Nasi putih merupakan makanan pokok bagi masyarakat Asia pada umumnya, termasuk di Indonesia. Moms pasti sering mendengar teman atau keluarga yang berkata, "Jika belum makan nasi, itu artinya belum makan."

Nasi Putih dalam Menu Sarapan

Masyarakat Indonesia pada umumnya makan nasi tiga kali dalam sehari, yaitu saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Menu nasi saat sarapan juga macam-macam, ada nasi uduk, nasi kuning, nasi goreng, dll., tapi yang paling sering menjadi menu sarapan adalah nasi putih.

Kandungan karbohidrat dan kalori di dalam nasi putih kabarnya bisa membuat Moms gagal diet, nih. Lalu bagaimana jika Moms yang sedang diet tidak sarapan dengan nasi? 

baca juga

Kandungan Karbohidrat dan Kalori pada Nasi Putih

Nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan ini sangat berguna untuk menghasilkan energi tubuh. Saat Moms memakan nasi, kadar gula di dalam darah meningkat. Ini yang menyebabkan beberapa pakar diet meminta Moms untuk menghindari nasi putih.

Kandungan Karbohidrat dan Kalori pada Nasi Putih
source: http://danielfooddiary.com/wp-content/uploads/2018/07/sinkee1.jpg

Selain sebagai sumber karbohidrat, satu porsi kecil nasi putih juga mengandung sekitar 165 kalori. Sementara, para wanita rata-rata membutuhkan asupan 2.000 kalori, tapi untuk Moms yang sedang diet, dianjurkan untuk mengonsumsi 1.500 kalori saja.

Nah, sebenarnya Moms tak perlu takut mengonsumsi nasi putih saat sarapan bukan? Terlebih sarapan nasi putih ternyata penting saat diet, lho. Hal ini karena Moms butuh energi untuk beraktivitas selama satu hari penuh.

Takaran Nasi Putih yang Tepat saat Sarapan

Lewat beberapa artikel dijelaskan bahwa Moms memerlukan jatah 20 kalori untuk sarapan dari karbohidrat, yaitu sebesar 45-60 gram karbohidrat. Takaran nasi putih yang tepat saat sarapan adalah setengah cangkir beras atau satu kecil porsi nasi.

Takaran Nasi Putih yang Tepat saat Sarapan
source: https://cdn.onehappyhousewife.com/wp-content/uploads/2018/03/meals-using-minced-meat-900x600.jpg

Nasi putih yang dikonsumsi saat sarapan untuk Moms yang diet sah-sah saja dan tidak mengganggu diet. Moms hanya perlu mengontrol makanan camilan, mengurangi konsumsi gula, dan menjalani olahraga yang cukup.

Akan tetapi, Moms akan lebih sehat jika mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah yang memiliki kandungan kalori yang lebih rendah. Boleh juga mengonsumsi nasi dari beras hitam karena kandunganya kalorinya yang paling rendah.