Manfaat Batang dan Daun Seledri

Seledri dapat dikonsumsi semua bagiannya mulai dari daun sampai dengan batang. Selain memiliki harum dan rasa yang khas, seledri juga memiliki berbagai manfaat di dalamnya. Biasa digunakan sebagai garnish pada makanan, batang dan daun seledri diketahui mengandung serat yang tinggi, vitamin dan kalsium.

Manfaatnya untuk kesehatan antara lain dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, menurunkan radang sendi dan asam urat serta mencegah kanker. Bahkan penggunaan ekstrak seledri dipercaya efektif dalam mengusir nyamuk dan digunakan untuk mengatasi masalah rambut.

Manfaat Batang dan Daun Seledri

Cara Menyimpan Seledri Agar Tetap Segar

Kulkas menjadi tempat terbaik untuk menyimpan makanan dan bahan makanan agar tetap segar dalam waktu yang lama. Namun sebaiknya jangan cuci seledri ketika hendak disimpan, ya Moms. Karena hal ini dapat membuat seledri menjadi cepat layu.

Moms dapat mencucinya ketika akan diolah saja. Selain di simpan di dalam kulkas, hal lain yang dapat moms lakukan untuk membuat seledri tetap segar dan tidak mudah layu atau berubah kecoklatan di beberapa bagiannya yaitu dengan:

  • Membungkusnya dengan aluminium foil, kemudian simpan di dalam kulkas. Potong sedikit bagian pangkal batang. Lapisi mulai dari pangkal batang sampai seluruh batang seledri tertutupi. Bagian pangkal batang sangat memengaruhi kesegaran daun seledri.
  • Menyimpan seledri pada wadah berisi air. Tapi hanya bagian batangnya saja ya, Moms. Seperti halnya tanaman lain, seledri akan tetap awet dan segar jika diberi air. Tidak lantas dibasahi semua bagiannya lho, Moms. Bagian atas seledri yakni daunnya dapat di tutup dengan plastik terlebih dahulu lalu di simpan di kulkas.
  • Menaruh seledri di dalam freezer. Selain kulkas, freezer juga sangat efektif mengawetkan sayur, buah, daging dan makanan termasuk seledri dengan cara dibekukan. Dengan begitu, warna hijau pada seledri juga akan tetap terjaga.
baca juga

Pastikan juga, Moms membeli seledri yang masih segar yakni yang berwarna hijau dan jika batangnya mudah dipatahkan, berarti seledri masih renyah. Hal tersebut tentu akan memengaruhi keharuman dan rasa seledri serta daya tahannya ketika disimpan.