Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui

Sebenarnya masalah rambut rontok saat menyusui merupakan hal yang wajar. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon dari mulai hamil, melahirkan sampai masa menyusui. Saat hamil, pengaruh hormon seringkali berubah-ubah. Terjadi pula peningkatan terhadap beberapa hormon dalam tubuh mom ketika hamil, seperti hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin. Sehingga seringkali kondisi rambut mom ketika hamil cenderung hitam dan lebat.

Nah, berbeda lagi jika setelah melahirkan, hormon estrogen dan progresteron akan kembali normal dalam kurun waktu 24 jam dan hormon prolaktin akan tetap tinggi selama masa menyusui. 

Lalu apa hubungannya dengan rambut rontok? Kondisi tersebut dipengaruhi oleh hormon estrogen yang tinggi ketika hamil, dapat mengurangi kerontokan rambut. Sehingga rambut yang rontok jauh lebih sedikit dibandingkan dengan biasanya. Dan akan kembali seperti sebelumnya ketika hormon estrogen tersebut normal kembali. Jadi bukan karena stress atau akibat menyusui ya moms.

Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui

Mengatasi Rambut Rontok dengan Minyak Kelapa

minyak kelapa sebenarnya sudah sangat dikenal sejak dahulu sebagai obat alami rambut rontok. Nah, mom bisa mengoleskan  minyak kelapa ini pada kulit kepala. Boleh digunakan sebelum atau sesudah keramas. Selain kandungannya sebagai anti rontok, minyak kelapa ini juga bisa menjadikan rambut lebih berkilau lho mom. Eits, tapi jika kulit kepala mom cenderung berminyak, maka sebaiknya dioleskan sebelum keramas, agar mengurangi timbunan minyak pada kulit kepala.

 

Mengatasi Rambut Rontok dengan Minyak Kelapa
baca juga

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Lidah Buaya

Selain mudah ditanam, Lidah Buaya ternyata dapat menyembuhkan rambut rontok lho, moms. Kandungannya dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan. Adapun cara penggunaannya sangat mudah, Moms cukup mengupas bagian kulitnya kemudian menggosoknya ke rambutmu, dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Lidah Buaya

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang kaya akan kandungan Vitamin E sangat dibutuhkan oleh akar rambut. Maka sangat baik jika moms bisa rutin menggunakan minyak zaitun untuk rambut. Selain mendapatkan rambut yang kuat, minyak zaitun juga dapat melembutkan rambut.

Caranya mudah kok Moms, cukup oleskan secara merata pada akar rambut, pijat perlahan agar kandungan minyak tersebut meresap pada akar rambut. Sehingga dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, dan folikel pada gilirannya dirangsang untuk menumbuhkan helai rambut yang lebih tebal dan lembut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering dengan Minyak Zaitun