Memahami Beragam Penyebab dan Penanganan Perut Kram


Mengalami perut kram sangatlah wajar. Ada beragam penyebabnya tapi perlu didalami dulu nih moms spesifik perut kramnya. Apakah perut kram disebelah kiri atau disebelah kanan. 

Perut kram kiri bawah memeliki beberapa penyebab antara lain:
  • Pankreatitis Akut peradangan pada pankreas yang terletak di sisi kiri perut
  • Gastritis atau iritasi pada lapisan lambung, yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori yang bisa mengakibatkan luka.
  • Gangguan Ginjal disebabkan oleh kadar kalium atau asam urat yang terlalu tinggi, dehidrasi juga bisa menjadi salah satu penyebab batu ginjal.
Sedangkan apabila moms merasakan perut kram sebelah kanan berikut ini bisa jadi adalah penyebabnya:
  • Perut kram sebelah kanan
  • Usus buntu atau apendisitis sering kali disebabkan oleh peradangan usus buntu. Peradangan usus buntu umumnya merupakan penyebab nyeri perut kanan bawah yang paling sering terjadi.
  • Infeksi saluran kencing atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung telur.
  • Sembelit
Selain kedua bagian perut tersebut sering juga perut kita kram saat haid. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan perut kram saat haid. Perut kram saat haid yang menyakitkan biasa dikenal dengan istilah dismenore.

Beberapa gejala dismenore di antaranya meliputi kram atau nyeri perut bagian bawah, nyeri di punggung bawah, paha bagian dalam terasa ditarik, diare, mual, muntah, sakit kepala, dan pusing.

Nyeri perut saat menstruasi terjadi karena kontraksi di dalam rahim atau kandungan. Kontraksi otot rahim ini dipicu oleh hormon prostaglandin, yang kadarnya akan meningkat tepat sebelum menstruasi dimulai
Memahami Beragam Penyebab dan Penanganan Perut Kram
source: https://shopback.com

Jika selama siklus menstruasi terjadi kontraksi yang terlalu kuat, hal tersebut bisa menekan pembuluh darah di dekatnya, sehingga dapat memotong suplai oksigen ke dalam rahim. Akibatnya, rendahnya level oksigen dalam rahim bisa menyebabkan munculnya rasa sakit dan kram.

Kadang perut kram menganggu juga terjadi saat kita batuk ya moms. Sebenarnya wajar saja kalau perut kram saat kita batuk. Tapi apabila hal ini terjadi terus menerus dan sangat menganggu bisa dikonsultasikan ke dokter moms karena beberapa penyebab di bawah ini mungkin alasannya:

  • Kista ovarium
  • Radang panggul
  • Radang usus buntu
  • Sumbatan di usus
  • Round ligament pain pada ibu hamil. Round ligament pain adalah kondisi di mana ibu hamil merasakan sakit pada sisi tertentu di bagian perutnya. Biasanya kondisi ini dirasakan pada trimester kedua. Ligamen yang sakit ini tempatnya terletak di panggul dan mengelilingi rahim. Selama hamil, rahim akan memperluas bagian perut dan meregangkan ligamennya. Perut nyeri saat batuk kadang menjadi dampak yang bisa Anda dapatkan pada kondisi ini.

Perut Kram yang Terjadi Saat Hamil


Perut kram saat hamil mungkin mengkhawatirkan. Tapi itu benar-benar normal kok moms. Perut kram saat hamil bisa diakibatkan karena pada salah satu atau dua sisi perut biasanya dirasakan terutama saat bergerak.

Saat janin tumbuh, rahim akan cenderung miring ke kanan atau ke kiri. Ligamen yang menyokong sisi rahim ini bisa menjadi kencang atau mengalami kontraksi. Hal ini memungkinkan moms merasakan kram lebih sering di perut saat hamil.

Penyebab kram perut saat hamil antara lain:

  • Perubahan ukuran rahim
  • Tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah
  • Posisi rahim
  • Gas yang berlebihan di dalam perut​​​​​
Perut Kram yang Terjadi Saat Hamil
source: https://mediskus.com

Selama perut kram yang dirasakan masih bisa ditolerir berarti tidak ada masalah moms. Tetapi apabila perut kram disertai dengan beberapa gejala yang mengiringi kram perut, sebaiknya diwaspadai ya, moms.

Seperti rasa sakit saat buang air kecil, kram perut terasa sangat berat dan tidak menghilang, keluar cairan, flek atau darah dari vagina, muntah, demam, serta menggigil. Kram perut disertai tanda-tanda tersebut adalah kondisi yang perlu secepatnya mendapat pemeriksaan dan penanganan dari dokter.

Pastikan kondisi kesehatan ya moms, dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter juga merupakan hal yang penting. Jadi rutin ya moms melakukan pemeriksaan ke dokter agar ibu dan janin sehat selalu.