Ciri Ibu Hamil Sehat


Menjaga kesehatan ibu dan janin merupakan hal penting ketika hamil. Nah agar lebih mengenal tentang kehamilan Moms, berikut ini adalah ciri-ciri ibu hamil sehat:
  • Mual dan Muntah, hal ini biasanya dirasakan pada kehamilan trimester pertama. Mual dan muntah pada ibu hamil biasanya terjadi pada pagi hari, siang atau malam hari. Gejala ini berangsur-angsur hilang saat memasuki usia kehamilan 12 minggu. Mual dan muntah di awal kehamilan kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon. Biasanya hal ini dipicu karena pada awal kehamilan Moms menjadi sensitif terhadap bau-bauan tertentu.
  • Buang Air Kecil Lebih Sering, frekuensi buang air kecil ketika hamil akan semakin sering. Hal ini terjadi karena ketika hamil, jumlah urine yang mengisi kandung kemih akan lebih cepat meningkat sehingga Moms akan merasa sering ingin buang air kecil. Tidak hanya itu, seringnya buang air kecil juga disebabkan oleh perubahan hormon dan semakin besarnya ukuran rahim.
  • Nyeri Payudara, Perubahan payudara termasuk tanda kehamilan yang sehat. Biasanya payudara terasa lebih besar, sensitif, disertai sedikit nyeri. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya hormon estrogen dan progesteron, dan biasanya akan hilang saat tubuh sudah beradaptasi dengan hormon kehamilan tersebut.
Ciri Ibu Hamil Sehat
source: https://hellosehat.com/
  • Gerakan Janin, kehamilan yang sehat juga ditandai dengan gerakan janin di dalam perut. Biasanya gerakan janin sudah bisa dirasakan ketika janin berumur 4 bulan atau memasuki kehamilan trimester kedua.
  • Naiknya Berat Badan, jangan khawatir Moms ketika berat badan naik saat hamil, karena ternyata hal tesebut merupakan salah satu tanda kehamilan sehat. Biasanya berat badan Moms akan naik secara bertahap, itu menandakan bahwa janin dala perut Moms berkembang.
  • Mudah Lelah, kadar hormon progesteron yang meningkat saat hamil akan membuat Moms cepat merasa kantuk. Namun tenang Moms, kondisi ini bisa diatasi dengan istirahat dan tidur yang cukup kok.

Makanan Ibu Hamil Sehat


Tip ibu hamil sehat selanjutnya adalah berhubungan dengan asupan makanan. Kesehatan kandungan tidak hanya bisa diperoleh dari konsumsi vitamin yang diberikan oleh dokter kandungan atau dengan memanajemen stress.

Ibu hamil butuh asupan tambahan hingga 300 sampai 500 kalori sehari. Jadi Moms harus mencukupi kebutuhan tersebut agar kehamilan Moms selalu sehat. Makanan yang Moms konsumsi juga dapat mempengaruhi kesehatan kandungan. Lalu makanan apa saja ya yang baik untuk ibu hamil?
  • Makanan/Minuman berbahan dasar susu, Susu apapun bentuknya tentu menyehatkan. Susu bisa membantu memenuhi kebutuhan protein dan kalsium untuk ibu dan janin. Namun produk susu probiotik seperti yogurt bisa membantu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.
  • Kacang-Kacangan, kacang-kacangan seperti Kacang kedelai, kacang tanah, buncis, dan kacang polong merupakan sumber asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium. Nutrisi ini penting untuk kehamilan terutama pada trimester pertama, karena dapat mencegah risiko beberapa kondisi cacat lahir dan penyakit pada bayi ketika lahir. 
  • Ubi, karena ketika hamil wanita dianjurkan memiliki asupan vitamin A sebesar 10 sampai 40 persen dari kebutuhan sehari-hari, maka ubi yang kaya akan vitamin A ini wajib Moms konsumsi untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada janin. Tapi tidak boleh terlalu banyak juga sih, Moms. Karena bisa menyebabkan keracunan.
  • Ikan Salmon, sudah menjadi rahasia umum ya Moms kalau ikan salmon memiliki segudang manfaat terutama untuk wanita hamil. Ikan Salmon merupakan sumber vitamin hewani yang mengandung omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan mata pada bayi ketika masa pertumbuhan.
  • Telur, Telur adalah makanan yang bagus untuk meningkatkan asupan gizi secara keseluruhan. Selain itu telur memiliki kandungan kolin yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin.
Makanan Ibu Hamil Sehat
source: https://bogor.net/
  • Sayuran Hijau, sayuran hijau memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Karena seratnya, maka akan mencegah sembelit saat hamil. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran hijau antara lain seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium.
  • Daging, selama hamil Moms wajib mengonsumsi segala bentuk daging. Mulai dari daging sapi, daging ikan, dan daging ayam. Selain karena sumber protein yang berkualitas, daging juga memiliki kandungan zat besi sebagai mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah.
  • Air Putih, wanita yang tidak hamil saja dianjurkan untuk minum air putih terlebih lagi jika Moms sedang hamil. Karena volume darah ibu hamil akan meningkat hingga 1,5 liter. Jadi sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan baik. Selain itu, banyak minum air putih saat hamil juga akan menghindarkan Moms dari dehidrasi, sembelit, dan infeksi saluran kemih.
baca juga

Nah Moms, itu tadi ibu hamil sehat kumpulan tips yang dapat Moms terapkan sehari-hari guna menjaga kesehatan Moms dan dedek bayi dalam perut. Semoga tips tadi bermanfaat ya, Moms.