Kosmetik Berbahaya untuk Ibu Hamil


Moms, siapa disini yang sudah hampir bosan dengan pantangan atau larangan yang dilontarkan orang-orang pada ibu hamil? Tidak boleh pakai ini lah, tidak boleh pakai itu lah. Ribet ya, Moms. Tapi ternyata memang ada benarnya juga lho, Moms. Ada beberapa kandungan kosmetik yang berbahaya ketika digunakan pada masa kehamilan. Efek yang ditimbulkan bisa berbeda-beda. Tapi daripada mengobati mending mencegah kan, Moms? Nah ini dia beberapa bahan kosmetik yang harus banget Moms hindari.
Kosmetik Berbahaya untuk Ibu Hamil
  1. Merkuri atau mercurous chloride, calomel, mercuric dan mercurioWah banyak ya nama lainnya. Bahan ini dapat berdampak pada kesehatan Moms maupun janin. Paparan kosmetik dengan kandungan ini dapat mengganggu kesehatan hati dan ginjal Moms, lho. Sedangkan untuk janin, bahan tersebut dapat membuat kerusakan saraf dan mengganggu perkembangan janin. Wah seram ya, Moms. Jika Moms membaca salah satu nama di atas di salah satu kosmetik yang Moms pakai atau hendak beli, sebaiknya segera say bye bye aja deh, Moms.
  2. Hydroquinone termasuk quinol, idrochinone, 1-4 dihydroxy benzene, dan 1-4 hydroxy benzene. Ternyata zat ini bisa membahayakan janin dalam kandungan karena bisa meningkatkan risiko kerusakan organ pada janin. Jadi hindari ya, Moms.
  3. Retinoid atau retin A ini merupakan turunan dari vitamin A. Akan tetapi ternyata masih banyak nama lainnya seperti  Renova, Retinol, retinyl pamitate dan juga turunan retinoid lainnya seperti retinaldehyde, differin, adaplene, tretinoin, dan isotretinon. Bahan ini biasanya digunakan untuk produk anti-aging. Kenapa retinoid ini berbahaya jika digunakan saat kehamilan? Karena retinoid ini dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat.
  4. TetracyclineBiasanya terdapat dalam obat jerawat. Moms pasti tahu jika sedang hamil, hormon kehamilan dapat menyebabkan jerawat muncul dimana-mana meskipun pola makan kita sudah terbilang sehat. Nah jika Moms sedang berusaha mengobati jerawat tersebut dengan obat jerawat. Maka Moms harus berhati-hati dengan zat ini ya, Moms. Sejumlah penelitian pun menyebutkan bahwa penggunaan zat ini dapat merusak hati Moms dan dapat mengubah bayi menjadi warna keabuan selama masa pertumbuhan.
  5. Beta Hidroxy Acid (BHA) atau sejenisnya seperti salicyclic acid, 3-hydroxypropionic acid, trethocanic acid, dan tropic acid. Biasanya zat ini terdapat pada kosmetik untuk kulit berjerawat, berminyak dan kusam. Wah pas banget nih sama masalah kulit yang umum dirasakan ibu hamil. Tapi Moms tidak boleh tergiur ya, karena bahan ini dapat menyebabkan komplikasi kehamilan yang akan berakibat fatal pada janin.
  6. Formalin. Pastinya sudah tidak asing lagi bukan Moms jika mendengar zat ini. Hati-hati Moms, ternyata formalin ini memiliki nama lainnya, seperti hydantoindimethyl-dimethyl (DMDM), sodium hydroxymethylglycinate, quaternium-15, imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, dan bromopol. Moms mudah sekali menemukan zat-zat tersebut pada produk pelurus rambut, cat kuku gel, dan juga lem bulu mata. 

Rekomendasi Kosmetik Aman untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Kosmetik Aman untuk Ibu Hamil

Setelah Moms mengetahui bahan-bahan kosmetik apa saja yang berbahaya untuk digunakan selama hamil. Diharapkan mulai detik ini Moms lebih teliti ya. Terus produk apa dong yang bisa Moms gunakan saat hamil? Tenang, kita punya rekomendasi kosmetik aman yang bisa Moms beli dan mudah ditemukan.

  1. Wardah. Moms pati sudah tahu kalau brand halal yang satu ini memang diformulasikan menggunakan bahan yang alami serta aman bagi ibu hamil maupun menyusui. Brand ini memiliki varian basic yang memang dikhususkan untuk ibu hamil.
  2. Mineral Botanica. Brand ini di kenal dengan kosmetik bebas paraben. Hampir seluruh varian skincare maupun makeup dari brand ini aman untuk digunakan ibu hamil.
  3. The Body Shop. Hampir setiap Mall di Indonesia pasti ada outlet The Body Shop. Brand ini sangat terkenal dengan eco friendly dan vegan. Sudah jelas jika varian skincare maupun makeup dari brand ini tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bahkan cruelty free. Akan tetapi, harga yang ditawarkan memang terbilang lebih pricey dibandingkan brand lainnya.
  4. Cetaphil. Brand yang booming karena face washnya ini memang sangat aman untuk ibu hamil. Bahkan cetaphil ini sangat aman digunakan untuk bayi sekali pun. Cetaphil ini memang spesialis skincare yang gentle dan aman untuk digunakan segala usia. Jadi, Moms tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya.
baca juga

Kosmetik Aman untuk Ibu Hamil

Tingginya hormon kehamilan pada ibu hamil, akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kulitnya. Moms tidak bisa menyamakan varian kosmetik yang Moms gunakan akan cocok juga dengan Moms yang lainnya. Moms harus bisa membedakan kosmetik yang digunakan sesuai dengan jenis kulit ataupun kondisi kulit masing-masing. Cara mudah untuk menemukan kosmetik yang aman untuk ibu hamil yaitu dengan melihat kandungan utamanya. Yuk kita bahas lebih dalam.

1. Kosmetik Aman untuk Ibu Hamil Berjerawat

1. Kosmetik Aman untuk Ibu Hamil Berjerawat

Mungkin sebelumnya Moms sudah sangat faham bahwa salicylic acid merupakan bahan yang cocok untuk menghilangkan jerawat. Akan tetapi, ternyata salicylic acid adalah turunan dari BHA yang mana tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Nah, alternatif yang dapat Moms lakukan adalah dengan mengganti salicylic acid dengan tea tree oil. Fungsinya sama-sama untuk merawat kulit berjerawat. Moms bisa memilih rangkaian dari The Body Shop yang memang amat dan rangkaian yang ditawarkan sangat lengkap.

baca juga

Kosmetik Aman untuk Ibu Hamil Kulit Kering

Kosmetik Aman untuk Ibu Hamil Kulit Kering

Jika Moms memiliki kulit yang kering bahkan sangat kering. Sangat disarankan untuk memilih kosmetik yang kayak akan moisturizer dan gentle untuk kulit Moms. Moms dapat mencoba rangkaian skincare dari Cetaphil untuk fash wash, moisturizer bahkan sunscreen. Untuk pilihan lain, Moms juga dapat mencoba rangkaian hydration dari Wardah yang harganya lebih terjangkau dan mudah untuk di dapatkan

Jadi, jangan salah pilih kosmetik ya, Moms. Niat hati ingin tampil cantik akan tetapi jika menimbulkan risiko sebaiknya mencari alternatif lain yang lebih aman ya, Moms. Selamat mencoba!