Jumlah Kalori pada Nasi Putih dan Manfaat Bagi Tubuh

Moms, Intip Manfaat Nasi Putih Rendah Kalori dan Cara Memasaknya

Nasi putih memiliki manfaat bagi tubuh antara lain meningkatkan jumlah bakteri baik. Makan nasi juga bisa menjaga berat badan tubuh karena membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga turut mengendalikan selera makan atau ngemil. Di samping itu juga mampu mengurangi risiko kanker pada saluran pencernaan dan lainnya.

Pada nasi putih terdapat zat yang berguna bagi tubuh yaitu vitamin dan mineral antara lain kalsium, folat, zat besi, vitamin E (alpha-tocopherol) fosfor, kalium, sodium, seng, thiamin, riboflavin, niasin, magnesium, vitamin B-6 serta asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Namun banyak kandungan gizi pada nasi putih tidak mampu mengesampingkan kenyataan bahwa nasi juga menjadi salah satu faktor penyebab utama obesitas dan penyakit gula seperti diabetes karena tingginya kalori. 

Moms, Intip Manfaat Nasi Putih Rendah Kalori dan Cara Memasaknya

Faktanya, dalam secangkir nasi putih terdapat 260 kalori atau setara dengan 6 kali kalori dalam secangkir kopi. Semboyan makan orang Indonesia yang beranggapan belum makan kalau tidak pakai nasi inilah yang menyebabkan banyak orang Indonesia yang kini mengalami obesitas/kegendutan.

Obesitas menjadi masalah kesehatan yang perlu penanganan benar. Karena mampu membawa pada penyakit lain bahkan kematian. Serem kan Moms. Melihat fakta ini hidangkan nasi putih kalori rendah menjadi idaman Moms pasti. Dengan harapan tetap mengkonsumsi nasi dan badan juga tetap sehat ya Moms.

baca juga

Cara Mengurangi Kalori pada Nasi Putih

Moms, Intip Manfaat Nasi Putih Rendah Kalori dan Cara Memasaknya

Berdasar peneliti dari College of Chemical Sciences di Sri Lanka, Pushparajah Thavarajah cara mengurangi kalori pada nasi putih yaitu dengan direbus memakai teknik khusus. Dengan begitu, asupan gula pada tubuh kita dapat dikurangi.

Tekniknya terdapat pada penggunaan minyak kelapa murni. Dipilihnya minyak kelapa murni untuk nasi rendah kalori karena kandungan lemak baiknya mampu menurunkan kadar gula.
Cara mengolahnya dengan menambahkan minyak kelapa pada beras sebanyak tiga persen dari beras yang akan dimasak. Setelah matang masukkan nasi pada lemari es hingga 12 jam.

Pendinginan dilakukan agar susunan komposisi kimia pada nasi berubah. Jika ingin memakannya tinggal di panaskan pada microwave atau rice cooker mudah kan Moms. Dengan teknik memasak ini kita bisa menghemat kalori nasi putih hingga 50% lho

Manfaat Nasi Putih Rendah Kalori

Moms, Intip Manfaat Nasi Putih Rendah Kalori dan Cara Memasaknya

Manfaat nasi putih rendah kalori antara lain membuat nasi makin sehat di konsumsi karena kadar gula yang lebih rendah 10 kali lipat. Bagi penderita diabetes dapat mengkonsumsi nasi ini karena kadar gulanya sedikit.

Untuk anak-anak yang mengkonsumsinya mampu mengurangi resiko obesitas. Yang aktif beraktifitas bisa mengkonsumsi ekstra nasi putih untuk tambahan energi tanpa takut kegemukan dan terkena penyakit seperti diabetes. Orang yang sedang program diet juga bisa mengkonsumsinya sebagai varian menu tanpa takut gagal memperoleh tubuh ideal.

Makan nasi memang menjadi kebutuhan serta budaya orang Indonesia, tapi jika dengan mengolahnya dengan tepat dapat memberikan manfaat lebih baik kenapa tidak dicoba. Makan dengan benar dan komposisi seimbang jadi pilihan hidup sehat. Olah raga teratur juga penting bagi kesehatan tubuh ya. Ayo mulai gaya hidup sehat dan makan nasi tanpa worry Moms!