Makanan Khasl Bali - Ayam Betutu

Makanan Khasl Bali - Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah makanan khas bali yang sangat terkenal. Ayam betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam utuh dan berisi bumbu dan kemudian dipanggang di atas api.

Bumbu yang digunakan adalah bumbu genep, bumbu wewangenan, garam, dan minyak kelapa.
Bumbu genep adalah bumbu khas bali yang terdiri dari bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, laos, cabai rawit, serai, gula merah, terasi, daun limau, daun salam, dan minyak kelapa.

Sedangkan, bumbu wewangenan terdiri dari merica hitam, merica putih, cengkih, pala, tabia bun, ketumbar, kemiri, menyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut.

Makanan Khas Bali - Lawar

Makanan Khas Bali - Lawar

Lalu ada juga makanan khas bali yaitu Lawar! Orang Bali pasti tidak asing dengan makanan unik yang satu ini. Lawar merupakan makanan khas bali yang berisi sayur dan daging yang sangat digemari banyak orang. Makanan ini sering dijumpai dalam upacara adat dan upacara keagamaan.

Lawar sendiri adalah sebuah tradisi yang sudah turun temurun dikalangan masyarakat Bali. Karena banyak dicari orang dan wisatawan, Lawar sudah dengan mudah ditemui di warung makan atau restoran-restoran di Bali. 

Cara membuatnya juga unik. Semua bahan bumbu, sayur, dan daging hanya direbus dan dicampur dengan tangan telanjang. Lawar sendiri adalah jenis makanan yang tidak bisa bertahan lama, jadi Moms harus langsung menyantapnya saat disajikan, ya!

baca juga

Makanan Khas Bali - Pie Susu

Makanan Khas Bali - Pie Susu

Yang terakhir adalah Pie Susu! Siapa sih yang enggak tahu oleh-oleh wajib khas bali ini? Pie susu adalah makanan ringan yang manis dengan tekstur yang renyah dipinggir, dan lembut ditengan membuat ketagihan. Semua wisatawan yang pergi ke Bali rasanya wajib membeli ini sebagai buah tangan!

Pie susu ini juga sudah menjadi camilan wajib untuk para warga bali. Topping yang ditawarkan juga sudah beragam seperti kismis, keju, chocochips, keju, dan lain-lain.

Nah Moms, banyak bukan pilihan makanan khas bali yang halal? Segera coba, yuk, Moms!