Saat hamil, sebagian besar ibu hamil mengalami rasa haus dan nafsu makan yang meningkat. Jika tidak diperhatikan asupannya, justru menjadi bumerang. Untuk itu perlu memilih makanan yang dapat mengatasi rasa haus, cukup mengganjal perut dan bergizi. Misalnya buah-buahan segar. 

Buah-buahan untuk ibu hamil


Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral serta serat. Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah sembelit pada ibu hamil. Berikut beberapa buah-buahan segar yang disarankan untuk ibu hamil, antara lain: 

  • Pisang (mencegah anemia, megandung kalium untuk mencegah tekanan darah dan menambah energi secara cepat)
  • Alpukat (kaya akan asam folat, vitamin B dan vitamin C)
  • Mangga (mengandung vitamin C dan A yang membantu memperkuat imunitas, meningkatkan penglihatan dan sistem saraf janin)
  • Jeruk (menambah cairan tubuh, vitamin C, asam folat dan serat)

Mengonsumsi buah-buahan segar saat hamil juga dapat mengatasi rasa mual dan tidak nyaman pada mulut karena dapat memberikan rasa segar serta mencegah dehidrasi.

Buah-buahan untuk ibu hamil
source: https://momjunction.com


 

baca juga

Buah-buahan penambah darah


Saat hamil, kondisi tubuh akan mengalami perubahan. Beberapa ibu hamil rentan terkena anemia karena proses hemodilusi. Hemodilusi merupakan bertambahnya volume darah karena peningkatan plasma dan massa dari eritrosit yang mengakibatkan hemoglobin menurun. 

Di masa-masa ini, Moms perlu mengonsumsi buah-buahan segar yang tinggi zat besi. Contohnya: buah delima, kurma, pisang, biji labu dan semangka. 

Buah-buahan penambah darah
source: https://assets-2.huggies-cdn.net


 

Buah-buahan untuk diet


Ibu hamil juga disarankan untuk diet jika mengalami kegemukan atau kondisi kesehatan tertentu. Diet bukan berarti ingin kurus lho, Moms, tetapi justru diet adalah mengatur apa yang dikonsumsi dengan nutrisi dan gizi yang sesuai.

Buah menjadi alternatif makanan yang disarankan untuk ibu hamil yang berdiet karena kaya serat yang dicerna cukup lama oleh lambung. Ini akan memberikan efek kenyang lebih lama dengan cara yang menyehatkan. 

Beberapa buah-buahan yang disarankan untuk diet ibu hamil, antara lain: apel, pepaya, pear, melon, mangga dan pisang. Konsumsi buah-buahan ini secukupnya dan imbangi dengan makanan sehat lainnya ya, Moms.

Buah-buahan untuk diet
source: https://www.healthline.com
baca juga

Buah-buahan penurun darah tinggi

Kehamilan juga meningkatkan risiko darah tinggi bagi penderitanya. Hal ini sangat membahayakan bagi kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Untuk mengatasinya, selain lewat obat-obatan yang diresepkan khusus, juga bisa diatasi lewat makanan yang tepat. Misalnya, buah strawberry, blueberry, raspberry dan kiwi.

Buah-buahan penurun darah tinggi
source: https://babyers.com


 

Buah-buahan penurun kolesterol


Karena rasa lapar yang meningkat dan mindset 'makan untuk berdua', ibu hamil seringkali jadi kebablasan saat makan. Padahal, meski makan untuk dirinya sendiri dan janinnya, asupan makanan harus dikontrol, termasuk menghindari makanan berkolesterol tinggi.

Jika sudah terlanjut makan makanan berkolesterol tinggi, yuk netralkan kondisi tubuh dengan konsumsi buah-buahan berikut ini:

  • Pir
  • Anggur
  • Pepaya
  • Jambu biji
  • Jeruk
  • Apel


Buah-buahan ini mengandung serat larut air yang ampuh menurunkan kolestrol dalam darah. Dengan konsumsi rutin buah-buahan ini, metabolisme tubuh saat hamil pun jadi lebih baik.

Buah-buahan penurun kolesterol

Semoga informasi ini membantumu dalam menyediakan asupan buah-buahan yang baik selama masa kehamilan ini ya, Moms.