketiak. Dengan terhambatnya aliran limfatik dalam tubuh akan mengakibatkan pembengkakan kronis pada payudara, edema pada payudara.
Bagaimana Efek Menggunakan Bra Saat Tidur
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTXOBoKrD3QNPfbu_s0kU3lxuEufiHmTCwWNhBQxIq6mV4gOrd8

Efek positif tidak mengenakan bra saat tidur antara lain :

  • Meningkatkan kualitas tidur 
  • Meningkatkan sirkulasi darah karena tidak dihalangi oleh bra saat tidur.
  • Meningkatkan pembuangan sistem limfatik. Sistem limfatik dapat membuang racun-racun dalam tubuh tanpa adanya hambatan dari bra yang dipakai saat tidur.
  • Bisa bernafas dengan lebih baik, bagian dada yang tidak tertekan bra tentu saja akan bebas dari tekanan apapun sehingga dapat bernafas lebih baik ketika tidur.
  • Lebih hygiene (bersih)
  • Mengurangi kemungkinan luka akibat tali atau strap ataupun kaitan bra.
  • Membiarkan kulit untuk beristirahat sehingga membuat kulit yang tadinya tertekan akan kembali kebentuknya semula.
 Hal lain yang menjadi perdebatan adalah pengaruhnya melepas bra saat tidur terhadap kanker payudara. Berdasarkan riset tidak ada hubungannya antara hal tersebut dengan kemungkinan terkena payudara. Begitu juga dengan mengenakan bra dapat mencegah kanker payudara. Bagi moms yang tidak terbiasa melepas bra saat tidur hal ini tentu saja mengganggu akan tetapi memang sebaiknya melepas bra saat tidur di malam hari untuk membiarkannya bernafas.

Ketidaknyamanan ini hanyalah masalah kebiasaan saja.Kalaupun tetap ingin mengenakan bra saat tidur pilihlah bra yang tidak berkawat, berbahan katun ataupun yang mudah menyerap keringat dan juga tidak ketat. Tetapi, tetap disarankan untuk melepas bra saat tidur.

Biasakanlah hal ini sejak anak-anak ya, moms sehingga bisa kita rasakan manfaat melepas bra saat tidur. Karena seperti disebutkan diatas banyak positifnya daripada negatif melepas bra saat tidur dimalam hari.