Manfaat Alpukat Untuk Bayi dalam Kandungan

Alpukat adalah sumber alami folat, dimana yang sangat penting bagi perkembangan janin yang sehat. Versi sintetis asam folat direkomendasikan untuk semua wanita yang berencana mau hamil, dan makan buah alpukat adalah pilihan yang lebih sederhana, enak dan alami. Asam folat dalam buah alpukat juga mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Ibu hamil dapat menyantap alpukat sebanyak setengah cangkir, dalam setiap irisannya mengandung 59 mcg asam folat.

Selama masa kehamilan kebutuhan tubuh naik berlipat ganda, termasuk kalsium. Di sinilah peran alpukat yang kaya kalsium untuk memenuhinya. Manfaat kalsium bagi ibu hamil sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.

Manfaat Alpukat Untuk Bayi dalam Kandungan
source: https://cdn2.momjunction.com/wp-content/uploads/2014/08/avocados-during-pregnancy1.jpg

Manfaat Alpukat Untuk Bayi

Manfaat alpukat untuk bayi yang penting yaitu asam lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi mengurangi risiko peradangan. Selain itu, asam lemak omega 3 di dalam kandungan alpukat sangat bermanfaat mendukung perkembangan otak bayi.

Alpukat merupakan sumber vitamin dan mineral yang tinggi. Buah ini mengandung vitamin A, C, E, juga protein, lemak sehat, serta selenium, seng, dan karotenoid. Selain untuk kesehatan, vitamin dan mineral sangat berguna untuk menjaga kesehatan bayi. Tidak hanya itu, vitamin dan mineral dapat membuat bayi bertumbuh dan berkembang.

Manfaat Alpukat Untuk Bayi
source: https://klikdokter.com/
baca juga

Manfaat Alpukat Untuk Bayi MPASI

Salah satu manfaat alpukat sebagai MPASI adalah untuk mencegah penyakit saluran pencernaan. Alpukat adalah salah satu buah yang dapat dengan mudah dicerna bayi. Hal tersebut dikarenakan alpukat mengandung antioksidan yang dapat membantu bayi agar terhindari dari hal-hal yang menyebabkan perut sakit.

Selain itu, MPASI dapat mencegah terjadinya peradangan pada tubuh bayi. Bayi sangat rentan terhadap peradangan, terutama peradangan pada bagian kulit. Antioksidan pada kandungan alpukat dapat melindungi bayi yang dapat meminimalisir masalah peradangan dan iritasi.

Manfaat Alpukat Untuk Bayi MPASI
source: https://perawatanbayi.com/

Manfaat Alpukat Untuk Bayi MPASI Pertama

Saat bayi sudah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI), Moms harus memberikan menu makanan bervariasi. MPASI wajib diberikan kepada si kecil untuk memenuhi kebutuhan gizi seiring bertambahnya Contohnya adalah alpukat yang nutrisinya sangat melimpah.

Peneliti mengatakan, bayi yang makan alpukat dapat meningkatkan tumbuh kembangnya dengan cepat. Alpukat memiliki rasa netral, lembut dan rendah kalori, sehingga memenuhi kebutuhan energi.

Manfaat Alpukat Untuk Bayi MPASI Pertama
source: https://halodoc.com/
baca juga

Manfaat Alpukat dan Cara Menyajikannya

Selain karena padat nutrisi, alpukat direkomendasikan sebagai makanan untuk bayi karena mudah untuk dipersiapkan. Moms bisa memberikan alpukat untuk bayi saat bayi berusia 6 bulan, atau minimal 4 bulan.

Sebelum membuat sajian alpukat untuk bayi, Moms harus jeli saat membeli alpukat. Pilihlah alpukat yang segar tanpa bahan kimiawi, dan hindari buah alpukat dengan bintik hitam atau kerusakan lain yang terlihat pada kulit. Pilih yang memiliki warna kulit agak gelap dan terasa lembut saat ditekan. Jangan memilih alpukat yang terlalu keras atau terlalu lembek.

Langkah selanjutnya setelah Anda membeli alpukat untuk bayi adalah mengiris alpukat di tengah sampai terbelah. Sisihkan biji alpukat. Lalu ambil isi alpukat dengan menggunakan sendok. Setelah semua isi alpukat sudah diambil, buang kulitnya, dan haluskan isi alpukat dalam blender hingga halus. Tambahkan air sesuai kebutuhan bayi. Moms juga bisa menghaluskan alpukat dengan ASI atau susu formula.

Manfaat Alpukat dan Cara Menyajikannya
source: https://hellosehat.com/