Berbagai rumor tentang efek air es terhadap bayi dalam kandungan, apakah benar?

Banyak rumor yang beredar tetang efek air es bagi ibu hamil, seperti ada rumor bahwa minum air es dapat menyebabkan bayi terkena asma, ini sama sekali tidak terbukti secara medis. Sebenarnya meminum air terlepas dari air itu dingin ataupun panas tak ada bedanya karena sama sama bisa menghindarkan moms dari dehidrasi.

Karena pada dasarnya, air es ataupun panas jika sudah masuk ke dalam tubuh akan dinetralisir suhunya menjadi suhu tubuh. Jadi jika air dingin bisa lebih menyegarkan dan membuat moms minum banyak ya minumlah tapi ingat jangan terlalu dingin dan minum sesuai dengan kebutuhan.

Rumor lain yang beredar air es dapat membuat bayi bergerak semakin aktif. Hal ini bereaksi berbeda di setiap ibu, ada yang ternyata aktif ada juga yang tidak. Jadi hal ini tidak bisa dijadikan acuan karena efeknya berbeda di setiap orang. Menurut beberapa sumber menyatakan bahwa kalaupun bisa membuat bayi lebih aktif ini lebih dikarenakan adanya perbedaan suhu di dalam dan suhu air yang kita minum sehingga buah hati moms bergerak tetapi tidak pada semua ibu hal ini terjadi.

Jikalau ingin bayi moms aktif disarankan untuk perbanyak konsumsi gula, akan tetapi bagi moms yang diabetes hal ini sebaiknya dihindari. Maka bisa dengan minum air es untuk menstimulasi pergerakan buah hati. Tapi sekali lagi, metode ini tidak memiliki efek yang sama pada setiap ibu. Sehingga sebaiknya konsultasikanlah hal ini pada dokter atau bidan moms semua

Berbagai rumor tentang efek air es terhadap bayi dalam kandungan, apakah benar?

Jadi manfaat meminum air es bagi ibu hamil sebenarnya sama saja dengan minum air hangat yaitu untuk mencegah dehidrasi. Sebaiknya ketika moms hamil minumlah air yang banyak sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya 8 gelas perhari untuk mencegah dehidrasi, bisa air es ataupun air hangat sesuaikan dengan kebutuhan moms ya.

Untuk menghindarkan moms dari dehidrasi yang bisa diminum tidak hanya air es ya bisa juga minuman jenis lain seperti susu, air lemon dll. Akan tetapi ada beberapa jenis minuman dingin yang berbahaya dan tidak boleh diminum oleh ibu hamil, diantaranya yaitu:

  1. Susu yang tidak dipasteurisasi, dikhawatirkan banyak mengandung bakteri didalamnya sehingga tidak baik dikonsumsi jika susunya susu segar yang belom di pasteurisasi.
  2. Alkohol, kalo ini jelas ya oleh yang tidak hamil aja tidak baik apalagi untuk ibu hamil ya, moms.
  3. Gingseng, walau tanaman ini bermanfaat bagi tubuh seperti air rebusannya yang bisa menenangkan, tapi tanaman ini sering dikaitkan dengan timbulnya bayi yang cacat jikalau dikonsumsi mom. Jadi sebaiknya dihindarkan dulu ya.
  4. Kopi, caffein yang terkandung dalam kopi dapat mengakibatkan keguguran janin yang moms kandung, maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi ini selama kehamilan.
  5. Teh earl grey, karena dalam earl grey mengandung caffein yang setara dengan segelas kopi. Jadi sebaiknya teh jenis ini dihindarkan juga ya moms.
Minuman yang disebutkan diatas sebaiknya dihindari ya, moms. Tapi tetap selalu konsultasikan makanan dan minuman yang akan moms konsumsi pada dokter kandungan moms agar bayi dalam kandungan sehat selalu, begitu juga ibunya.