Usia 8 Bulan bisa apa, sih?

Biasanya bayi usia 8 bulan, kinerja rahangnya mulai aktif mengunyah makanan atau menggunakan lidah untuk menelan makanan. Pada usia tersebut bayi juga bisa memindahkan objek dari satu tangan ke tangan lain, serta memasukkannya ke dalam mulut.

Selain itu, di usia ini bayi juga mulai belajar duduk tegak dan bisa menelan dengan baik. Pada umumnya, si kecil sudah dapat mengonsumsi makanan padat hingga tiga kali dalam sehari. Bahkan, dianjurkan untuk para ibu memberikan makanan kecil atau finger food sebagai camilan si bayi.

Usia 8 Bulan bisa apa, sih?

Tips Menambah Bedat Badan Bayi pada Usia 8 Bulan

Sebelum mengetahui resep MPASI untuk bayi usia 8 bulan, perlu diketahui juga bagaimana cara menaikkan berat badan si kecil agar terlihat montok dan sehat dengan cara berikut ini:

1. Berikan MPASI secara teratur.
2. Berikan MPASI dengan komposisi menu yang seimbang, sehat, dan bergizi.
3. Tetap jaga asupan ASI eksklusif.

Tips Menambah Bedat Badan Bayi pada Usia 8 Bulan

Berikut ini beberapa resep MPASI yang cocok untuk usia 8 bulan dan bisa menambah berat badan bayi agar terlihat montok:

baca juga

Resep MPASI Jagung Manis

Makanan MPASI yang berbahan jagung manis ini cukup udah untuk dibuat. Caranya hanya menyiapkan jagung dan susu formula cair.

Cara memasaknya tidak perlu waktu lama, hanya dengan merebus atau kukus jagung manis sampai matang. Lalu hancurkan sampai lembut dan tambahkan susu formula sesuai dengan keinginan. 

Resep MPASI Jagung Manis

Resep MPASI Kentang Wortel

Resep ini juga menggunakan bahan yang gampang ditemui dan dibuat nih Moms, yuk dicoba!

Bahan-bahannya hanya kentang, wortel dan air. Cara membuatnya, rebus kentang sampai matang, parut wortel lalu rebus juga sebentar selama 3 menit, ambil airnya. Lalu hancurkan kentang, setelah itu capurkan kentang yang sudah dihancurkan dengan air wortel, lalu sajikan untuk si kecil.

Resep MPASI Kentang Wortel
baca juga

Resep MPASI Ayam dan Ubi


Selain dua resep tadi, ayam juga baik untuk pertumbuhan bayi 8 bulan untuk menaikkan berat badan. Caranya juga tidak sulit, siapkan minyak zaitun, bawang merah cincang halus, kaldu ayam, ayam potong dadu, dan ubi potong dadu.

Cara membuatnya, panaskan minyak, tumis bawang hingga harum. Lalu tambahkan kaldu ayam, masak hingga warnanya kecoklatan. Setelah itu, masukkan ubi dan ayam, rebus selama 12-15 menit hingga matang. Lalu, hancurkan keduanya agar si kecil dapat mengunyah lebih mudah.
Resep MPASI Ayam dan Ubi