Kelebihan Investasi Emas


1. Mudah dilakukan

Salah satu kelebihan investasi emas adalah dapat dilakukan dengan dana terbatas. Moms juga bisa melakukan investasi emas di pegadaian atau lembaga lainya yang banyak tersedia di berbagai wilayah. Sebagai contoh, Moms bisa mulai investasi emas syariah di Pegadaian yang menyediakan emas mulai dari berat 5 gram hingga 1 kilogram.

Serba-Serbi Investasi Emas, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Moms!
source: https://krjogja.com/

Moms hanya perlu membuka rekening tabungan emas di kantor Pegadaian, lalu mengisi formulir dan menyerahkan fotokopi identitas, kemudian membayar biaya administrasi dan biaya fasilitas titipan. Setelah itu, Moms bisa membeli emas dengan harga kelipatan 0,01 gram sesuai harga emas yang berlaku saat itu.

2. Mudah dicairkan

Berbeda dengan instrumen investasi lainnya yang baru bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu, investasi emas dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai dalam waktu singkat.  

3. Harga cenderung stabil

Dibandingkan dengan investasi di sektor keuangan yang pergerakan harganya cukup dinamis, harga emas cenderung stabil setiap tahunnya. Karena itu investasi emas cocok bagi Moms yang ingin memulai berinvestasi.

Kekurangan Investasi Emas


1. Risiko hilang

Baik investasi emas dalam bentuk logam mulia maupun investasi emas perhiasan, keduanya memiliki risiko hilang akibat dicuri. Jika Moms ingin berinvestasi emas, sebaiknya gunakan layanan sewa save deposit box di bank agar lebih aman.

Serba-Serbi Investasi Emas, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Moms!
source: https://www.aturduit.com/

2. Kenaikan harga kecil

Karena harga emas cenderung stabil, namun harga emas jarang sekali meningkat secara signifikan. Umumnya kenaikan harga emas tiap tahunnya hanya sekitar 6-7%. Jika Moms ingin return dari investasi yang cukup besar, Moms sebaiknya memilih instrumen investasi lainnya yang memberi return lebih besar.

Bagaimana Moms, tertarik untuk mencoba investasi emas? Sebelum memilih instrumen investasi, sebaiknya Moms tentukan terlebih dahulu target investasi yang dibutuhkan, lalu sesuaikan dengan dana yang tersedia.

Untuk mendapatkan informasi investasi emas yang lebih lengkap, Moms bisa berkonsultasi ke bank, kantor Pegadaian atau lembaga inevstasi resmi lainnya. Yuk mulai investasi!